Uncategorized

Cara Ternak Jangkrik yang Paling Efektif

Saat ini ternak jangkrik banyak digemari oleh masyarakat. Alasannya karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, usaha ini juga memiliki pasar bisnis yang lumayan menjanjikan sehingga berpotensi mendapatkan keuntungan besar. Apabila Anda berminat, inilah cara terna jangkrik yang paling efektif.

3 Cara Ternak Jangkrik yang Paling Efektif

  1. Menentukan Lokasi

Saat memutuskan akan memulai ternak jangkrik berarti harus mengetahui bagaimana lingkungan yang disukai oleh hewan tersebut. Hewan satu ini menyukai lokasi yang tenang sunyi, teduh dan mendapatkan sirkulasi udara sangat baik.

  1. Membuat Kandang Jangkrik

Setelah menentukan lokasi maka dilanjutkan dengan membuat kandang jangkrik. Biasanya kandang jangkrik dalam bentuk kotak yang terbuat dari papan ataupun triplek. Sedangkan untuk rangkanya berasal dari kayu reng maupun kaso. Ukuran kotak tersebut panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi antara 30-40 cm.

  1. Pembibitan Jangkrik

Bibit untuk ternak jangkrik haruslah sehat, tidak cacat dan berumur sekitar 10-20 hari. Calon induk jangkrik yang baik berasal dari tangkapan alam bebas. Hal ini dikarenakan memiliki ketahanan tubuh yang sangat baik.  

Kendala Ternak Jangkrik

Meski ternak jangkrik mudah dilakukan bukan berarti tanpa adanya kendala. Adapun kendala utama dari ternak jangkrik yaitu adanya hama atau penyakit yang bisa menyebabkan hewan tersebut mati, Hama tidak hanya membunuh hewan ini tetapi juga telurnya. Permasalahan ini bisa diatasi dengan menjaga kebersihan kandangnya.