Ibadah haji dalam Islam menjadi salah satu ibadah rukun yang dengan dilakukannya maka lengkaplah kelima rukun islam seorang muslim. Sama seperti berzakat, ibadah haji merupakan kelompok ibadah rukun yang memerlukan biaya untuk bisa mengerjakannya, maka setiap muslim dituntut untuk menjadi kaya agar bisa mengerjakan kelima rukun islam tersebut, bukan berpangku tangan ketika dilanda permasalahan. 

haji di tanah suci

Tidak dipungkiri juga untuk melaksanakan ibadah haji, setidaknya jika menggunakan program haji regular yang sebagaimana berlaku di Indonesia ada 2 permasalahan yang timbul.

  1. Antrian: Antrian masa tunggu ibadah haji di masing-masih kota di Indonesia berbeda, tergantung juga dari kuota yang dimiliki masing-masing wilayah. Jika merujuk pada aturan dari Kemenag, setidaknya bisa lebih dari belasan tahun untuk berangkat ke tanah suci. Oleh karenanya jika baru mendaftarkan diri berhaji di usia 35 tahun, maka minimal di usia lebih dari 50 tahun secara lahiriah akan berangkat.
  2. Fasilitas: Fasilitas haji regular per saat ini sudah terbilang nyaman, sudah berada di hotel bintang 3 dan tenda wukuf juga terbilang rapih. Meskipun demikian jika dibandingkan dengan program haji plus dan haji furoda masih perlu ditingkatkan, sebab di kedua program haji tersebut sudah menggunakan hotel bintang 5 dan dekat masjid dengan maktab/ tenda wukuf yang sudah ber-AC.

Berangkat dari hal tersebut, maka Pemerintah saat ini sudah memiliki program percepatan haji, pertama program percepatan dengan non kuota atau dengan menggunakan visa furoda, program ini biasa dikenal dengan haji furoda dan berikutnya ada program percepatan haji dengan menggunakan kuota yang diberikan pemerintah kepada pihak swasta atau yang biasa dikenal dengan istilah ONH Plus atau Haji Plus.

Yang Perlu Anda Perhatikan Apabila Mengambil Program Haji Plus dan Haji Furoda

1. Izin Resmi Dari Travel

Pastikan travel haji yang anda gunakan berizin resmi sebagai Perusahaan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PPIHK), karena tidak jarang banyak perusahaan yang mengaku berizin resmi, namun ternyata hanya memiliki izin resmi sebagai Perusahaan Penyedia Pelenggara Ibadah Umroh (PPIU) atau bahkan hanya memiliki izin SIUP saja.

Salah satu hal terpenting apabila anda berangkat bersama travel yang memiliki izin PPIHK ialah travel tersebut berada dalam jangkauan Kemenag sebagai otoritas dari pemerintah Republik Indonesia.

2. Antrian Keberangkatan

Ketika anda mendaftar ke travel haji plus untuk suatu program haji plus atau haji furoda, pastikan biaya paket haji yang anda bayarkan disetor ke Kemenag dengan menanyakan kapan akan mendapat nomor antrian, travel haji plus Haramainumroh misalkan, di travel tersebut berani memberikan garansi uang kembali apabila calon jemaah tidak mendapatkan nomor antrian keberangkatan dari Kemenag.

Apa Beda Haji Plus Dan Haji Furoda?

Seperti yang sebelumnya sudah disampaikan bahwa beda haji plus dan haji furoda terletak pada poin berikut ini.

Haji ONH Plus

Haji onh plus merupakan haji dengan kuota resmi dari Kemenag yang diserahkan kepada pihak swasta, umumnya kuota tersebut tidak sebanyak kuota haji regular. Berangkat dari hal tersebut, maka pihak travel bisa lebih leluasa memaksimalkan layanan kepada calon jemaah haji onh plus yang berangkat.

Umumnya keberangkatan dengan menggunakan paket haji plus sekitar 5 sampai 7 tahun

Haji Furoda

Haji Furoda merupakan program ibadah haji dengan menggunakan visa furoda atau kerajaan. Umumnya biaya dari paket haji furoda jauh lebih mahal dan keberangkatannya hanya menunggu 1 tahun saja.

Jadi bagaimana sob, mana yang anda pilih? Haji Plus atau Haji Furoda?