Kesehatan

Cara Mengobati Vertigo

Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

BPPV atau dalam bahasa Indonesia artinya “Vertigo Posisi Paroksismal Jinak” adalah tipe  yang bisa sembuh hanya dengan sedikit penanganan. Biasanya penanganan untuk kasus ini hanya memerlukan waktu beberapa minggu saja.

Selama waktu penyembuhan berlangsung, Anda dianjurkan untuk menghindari kegiatan mendongakkan kepala dan bangun tidur cepat-cepat. Kegiatan ini berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi resiko penykit ini kambuh kembali.

Dalam beberapa kasus, dokter akan menganjurkan Anda untuk mengikuti beberapa cara penyembuhan khusus, seperti:

  • Manuver Epley
  • Manuver Epley atau teknik reposisi kanalit adalah empat kombinasi gerakan kepala. Setiap melakukan gerakan ini diharuskan berhenti minimal 30 detik. Walaupun beberapa orang yang melakukan teknik ini mengalami pusing, tapi gerakan kepala ini bagus untuk menghilangkan penyakit ini.

Setelah melakukan teknik reposisi kanalit biasanya kondisi penderita akan membaik untuk sementara. Sedangkan untuk kesembuhan total, biasanya membutuhkan waktu paling lama dua minggu.

Pada umumnya efek dari teknik ini hanya berlangsung sebentar saja dan perlu diulang. Tapi, jika Anda masih mengalami pusing setelah melakukan manuver epley, segera konsultaikan ke dokter.

  • Brandt Daroff

Berbeda dengan manuver epley yang dapat menyembuhkan vertigo, metode brandt daroff hanya bisa mengurangi gejalanya. Selain itu, gerakan yang satu ini juga harus Anda pelajari dari dokter.

Tapi, setelah mempelajari gerakan tersebut, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Agar hasilnya maksimal, lakukan gerakan ini dua kali sehari.