Home Decor

Adaptasi Teknologi Canggih, Yuk Intip 10 Ciri Khas Arsitektur Kontemporer Di Sini

Ingin desain rumah yang modern dengan mengusung bentuk konstruksi yang unik? Anda dapat memilih berbagai ragam desain arsitektur yang telah mengadaptasi dari beberapa variasi. Tidak hanya itu, anda juga dapat menambahkan inspirasi desain rumah lainnya, seperti gaya modern, minimalis, futuristik, atau natural. Akan tetapi, pastikan tidak menghilangkan karakteristik dari arsitektur kontemporer itu sendiri. Yuk kulik karakteristik dari gaya kontemporer di bawah ini!

Ciri Khas Gaya Kontemporer yang Anda Wajib Tahu

  1. Penggunaan Pola Lekuk atau Melengkung

Jika anda sering menjumpai bentuk bangunan dengan pola garis lurus, maka gaya itu adalah bangunan yang menggunakan pakem desain arsitektur. Akan tetapi, gaya kontemporer telah mendobrak pakem yang telah ada dengan menggabungkan garis lurus dan lengkung. Desain ini sering digunakan untuk desain eksterior sebuah bangunan agar menampilkan kesan yang lebih menarik dan luwes. Saat ini, gaya kontemporer lebih sering dipakai untuk suatu bangunan yang besar.

  1. Penggunaan Palet Warna Netral dan Tegas

Apakah anda menyukai warna kalem atau pastel? Warna warna jenis ini hampir tidak pernah dipakai untuk menonjolkan kesan gaya kontemporer menurut dekadeko.com. Umumnya, warna warna netral, seperti hitam, putih, atau abu abu lebih sering dipakai saat menonjolkan gaya kontemporer sebuah bangunan. Tidak jarang pula, seorang arsitek juga memakai warna warna solid, seperti merah, kuning, atau jingga untuk memenuhi ciri khas dari desain gaya kontemporer.

  1. Komposisi Ruang “Mengalir” dan Dinamis

Telah disebutkan sebelumnya bahwa arsitektur kontemporer menggunakan garis lengkung di bangunan bangunannya. Oleh karena itu, tampilan ruangan menjadi sangat dinamis dan secara visual lebih mengalir. Penggunaan garis lengkung membuat ruangan menjadi asimetris dan komposisi ruangan lebih berbeda daripada bentuk ruangan yang datar. Anda juga dapat lebih berkreasi dalam menata dekorasi interior rumah dengan sekat minimalis, sehingga terlihat lapang.

  1. Material yang Anti Mainstream

Dalam membangun sebuah rumah, anda perlu memperhatikan material yang digunakan karena sangat penting. Material yang dipakai diharapkan sangat ramah lingkungan dengan teknologi yang mutakhir saat ini. Gaya bangunan kontemporer ini lebih sering menggunakan bahan kaca atau logam di beberapa bagian, seperti atap dan dinding. Kesan yang ingin ditonjolkan adalah transparan dan keterbukaan yang sangat cocok dengan kehidupan manusia dan ciri khas desain gaya ini.

  1. Penggunaan Jendela Super Besar

Telah disebutkan sebelumnya bahwa konsep gaya kontemporer yang ingin diusung ialah suatu keterbukaan yang cocok dengan hidup manusia. Oleh sebab itu, penggunaan bahan kaca sangat cocok di beberapa spot rumah dengan tata letak yang cukup unik. CIri arsitektur kontemporer yang didukung oleh material kaca ini ialah adanya jendela besar di sudut rumah. Fungsi dari ciri khas ini adalah memaksimalkan pencahayaan ke dalam rumah dan sirkulasi udara yang baik.

  1. Memperhatikan Aspek Lingkungan

Tahukah anda bahwa desain kontemporer mengusung konsep ramah lingkungan untuk rumah masa depan yang sehat? Hal ini membuat penghuninya menjadi lebih aman, nyaman, dan tentu saja lebih dekat dengan alam. Selain itu, ciri khas dari gaya ini juga memperhatikan aspek alam dalam desainnya. Oleh karena itu, arsitek wajib mengintegrasikan bangunan rumah dengan alam yang ada di sekitarnya. Paduan konsep ini sangat apik dan cocok dengan kultur manusia saat ini.

  1. Konsep Eksterior : Animated Architecture

Konsep animasi yang mana dapat bergerak dapat diaplikasikan dalam sudut bangunan yang anda suka. Oleh karena itu, anda dapat memberikan sentuhan unik pada desain eksterior yang diinginkan. Arsitektur kontemporer ini mengusung konsep membuat bangunan mati menjadi lebih hidup dengan menambahkan aksen bergerak di bagian luar bangunan. Orang yang melihat dari luar dapat merasa bahwa bangunan tersebut “bergerak” seperti animasi yang sering anda tonton.

  1. Bentuk Atap yang Unik

Jika bentuk atap biasanya perisai, gaya kontemporer ini tentu tidak lagi mengusung konsep itu. Anda tidak menemukannya dalam bangunan bangunan yang menerapkan ciri khas dari desain kontemporer. Gaya ini biasanya diaplikasikan dengan bentuk atap yang datar dengan overstack dengan tujuan melindungi bangunan dari sinar matahari. Arsitektur yang mampu mengeksplor bentuk kontemporer tentu dapat memberikan sentuhan unik pada atap, seperti lengkung atau bentuk dinamis lainnya.

  1. Ruang Ruang Lebih Terbuka dan Menyatu

Beberapa bangunan yang menerapkan konsep desain arsitektur kontemporer memberikan ruang yang lebih terbuka. Dengan begitu, banyaknya ruangan yang tanpa penyekat sehingga penghuni di dalamnya lebih leluasa. Ruangan yang lebih terbuka ini terkesan lebih luas dengan tambahan bahan kaca membuatnya lebih lega. Struktur di tengah ruangan pun dihilangkan agar tidak ada gangguan, sehingga tiap satuan ruangan lebih menyatu sama lain. Tata letak ruangan juga jadi lebih lebar.

  1. Pencahayaan Alami

Telah disebutkan sebelumnya bahwa gaya satu ini mengusung konsep keterbukaan dan bahan yang mendukungnya adalah material kaca. Ciri khas lainnya dari konsep arsitektur ini juga ada jendela besar di sudut rumah, sehingga terciptanya konsep pencahayaan alami. Konsep satu ini diusung karena gaya jenis ini ingin memaksimalkan sumber daya alami, seperti cahaya matahari agar rumah lebih sehat karena sinar matahari masuk ke dalam rumah dan sirkulasi udara yang baik.

  1. Material Eksterior yang Digunakan Lebih Unik

Tahukah anda bahwa arsitek yang mengusung konsep gaya kontemporer dapat lebih berkreasi saat menggunakan material? Material yang digunakan di bagian eksterior dan interior tentu berbeda, sehingga perlunya keterampilan dalam memadukan. Bagian fasad bangunan dengan desain arsitektur kontemporer dapat menggunakan material yang sederhana dan konvensional. Selain itu, anda juga dapat memadukan dengan material dinamis agar desain yang tampak dari luar lebih menarik.

Gaya kontemporer memang telah banyak diusung dan diterapkan pada bangunan di era yang serba canggih dan modern ini. Konsep yang menyatu dengan alam dan keterbukaan jadi poin penting dari gaya ini. melalui jasa arsitek di dekadeko.com, anda dapat mewujudkan gaya yang anda inginkan dengan hasil yang maksimal. Tidak hanya itu, harga yang dibandrol pun tergolong murah di kelasnya. Anda akan dapat penawaran menarik dengan hasil akhir yang apik, jadi tunggu apa lagi?