Pengetahuan

Mengenal Apa itu CDN dan Manfaatnya

Pernah nggak saat membuka suatu website lama sekali prosesnya? Padahal rasa penasaran sudah memuncak, akhirnya malah beralih ke website lain atau kalau nggak malah ditutup. Untuk membuat suatu website dapat memproses lebih cepat maka dibutuhkan suatu pengantar yang dapat mempercepatnya. Inilah yang disebut dengan Content Delivery Network (CDN).

Adanya CDN inilah yang dapat membuat sebuah konten pada website dapat terbuka dengan cepat saat Anda mengetikkan kata kunci. Tidak hanya berupa teks saja yang dapat dikirim, namun juga gambar, video JavaScript, CSS dan data-data yang lainnya. Tapi, sebenarnya apa itu CDN? Apa saja manfaat dan bagaimana cara kerja CDN? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian CDN

Pixabay.com

Pengertian tentang apa CDN merujuk pada sekumpulan jaringan server global. Dimana setiap jaringan tersebut terhubung bersama-sama. Tujuannya yaitu untuk menyampaikan suatu konten dengan biaya yang lebih murah, aman, cepat bahkan handal. Keberadaan CDN ini amat penting untuk meningkatkan kecepatan suatu pengiriman konten website ketika server dan pengunjung terpisah jarak yang jauh.

Adanya CDN inilah ketika kita berada di Indonesia dengan mudah mengakses informasi pada website yang memiliki server di belahan dunia lain hanya butuh waktu sekian detik. Konten yang dibutuhkan tidak perlu waktu yang lama untuk sampai ke komputer Anda. Hal inilah yang membuat pengunjung dapat mengakses informasi dari seluruh dunia dengan cepat asalkan tetap tersambung dengan jaringan internet.

Manfaat CDN

Pengertian tentang apa itu CDN telah kita pahami bersama, selanjutnya yaitu tentang manfaat sebenarnya dari ini. Seperti namanya, CDN ini adalah berfungsi sebagai pengantar konten. Jadi suatu konten yang diantar ini tentu akan lebih cepat jika jarak servernya lebih dekat ke pengunjung dibandingkan yang jauh. Namun, dengan adanya CDN ini jarak tidak akan menjadi masalah. Berikut manfaat dari CDN:

  1. Meningkatkan traffic website

Adanya CDN pada sebuah website akan membuat setiap kontennya dapat diakses oleh pengunjung dari seluruh belahan dunia. Hal ini secara otomatis akan memberikan keuntungan terhadap traffic website Anda karena bertambah banyaknya pengunjung. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan bisnis pada website Anda dikenal global, maka menyematkan CDN akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

  1. Mempercepat proses website

Selain mampu meningkatkan trafific website, adanya CDN ini dapat mempercepat proses website untuk membuka. Hal ini karena CDN sendiri merupakan jaringan global dari banyak server sehingga ketika pengunjung mengakses suatu website maka akan dihubungkan dengan yang terdekat. Konten tidak perlu lagi melewati beberapa routing server yang membuatnya lama untuk memunculkan informasi.

Hal ini akan berdampak pada jumlah pengunjung Anda. Karena ketika mereka mencari sebuah informasi tidak perlu menunggu waktu yang lama. Tidak hanya itu, website yang memproses informasi lebih cepat akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama mengunjunginya. Pengunjung juga akan secara sukarela kembali lagi ke website tersebut untuk mencari informasi lain.

Cara Kerja CDN

Pixabay.com

CDN yang merupakan jaringan global yang terhubung secara bersama untuk dapat digunakan maka perlu disambungkan terlebih dahulu. Situs website yang memanfaatkan fungsi dari CDN umumnya harus menggunakan nama server tertentu. Nama server ini didapatkan dari CDN itu sendiri.

Adanya hal ini, ketika pengunjung masuk ke website untuk meminta akses ke sebuah situs, maka CDN akan mengunduh konten statis berupa gambar, JavaScript dan CSS untuk dilakukan cache. Kemudian akan dimasukkan ke dalam sever CDN dan dikirimkan ke situs tersebut berupa sebuah informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Website yang disematkan teknologi CDN ini umumnya pada kunjungan pertama akan memproses lebih lama. Namun, pada saat kunjungan kedua dan seterusnya akan mengalami proses yang lebih cepat dibandingkan pertama kali kunjungan. Hal ini karena fungsi CDN yang sebelumnya telah mengunduh beberapa konten dan sudah diubah dalam bentuk cache.

Adanya ini akan membuat hosting lebih cepat memproses karena hanya melengkapi informasi yang dicari pengunjung tanpa mencari dari awal. Cara nilah yang akan membuat suatu website dapat memproses lebih cepat. Pemrosesan yang lebih cepat ini secara otomatis akan dapat membuat traffic website semakin tinggi karena banyaknya jumlah pengunjung yang merasa nyaman berselancar.

Untuk dapat menggunakan suatu CDN ini, Anda dapat berkonsultasi dengan Atlanta SEO Company. Hal ini karena setiap ahli yang menanganinya akan memastikan bahwa website Anda telah tersematkan CDN dengan benar.