Teknologi

Cara Menonaktifkan Instagram dan Cara Mengembalikan Akun

Sebagai sebuah media sosial, Instagram tentu memiliki banyak sekali pengguna aktif di seluruh penjuru dunia. Hal tersebut tentu bisa menjadi sebuah kabar baik dan juga kabar buruk. Untuk sebagian orang yang sudah memiliki akun Instagram bahkan berencana untuk menonaktifkan akunnya. Dengan alasan tersebut, setiap orang seharusnya sudah mengetahui cara menonaktifkan Instagramnya.

Alasan menonaktifkan Instagram tentu berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain. Bisa jadi alasannya karena bosan atau karena ingin menjaga privasinya. Dengan banyaknya alasan tersebut, sudah sepantasnya jika setiap orang tau cara menonaktifkannya. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai cara menonaktifkan Instagram dengan mudah.

Cara Menonaktifkan Sebuah Akun Instagram

Sebelum mulai membahas lebih dalam mengenai cara menonaktifkan Instagram, sebaiknya kamu sudah memahami dampak apa saja yang akan dirasakan. Tentunya kamu harus bijak dalam menggunakan tips yang satu ini. Jangan sampai hanya karena iseng atau emosi sesaat, kamu menjadi kehilangan banyak momen berharga di Instagram.

Perbedaan Antara Menonaktifkan Akun Dengan Menghapus Akun

Perlu diketahui juga bahwa menonaktifkan akun Instagram berbeda dengan menghapus akun. Pada dasarnya cara untuk menghapus akun ditujukan ketika kamu ingin menghilangkan akunmu secara permanen. Sedangkan jika kamu ingin menonaktifkan, maka sifatnya hanya sementara. Ketika kamu hanya menonaktifkan sebuah akun Instagram, maka sewaktu-waktu kamu juga bisa mengaktifkannya kembali. Cara ini sangat disarankan jika kamu masih sedikit ragu apakah harus benar-benar menghapusnya atau tetap bertahan menggunakan Instagram. Untuk itu pikirkan baik-baik cara mana yang paling tepat untuk kamu terapkan. Apabila kamu sudah yakin dengan langkah menonaktifkan ini, silahkah lanjut ke langkah berikutnya.

Masuk ke Halaman Penonaktifan Akun Instagram

Untuk cara menonaktifkan sebuah akun Instagram, kamu hanya perlu masuk ke Instagram menggunakan browser. Tentunya kamu bisa menggunakan ponsel maupun laptop untuk melakukannya. Masuk saja seperti biasa menggunakan akun yang ingin dinonaktifkan. Pastikan kamu masuk ke situs yang benar yaitu https://instagram.com/ karena saat ini cukup banyak web palsu yang mengatasnamakan Instagram ternyata hanya sebuah web phising yang bisa mencuri data akunmu. Alih-alih bisa menonaktifkan, akunmu malah diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Masuk ke Halaman Edit Profile

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman edit profile. Untuk menemukan menu tersebut, masuklah terlebih dahulu ke menu “profile” lalu carilah menu “edit profile”. Nantinya kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan menu. Tidak perlu berlama-lama lagi, carilah menu “Temporarily Disable My Account” jika kamu menggunakan bahasa Inggris atau sesuaikan saja dengan bahasa yang kamu gunakan.

Ketika kamu sudah berhasil masuk ke menu tersebut, langkah selanjutnya adalah kamu akan diminta untuk memberikan alasan mengenai keputusanmu tersebut. Setelah itu, silahkan masukkan password dan klik tombol “Temporarily Disable Account”.

Jika kamu sudah sampai pada tahap ini, maka kamu sudah selesai menonaktifkan akun Instagrammu. Jika sewaktu-waktu kamu ingin mengaktifkan kembali akunmu, maka kamu bisa juga mengaktifkan kembali akun tersebut. Untuk itu, kamu sama sekali tidak perlu khawatir akan keputusanmu itu.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram Milikmu

Jika kamu merasa ingin mengaktifkan kembali akun Instagram tersebut, jangan khawatir. Kamu hanya perlu melakukan langkah yang cukup mudah. Langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  •         Buka Instagram melalui browser maupun aplikasi resmi di ponsel.
  •         Masukkan saja username dan juga password dari akun yang sebelumnya kamu nonaktifkan.
  •         Silahkan masuk seperti biasa.

Jika kamu sudah berhasil menyelesaikan tahap ini, maka akun kamu sudah bisa digunakan seperti sedia kala. Untuk itu, bisa dikatakan bahwa cara ini sangat cocok digunakan ketika kamu ingin menghilangkan sebentar akunmu dari dunia maya.

Kapan Biasanya Seseorang Menonaktifkan Akun Instagram?

Seringkali orang menonaktifkan Instagram dengan alasan berbeda-beda. Ada yang karena ingin menghilang sebentar dari dunia maya, ada juga yang menghilang karena ingin menghindar dari sebuah permasalahan. Apa pun alasannya, pastikan kamu tidak melanggar sebuah kejahatan atau melakukan suatu hal yang merugikan seseorang. Dengan begitu, kamu akan bisa hidup dengan tenang.

Jika alasanmu menonaktifkan hanya karena ingin beristirahat dari dunia maya, cara ini mungkin cukup efektif. Seseorang akan tidak bisa mencari akunmu dan kamu bisa melanjutkan kehidupan seperti biasa di dunia nyata. Akan tetapi, jangan pernah mencoba dengan sengaja menghilang untuk dicara karena hal tersebut bisa membuat orang lain khawatir.

Kesimpulan

Cara menonaktifkan akun Instagram yang kami kutip dari nesabamedia.com ini sangat cocok dilakukan untuk seseorang yang ingin menghilangkan akun Instagramnya, namun masih ragu apakah benar-benar ingin menghapus akunnya atau tidak. Jika dirasa suatu hari nanti masih ingin menggunakan akun tersebut kembali, maka kamu hanya perlu untuk mengaktifkannya dengan cara login saja seperti biasa.

Demikianlah artikel, singkat, padat, dan jelas mengenai cara menonaktifkan Instagram. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menghilangkan sementara akunmu dan bisa juga mengaktifkannya kembali suatu hari nanti. Pastikan bahwa kamu tidak melanggar suatu pelanggaran dan menerapkan cara ini untuk kabur dari sebuah kenyataan hidup.