Home Decor

Yuk Simak 6 Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis untuk Rumah Mungil

Semakin hari sangat sulit mendapatkan lahan yang cukup luas untuk membangun rumah impian. Hal tersebut berimbas pada kecilnya area ruangan yang ada di rumah, termasuk kamar tidur. Untuk itu, diperlukan kreativitas yang lebih agar sebuah kamar di hunian mungil tampak indah dan nyaman. Jika anda ingin ide desain kamar tidur minimalis, yuk simak ulasan berikut!

Enam Inspirasi Desain Minimalis Kamar Tidur untuk Hunian Mungil

  1. Memilih warna Serba Putih dengan Rak Penyimpanan Minimalis

Banyak cara yang bisa anda lakukan  untuk menghadirkan rasa nyaman pada kamar tidur mungil. Salah satunya adalah mengaplikasikan warna cat dinding dengan skema yang bernuansa netral. Warna putih dianggap mempunyai banyak kelebihan yang mampu membuat tampilan interior dan eksterior rumah tampak estetik dan luas.

Dominasi warna cat dinding berwarna putih juga akan membuat kamar tidur anda terlihat lebih cerah dan bersih, sehingga akan membuat kesan lebih luas pada ruangan kecil. Selain itu, tema warna putih mampu merefleksikan penerangan secara lebih maksimal dan membuat ruangan tampak lebih terang. Hal ini membuat anda tidak perlu menggunakan banyak lampu.

Aplikasi cat dinding dengan warna putih membuat perabot furniture atau aksesori lainnya akan tampak lebih jelas. Dengan begitu mampu menghadirkan gaya furnitur di kamar tidur anda terlihat lebih menonjol. Sebagai contoh, anda bisa memadukan kasur berwarna putih dan ruang penyimpanan menggunakan warna putih.

Selain memberikan nuansa putih terhadap cat dinding kamar, anda bisa menggunakan furnitur minimalis pada kamar tidur. Sebaiknya memanfaatkan bagian bawah kasur menjadi rak penyimpanan. Kamar sempit yang semula tidak tertata akan lebih terorganisir dan terlihat elegan dengan menggunakan desain seperti ini.

Jika yang menjadi persoalan adalah anda membutuhkan banyak penyimpanan barang di kamar, ada baiknya untuk menempatkan laci di kamar. Furnitur tersebut bisa diletakkan saling berhadapan dengan kasur.  Sementara itu, lemari pakaian bisa diletakkan di sebelah tempat tidur. Jika anda ingin ide yang lebih menarik, bisa mengeceknya di gabdearq.com.

  1. Menggunakan Jendela Besar Untuk Membuat Ilusi Ruangan Agar Lebih Besar

Hal yang harus diperhatikan dalam desain kamar tidur minimalis adalah letak dan ukuran jendela. Pasalnya, jendela menjadi salah satu sumber cahaya alami. Semakin besar jendela yang anda pasang, maka banyak sinar matahari yang masuk dan memberikan kesan terang. Menggunakan jendela besar juga dapat membuat aksen rumah minimalis lebih terlihat.

Sebaiknya pemasangan jendela besar menghadap ke arah Timur atau Barat. Karena pada arah tersebutlah cahaya matahari lebih banyak terpancar. Cahaya alam akan membuat kamar anda lebih hemat energi karena tidak perlu tambahan penerangan. Selain itu, jendela besar akan membuat kamar tidur lebih luas dan nyaman.

Dengan memasang jendela berukuran besar menghadap ke Timur atau Barat, maka akan membuat nuansa kamar lebih hidup. Untuk memaksimalkan aplikasi dari jendela ini, anda dapat memanfaatkannya sebagai highlight kamar tidur. Caranya dengan memilih jenis furnitur dan perabotan yang simpel. Sehingga jendela akan terlihat lebih menonjol dan menarik.

  1. Memilih Furnitur Bernuansa Industrial

Bagi yang ingin membuat kesan minimalis di kamar tidur lebih terlihat, anda bisa menggunakan furnitur dengan konsep Industrial. Pasalnya desain yang simpel ini sangat sempurna untuk menghilangkan kesan berantakan. Dengan menggunakan furnitur dan ornamen pelengkap konsep ini, kamar akan tampak lebih rapi dan indah.

Bahkan anda bisa mendapatkan keuntungan menggunakan perabot Industrial karena bisa menghemat anggaran dekorasi. Anda bisa mendapatkan tampilan ini dengan berkreasi mengubah barang bekas dan perabotan yang tidak terpakai. Kemudian berikan sedikit polesan untuk membuatnya terkesan baru. Misalnya pipa bekas, meja besar, dan palet kayu.

  1. Menaruh Cermin dengan Ukuran Besar

Kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang harus ditata dengan baik agar nyaman saat digunakan. Tak jarang orang betah untuk berlama lama berada di tempat tidur. Ada banyak cara untuk membuat anda bisa nyaman di ruangan tersebut. Salah satunya adalah pengaturan tata ruang kamar tidur minimalis dan posisi cermin.

Cermin merupakan benda serbaguna yang bisa Anda manfaatkan. Hal ini bisa digunakan untuk menggandakan ruang atau membuat kamar terlihat lebih lapang. Selain itu, cermin bisa memantulkan cahaya natural sehingga kamar sempit terasa lebih luas. Disarankan untuk menggunakan cermin tembok full size dan pastikan tidak menghadap ke ranjang.

  1. Menggunakan Furnitur Multifungsi

Jika anda memiliki kamar yang berukuran sempit, akan lebih baik bila menggunakan furnitur multifungsi. Jenis perabot ini memiliki beragam fungsi. Selain itu, perabot multifungsi akan menghemat tempat yang tidak luas. Misalnya, tempat tidur tingkat yang bagian bawahnya bisa menjadi tempat belajar atau ruang penyimpanan.

Fungsi perabot yang lebih dari satu ini umumnya bisa ditarik, diputar serta dilipat. Hal ini akan mengatasi kamar tidur terasa sempit dan sesak. Penggunaan furnitur ini sangat cocok bagi anda yang mengusung gaya desain minimalis di hunian. Kesan praktis dan simpel merupakan poin utama yang diaplikasikan pada konsep furnitur tersebut.

Selain itu, desain yang unik dan trendi membuat furnitur bisa diletakkan dengan berbagai macam pengaturan. Hal tersebut tidak akan mengurangi kesan praktis pada ruang tempat tidur. Anda juga tidak akan cepat merasa bosan jika berada di kamar seharian karena furnitur multifungsi dapat memberikan tampilan yang berbeda sesuai fungsi yang dibutuhkan.

  1. Menerapkan Konsep Ranjang Bertingkat

Selain menggunakan furnitur minimalis di kamar tidur sempit, anda bisa menerapkan konsep ranjang bertingkat. Hal ini akan membuat anda memiliki ruang yang lebih untuk membuat ruang kerja yang nyaman di bagian bawah ranjang. Pemasangan tempat tidur tingkat bisa diletakkan menempel dengan dinding.

Dengan begitu, area lain pada kamar tidur minimalis bisa digunakan untuk menaruh furnitur lain seperti lemari dan sebagainya. Untuk membuat tatanan lebih maksimal, ada baiknya kasur tidak diletakkan dekat jendela untuk faktor keamanan. Jika memungkinkan, letakkan kasur berseberangan dengan pintu agar tidak menutupi akses masuk.

Itulah enam inspirasi desain kamar tidur dengan konsep minimalis untuk hunian mungil. Untuk mengoptimalkan tampilan ini, anda bisa menggunakan furnitur multifungsi, Industrial, dan menerapkan konsep ranjang bertingkat. Selain itu, anda juga dapat memberi kesan luas pada ruang dengan memasang jendela besar dan cermin di kamar tidur.