Home Decor

Pemilihan Gaya Klasik Dalam Desain Ruang Makan

 

Ada banyak sekali desain ruang makan yang bisa memberikan tampilan yang tidak hanya menawan dan elegan, namun juga fungsional. Apalagi dalam sebuah rumah, ruang makan merupakan ruangan penting yang memiliki banyak fungsi. Tidak sekedar menjadi tempat makan saja, dengan desain dan konsep yang tepat, ruang makan bisa menjadi ruangan multifungsi.

Dengan pemilihan warna cat tembok dan warna perabotan yang sesuai akan membuat anda dan keluarga anda betah berlama-lama. Bahkan hal tersebut bisa membuat mood anda yang sedang tidak baik, menjadi lebih baik ketika anda menikmati makanan dengan suasana ruangan yang hangat dan juga nyaman.

Kalau anda tertarik untuk merenovasi ruang makan anda, atau anda sedang membangun rumah dan ingin mencari desain yang tepat, maka anda bisa membaca artikel ini hingga lengkap karena akan dijelaskan berbagai macam desain untuk ruang makan.

Desain Mewah Ruang Makan Dengan Gaya Klasik

Setiap pemilik rumah pasti memiliki pilihan gaya yang berbeda-beda terkait desain rumah maupun interiornya. Beberapa orang suka dengan tampilan minimalis yang modern, namun sebagian lainnya lebih senang dengan tampilan klasik dengan dekorasi dan penggunaan furniture Jepara yang banyak.

Gaya klasik memberikan tampilan ruang makan lebih elegan, karena gaya ini menerapkan keharmonisan dan keseimbangan. Berbeda dengan gaya modern, ruang makan terlihat lebih mewah karena gaya klasik mengandalkan elemen-elemen tradisional dan juga focal point dengan memanfaatkan perabotan yang dekoratif seperti lampu gantung, karpet permadani, dan dekorasi-dekorasi lainnya.

Sedangkan untuk focal point, biasanya yang digunakan adalah meja dengan aksen detail, perapian dan tangga yang besar, lampu gantung atau peralatan makan. Warna-warna yang digunakan banyak berupa warna kuning, biru gelap, hijau, coklat dan warna-warna bumi/ earth tone lainnya. Jika anda tertarik untuk menggunakan gaya klasik untuk ruang makan anda, cobalah simak beberapa desain ruang makan di bawah ini.

  • Ruang Makan seperti kastil

Desain ruang makan seperti ini banyak menggunakan unsur dekoratif sehingga memberikan kesan sangat mewah. Beberapa detail yang digunakan adalah pada langit-langit, lampu gantung serta set meja makan yang diberi sentuhan warna emas.

  • Ruang makan dengan dua warna kontras

Untuk mendapatkan tampilan klasik anda tidak perlu menambahkan banyak pola pada furniture, anda bisa menggunakan dua warna utama yang kontras seperti warna putih dan coklat tua. Nantinya kesan klasik akan muncul dengan penambahan dekorasi seperti pada langit-langit dan lampu gantung.

  • Ruang makan dengan sentuhan kayu

Kayu tidak hanya digunakan pada desain minimalis maupun modern, karena sebenarnya kayu bisa digunakan pada berbagai desain ruangan. Dengan menggunakan kayu, nuansa tradisional akan muncul, belum lagi jika anda menggabungkannya dengan gaya klasik maka akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih hangat. Selain menggunakan furniture dari kayu, anda juga bisa menggunakan warna-warna lain pada furniture maupun dinding rumah sesuai dengan tone kayu.

  • Ruang makan berwarna ungu

Ruang makan bergaya klasik sering kali dirancang untuk acara makan yang besar. Dengan sentuhan warna ungu pada kursi dan cushion serta lampu gantung berwarna putih akan memberikan kesan ruangan lebih segar, berbeda dengan gaya klasik pada umumnya yang banyak menggunakan warna putih.

  • Ruang makan dengan sentuhan country

Kalau anda ingin sentuhan klasik namun tidak ingin berlebihan, maka anda bisa mencoba kombinasi gaya klasik dengan sentuhan country. Kursi makan bisa ditutup dengan kain berwarna putih dan dekorasinya dibuat sederhana namun tidak menghilangkan gaya klasiknya.

Mencari Inspirasi Desain Ruang Makan

Ruang makan yang mewah biasanya menjadi salah satu tolak ukur kehidupan sosial pemilik rumah. Sehingga banyak orang yang menerapkan gaya klasik pada ruang makannya. Biasanya ketika memilih gaya klasik, dibutuhkan perabotan dan juga aksesoris tambahan sehingga memberikan tampilan mewah.

Anda bisa mendapatkan inspirasi dari beberapa pilihan perabotan dan aksesoris ruang makan untuk membuat ruang makan anda terlihat mewah dengan gaya klasik.

  • Meja makan yang besar dari kayu utuh

Penggunaan kayu utuh pada meja makan memperlihatkan kesan mewah tiada tanding. Dengan meja yang besar anda bisa bercengkrama dengan seluruh anggota keluarga dan juga dengan teman-teman anda.

  • Lampu gantung atau chandelier

Anda bisa memilih mau menggunakan lampu gantung atau chandelier, keduanya adalah dekorasi wajib yang harus dimiliki ruang makan yang menggunakan gaya klasik karena keduanya memberikan kesan mewah pada ruang makan. Tidak hanya itu saja, penggunaan lampu ini juga fungsional, bukan sekedar hiasan dekoratif saja.

  • Furniture yang minimalis

Untuk mendapatkan kesan mewah dari gaya klasik, anda tidak perlu menggunakan perabotan secara berlebihan. Anda bisa menggunakan furniture yang minimalis, dengan pemilihan warna dan penempatan yang tepat akan membuat ruang makan anda terkesan mewah dan berkelas.

  • Penggunaan furniture kayu

Anda bisa menggunakan furniture dari kayu untuk berbagai perabotan, tidak hanya pada meja makan saja. Misalnya saja rak, lemari, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan perabotan dari kayu tidak hanya memberikan kesan mewah saja, namun juga memberikan kesan hangat sehingga penghuni merasa nyaman berlama-lama di ruang makan.