Mayoritas masyarakat Indonesia pasti mengenal burung Cendrawasih yang merupakan fauna endemik dari tanah Papua. Ya, burung cantik yang satu ini memang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dari Provinsi Papua. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang ingin melihat burung ini secara langsung ketika berada di Papua.

Meskipun hampir semua orang mengenal burung cantik ini, namun belum banyak orang yang tahu tentang fakta menarik Cendrawasih Papua si burung cantik nan cerah ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang si burung cantik khas tanah Papua.

  1. Pernah menjadi Komoditi Perdagangan

Burung yang memiliki julukan burung surga ini pernah menjadi komoditi perdagangan di akhir abad ke-19 dan bulunya digunakan sebagai penghias topi para wanita di Eropa. Selain itu, sebelum diakui oleh bangsa Eropa, burung ini sebelumnya tidak diprercayai oleh bangsa Inggris.

  1. Habitat Burung Cendrawasih

Cendrawasih Papua sebenarnya memiliki habitat di Indonesia bagian timur, Papua Nugini, dan timur benua Australia. Akan tetapi, spesies Cendrawasih mayoritas berada di tanah Papua karena memiliki hutan lebat dan juga berada di dataran rendah.

  1. Ritual Kawin yang Unik

Ketika musim kawin tiba, Cendrawasih jantan akan melakukan ritual tarian yang bertujuan untuk menarik minat Cendrawasih betina. Pada ritual tarian ini, Cendrawasih jantan akan menonjolkan keindahan dan fleksibilitas bulu-bulunya.

  1. Fauna yang Dilindungi

Dikarenakan mempunyai bulu dengan warna yang sangat indah, burung ini sering menjadi sasaran perburuan liar. Apalagi adanya deforestasi lahan hutan membuat habitat burung ini terancam. Oleh karena itulah, pemerintah Indonesia memutuskan untuk melindungii Cendrawasih Papua untuk menjaga populasinya.

  1. Cara Melihat Burung Cendrawasih

Anda dapat melihat burung ini di beberapa daerah di Papua. Supaya Anda bisa melihat burung Cendrawasih, Anda tidak boleh menggunakan parfum ataupun mandi sebelum melihat burung ini. Kemudian Anda tidak boleh brisik serta disarankan untuk menggunakan pakaian berwarna gelap.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai burung Cendrawasih yang bisa Anda ketahui. Yuk jaga dan lestarikan keberadaan burung ini!