Uncategorized

Cara Merawat Burung Dara yang Baik dan Benar

Sebagai orang yang cinta dengan burung dara, pastinya anda lebih suka untuk menggunakannya sebagai ajang perlombaan atau hanya diternak saja untuk dijadikan jualan. Jika anda kerap kali memainkan burung dara untuk ajang perlombaan, biasanya anda memerlukan perawatan khusus seperti halnya pelatihan giring atau mungkin konsumsi jamu burung dara.

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara merawat burung dara. Tentunya tidak sebatas hanya perawatan untuk burung dara yang bertanding saja, melainkan juga perawatan mengenai burung dara yang hanya sekadar diternak. So, apakah anda penasaran bagaimana cara merawat burung dara yang baik dan benar? Baca artikel ini sampai selesai!

1) Memberinya Makan

Setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini memerlukan makanan untuk mempertahankan hidupnya. Jika anda memelihara burung merpati, maka berilah ia makan. Tersebab ia berada di dalam kandang, maka ia tidak akan bisa bebas terbang di alam. Maka anda harus memberinya makan merupakan jagung biji yang cukup.

2) Memberinya Vitamin

Selain asupan makanan, burung dara juga memerlukan vitamin untuk meningkatkan daya kesehatan tubuh si burung. Vitamin ini biasanya diberikan pada burung dara yang siap berlomba untuk mendapatkan power khusus. Seperti halnya menjadi lebih aktif, atau lebih bertenaga sehingga burung dara yang dilombakan memiliki stamina untuk menang.

3) Pastikan Kandang Bersih

Anda tidak hanya sekedar memperhatikan kebutuhan pokok dari pada burung dara saja. Melainkan anda juga perlu perhatikan tempat tinggalnya. Kandang burung dara yang bersih dapat membebaskan dari bau kotoran sisa dan juga kesehatan burung dara akan tetap terjaga dengan baik.

Hal ini karena burung dara yang tinggal di kandang yang bersih tidak akan mudah terserang virus atau bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuhnya. Anda juga perlu memandikan burung dara agar tetap bersih. Namun, pastikan anda tidak memandikannya terlalu sering ya! Sebab sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Itulah beberapa cara merawat burung dara yang baik. Sangat simple sekali, bukan? Meski terbilang sederhana, anda tidak diperkenankan mengabaikannya karena hal ini menjadi keperluan burung dara.