Teknologi

Cara Mudah Menggunakan cPanel Niagahoster

Panel kontrol yang biasanya digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan web hosting disebut dengan cPanel. Adapun pengaturan yang ada didalam web hosting yang dilakukan dengan cPanel meliputi database, manajemen file, database, security hingga konfigurasi lainnya.

Apabila tidak ada cPanel maka pengaturan web hosting hanya dapat dilakukan dengan menggunakan perintah text. Dengan cPanel maka kalian akan dimudahkan ketika melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user yang sudah didukung dengan interface yang menarik.

Pemasangan cPanel biasa terdapat pada Dedicated Server atau Virtual Private Server (VPS) dengan menggunakan sistem operasi FreeBSD, Linux atau sejenisnya. Adapun beberapa aplikasi yang sudah mendukung cPanel diantaranya adalah PHP, MySQL, Apache, Postgres, Perl, BIND, Python serta email IMAP, POP3 dan layanan SMTP.

Adapun salah satu layanan web hosting dengan cPanel yang didukung dengan server Indonesia adalah Niagahoster. Untuk lebih jelasnya lagi cara menggunakan cPanel di niagahoster, langsung saja simak informasi dibawah ini.

Cara Menggunakan cPanel Niagahoster

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya bahwa cPanel adalah panel kontrol yang digunakan oleh berbagai penyedia layanan domain dan hosting. cPanel memiliki beragam fitur menarik yang banyak dibutuhkan oleh penggunanya.

Untuk dapat menggunakan cPanel, paling tidak kalian tentu harus mengetahui fitur-fitur yang terdapat di dalam cPanel. Adapun beberapa fitur cPanel Niagahoster yang dapat kalian manfaatkan adalah sebagai berikut.

pexels.com

Memudahkan Pengelolaan File Website

Dengan menggunakan cPanel Niagahoster maka proses pengelolaan file website kalian akan menjadi lebih mudah. Jadi dengan cPanel kalian dapat dengan mudah menyunting file, menghapus file bahkan bisa juga digunakan untuk menyalin file website yang terdapat di hosting.

Adapun fitur cPanel yang dapat memudahkan pengelolaan file website diantaranya adalah fitur file manager.  Fitur file manager digunakan untuk membuat, mengunggah, mengubah dan juga menghapus file yang ada di website tanpa perlu menggunakan aplikasi lain nya.

Selain itu ada juga fitur images yang dapat digunakan untuk mengatur file website yang berupa gambar, baik mengubah ukuran gambarnya ataupun mengubah format gambarnya. Kemudian ada juga fitur directory privacy yang bisa dipakai untuk membatasi akses pengguna ke pengaturan tertentu dengan menggunakan password.

Fitur selanjutnya yang dapat memudahkan pengelolaan website dengan menggunakan cPanel adalah fitur backup. Fitur ini berfungsi untuk melakukan backup konten yang ada pada website serta konten cPanel ke dalam format zip.

Bahkan untuk memudahkan pengelolaan website, cPanel juga menyediakan fitur backup wizard yang dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan ketika melakukan backup.

Memudahkan Pengelolaan Domain

cPanel Niagahoster memudahkan kalian dalam mengelola admin. Pasalnya di dalam cPanel ada salah satu menu yang mengizinkan kalian untuk dapat melakukan pengaturan domain. Dimana didalam menu tersebut terdapat berbagai macam fitur yang berhubungan dengan pengaturan domain. Fitur tersebut diantaranya adalah fitur site publisher, addon domains, subdomains hingga fitur zone editor.

Adapun fungsi dari fitur site publisher untuk dapat membuat website dengan berbagai pilihan template. Sedangkan yang dimaksud dengan fitur addon domains yaitu fitur yang dapat digunakan untuk menambahkan iklan dalam satu akun cPanel.

Apabila ingin menambahkan sub domain pada akun cPanel kalian dapat menggunakan fitur subdomains. Selanjutnya untuk dapat menambahkan, menghapus serta mengedit A, AAAA, SRV, TXT, CNAME dan MX dari DNS records kalian bisa menggunakan fitur zone editor.

pexels.com

Memudahkan Pengaturan Dan Manajemen Email

Dengan menggunakan cPanel Niagahoster kalian sudah tidak perlu repot lagi dalam melakukan pengaturan dan juga manajemen email. Pasalnya cPanel sudah menyediakan menu yang berisi berbagai fitur menarik yang berhubungan dengan pengaturan dan manajemen email.

Beberapa fitur yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan dan juga manajemen email diantaranya adalah fitur email accounts. Dengan fitur email accounts kalian dapat dengan mudah mengelola akun email yang terhubung dengan domain.

Selain itu ada juga fitur forwarder yang berfungsi untuk meneruskan email baik ke satu email ataupun ke beberapa email yang ditunjuk secara langsung. Bahkan untuk memudahkan pengaturan dan manajemen email, cPanel sudah dilengkapi dengan fitur autoresponders yang dapat digunakan untuk membuat email balasan yang dapat dikirim secara otomatis.

Kemudian ada juga fitur authentication yang dapat digunakan untuk mengamankan server email dan melihat informasi email keluar.

Memudahkan Pengaturan SEO Website

Untuk kalian yang sudah menggunakan cPanel, kalian juga dapat dengan mudah menggunakan berbagai fitur mengenai Search Engine Optimization (SEO). Dengan fitur tersebut kalian dapat meningkatkan kualitas SEO pada website kalian.

Beberapa fitur cPanel yang berhubungan dengan SEO diantaranya adalah fitur get in google. Dengan fitur get in google dapat digunakan untuk membuat website kalian menjadi SEO friendly. Selain itu ada juga fitur increase website traffic yang berfungsi untuk meningkatkan traffic website lewat layanan berbayar.

Untuk memudahkan pengaturan SEO, cPanel juga sudah menyediakan fitur link building. Dimana fitur link building dapat digunakan untuk meningkatkan reputasi website kalian dengan link building yang kalian buat.

Selain untuk memudahkan pengaturan SEO website, cPanel dapat juga digunakan untuk memudahkan pengaturan keamanan pada website sehingga mempermudah proses backup dan restore website dengan mudah.

Karena itu untuk kalian yang ingin membeli web server untuk mengelola website yang kalian miliki untuk mempermudah pengelolaan hosting menggunakan Cpanel kalian bisa berlangganan layanan hosting di Niagahoster. Dan untuk mendapatkan promo dan diskon jangan lupa untuk memasukan Kode promosi niagahoster terbaru.