Pengetahuan

Cara Merawat Iguana

 

Bagi pecinta hewan peliharaan merawat hewan tidak bisa di lakukan secara sembarangan. Ada beberapa tips dan hal hal yang harus di perhatikan sebelum memutuskan untuk merawat binatang peliharaan seperti halnya dalam cara merawat iguana. Ya, merawat iguana yang merupakan hewan asli dari Amerika Tengah dan Selatan. Iguana ini merupakan spesies yang cukup bisa di jinakan. Termasuk jenis kadall besar dan memiliki ciri yanga lumayan unik. Ciri yang paling mendasar dari iguana ini yakni bentuk tubuhnya yang memiliki panjang hingga 2 meter serta terdapat duri di sepanjang tubuh hingga ekornya.

Semua jenis iguana memiliki penglihatan yang begitu tajam untuk melakukan interaksi dengan hewan lainnya. Itulah mengapa iguana sering di sebut sebagai hewan yang bisa mendeteksi mangsa dari jarak yang cukup jauh. Dengan penglihatan tajamnya ia akan segera tahu di mana arah datangnya mangsa. Tetapi, pada dasarnya iguana ini termasuk hewan herbivora atau pemakan tumbuhan dan sayuran hijau. Jika anda merasa tertarik untuk memelihara iguana, pastikan anda mengikuti langkah langkah dalam merawatnya.

Cara Merawat Iguana Dengan Baik Dan Benar

Cara merawat iguana mudah mudah gampang. Khususnya dalam hal tempat tinggal, berikan kandang yang nyaman bagi iguana. Kandang yang nyaman bisa meliputi ukurannya yang lumayan besar, tidak hanya itu saja anda bisa memberikan kandang dengan ruangan terbuka. Iguana sangat menyukai lingkungan alam. Dan karena itu, dengan lingkungan alam yang terbuka membuatnya merasa nyaman tanpa adanya tekanan dari dalam. Berikan kandang seakan itu adalah habitat aslinya. Misalkan dengan memberikan ranting pohon sebagai gantungan bagi iguana. Atau anda bisa membersihkan kandang iguana dengan penyemprot yang di perlukan khusus hewan.

Tak hanya itu saja, berikan asupan vitamin pada iguana dengan teratur dan baik. Meskipun begitu anda bisa menemukan vitamin pada sayuran dan buahan hijau segar. Lakukan juga interaksi yang baik dengan iguana. Sewaktu waktu bisa saja iguana menjadi hewan yang lincah dan gesit dan karena kelincahannya ini bisa merusak apa yang ada di sekelilingnya dengan kuku tajamnya. Oleh karena itu, berikan kasih sayang yang tulus untuk iguana ini agar tidak mulai banyak bertingkah saat dewasa.