Burung merpati putih adalah jenis burung merpati yang memiliki bulu berwarna putih, sehingga keseluruhan bulu dari burung merpati ini berwarna putih dari ujung kepala hingga ujung kaki. Hanya paruhnya dan kakinya saja yang berwarna coklat agak kemerahan.

Fakta Menarik Burung merpati putih

Burung merpati putih sering dijadikan sebagai simbol cinta, karena warnanya yang putih yang melambangkan kesucian dan kesetiaan burung merpati putih terhadap satu pasangan saja. Sehingga burung merpati putih banyak digunakan sebagai simbol maupun aksesoris dalam moment acara pernikahan.

Seperti kita ketahui, tidak banyak hewan yang hanya memiliki satu pasangan dalam hidupnya karena mereka tidak diberikan akal layaknya manusia. Namun ada beberapa hewan termasuk burung merpati putih ini yang hanya memiliki satu pasangan saja seumur hidupnya layaknya manusia, yakni dengan monogamy.

Dengan begitu, ketika burung merpati putih sudah menemukan pasangannya maka mereka akan hidup bersama saling menjaga satu sama lain dan berkembang biak hingga mati. Hal inilah yang perlu kita contoh sebagai manusia harus setia kepada pasangannya, burung merpati saja bisa mengapa kita tidak?

Tidak hanya sebagai simbol cinta, ternyata burung merpati putih juga merupakan burung yang cerdas karena burung merpati putih ini pada zaman dahulu dijadikan sebagai pembawa pesan ataupun pengantar pesan sebelum ditemukannya alat komunikasi seperti sekarang ini.

Jenis Burung merpati putih

Burung merpati putih juga terdapat dua jenis yakni burung merpati putih yang bisa digunakan untuk balap burung dan pengantar pesan serta burung merpati putih hias yang hanya dijadikan sebagai hiasan di kandang saja.

Burung merpati putih yang biasa digunakan sebagai ajang balap burung memiliki postur tubuh yang sama dengan burung balap pada umumnya. Namun untuk burung merpati putih hias yang khusus dipelihara sebagai pajangan saja di kandang memiliki ekor yang mengembang dan besar layaknya ekor burung merak.

Hal inilah yang semakin mempercantik burung merpati putih hias karena memiliki ekor yang mengembang dan indah sehingga sangat cocok dipelihara untuk dijadikan hiasan atau pajangan di kandang.