Teknologi

Mudah Banget! Ganti Password Gmail Tanpa Repot

Gmail adalah salah satu media per pesanan atau email elektronik yang sangat dibutuhkan untuk berbagai macam aktivitas. Mulai dari pembagian tugas antara guru dengan murid hingga kegiatan bisnis dan bentuk pekerjaan apapun sudah memanfaatkan Gmail. Seperti yang Kita ketahui, aktivitas di dunia jadi lebih mudah dengan teknologi dan internet sehingga banyak software pendukung seperti Gmail.

Dengan memiliki akun Gmail, Anda bisa mengakses semua produk layanan Google seperti Drive, YouTube, Dokumen, Classroom dan lain sebagainya. Hal itu bisa dilakukan hanya dengan memasukkan username Gmail dan password Anda. Berbagai macam aplikasi tersebut dibuat untuk memudahkan setiap aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya.

Setelah memiliki akun Gmail, Anda pun bisa dengan mudah mengganti password atau sandi. Bahkan, hal ini memang disarankan untuk meningkatkan keamanan akun Gmail Anda dari kemungkinan penyalahgunaan oleh orang lain. Selain itu, ganti password Gmail juga biasa dilakukan apabila pemiliknya lupa password sehingga perlu mengakses Gmail dan membuat password baru.

Cara Ganti Password Gmail Tanpa Repot

Untuk mengganti password Gmail, apa saja yang diperlukan? Jawabannya hanya satu, yaitu akses menuju ke akun Gmail Anda. Akses yang dimaksud adalah username Gmail atau nomor telepon dan password yang Anda buat saat mendaftar akun Gmail. Sebelum mengganti password, Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Gmail.

Silahkan login atau masuk melalui browser lalu ketikkan email atau nomor ponsel dan password Anda. Setelah masuk ke akun Gmail Anda, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini, antara lain:

  1. Setelah masuk atau log in, cari tombol menu dengan ikon berbentuk gear lalu klik pilihan Setelan
  2. Anda akan dialihkan ke tampilan menu Setelan, di sini silahkan pilih tab menu Akun dan Impor
  3. Selanjutnya, klik pilihan menu Ubah Sandi
  4. Setelah itu akan muncul verifikasi yang meminta Anda untuk memasukkan password Gmail, lalu klik Berikutnya
  5. Selanjutnya, muncul kolom untuk mengganti password baru, Anda diminta untuk mengisi dua kali untuk konfirmasi, lalu klik Ubah Sandi

Nah, dengan begitu password lama Anda sudah berhasil diganti dengan password baru. Untuk melihat apakah sudah benar-benar diganti, Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara login/masuk akun Gmail menggunakan perangkat lainnya. Jika tidak bisa, maka cobalah untuk refresh browser Anda terlebih dahulu lalu coba masuk kembali dengan password yang baru.

Tips Mudah Membuat Password Gmail Baru

Membuat password baru Gmail memang sangat mudah dan cepat, bahkan bisa dilakukan kurang dari lima menit tanpa ribet/repot. Anda pun bisa melakukan proses ganti password secara mandiri menggunakan perangkat Android maupun komputer. Mengganti password perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga keamanan akun Anda dari peretas atau hacker yang bisa menyalahgunakan akun Anda.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan password baru Anda dan disarankan untuk membuat password yang unik yang susah ditebak. Berikut ini beberapa tips untuk ganti password Gmail yang aman, antara lain:

  • Sebaiknya membuat password baru yang panjang karena akan lebih sulit ditebak, tetapi jangan terlalu panjang karena Anda sendiri bisa lupa
  • Buatlah password baru yang unik yang sekiranya orang lain tidak menyangka Anda akan menggunakan password tersebut
  • Jangan menggunakan gabungan angka dari tanggal lahir, karena password jenis ini sangat mudah ditebak dan mudah di retas oleh hacker
  • Jangan membuat password dengan elemen informasi personal, password seperti lebih mudah ditebak dan disalahgunakan oleh hacker
  • Ikuti saran dari Google dengan membuat password baru dari kombinasi kata huruf besar/kapital, huruf kecil, angka dan simbol atau karakter
  • Sangat tidak disarankan untuk menggunakan password yang sama untuk banyak akun lainnya karena kemungkinan di retas akan lebih besar

Jika Anda merasa kesulitan atau merepotkan, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi atau software password manager. Aplikasi atau software tersebut dibuat untuk membantu para pengguna agar dapat menyimpan semua password yang pernah Anda buat. Dengan begitu, Anda tidak akan lupa atau salah memasukkan password.

Beberapa jenis software yang bisa Anda gunakan antara lain LastPass, 1Password dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan salah satu software password manager ini untuk mempermudah penyimpanan password.

Nah, itulah tutorial dan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk ganti password Gmail. Untuk melihat berbagai macam tutorial lainnya tentang teknologi, Anda bisa mengunjungi situs Berakal.com. Semoga informasinya bisa bermanfaat.