Deskripsi

Cara mengobati penyakit ginjal pada anak tidak bisa dilakukan sembarang. Penanganannya harus dilakukan dengan beberapa tahapan.

Artikel

Pada dasarnya cara mengobati penyakit ginjal pada anak harus menggunakan teknik yang tepat. Pasalnya, ginjal merupakan salah satu organ penting yang tidak bisa diabaikan fungsinya. Untuk itu, lakukanlah tindakan yang tepat sedini mungkin.

Menggunakan Obat

Cara mengobati penyakit ginjal pada anak yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan obat. Namun, pahamilah obat apa yang harus diberikan dengan cara berkonsultasi pada dokter.

Beberapa obat yang bisa direkomendasikan antara lain:

  • Obat pengontrol darah tinggi.

Obat ini diberikan dengan tujuan agar kerusakan ginjal lebih terkontrol. Beberapa contoh obat yang biasanya diberikan adalah ARB dan ACE inhibitor.

Obat ini diberikan untuk mengindari adanya infeksi di ginjal. Bisa diberikan melalui suntikan dan oral.

  • Pereda nyeri.

Biasanya penderita penyakit ginjal akan merasa nyeri. Untuk itu perlu diberikan obat seperti ibuprofen atau paracetamiol.

  • Obat untuk melemaskan saluran kemih.

Untuk penderita penyakit ginjal, obat ini bisa dikonsumsi. Tujuannya adalah agar batu ginjal bisa lebih mudah keluar. Obat yang bisa digunakan adalah alpha blocker.

Mengubah gaya hidup

Selain mengubah gaya hidup, anak yang menderita penyakit ginjal harus mulai mengubah gaya hidup. Cara ini sangatlah penting agar penyakit ginjal bisa cepat sembuh. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi kemungkinan penyakit ginjal kembali lagi.

  • Mengubah makanan.

Pada dasarnya makan makanan sehat merupakan hal yang harus dilakukan. Kurangilah penggunaan gula, garam, dan kolestrol agar tubuh tidak berat dalam mengolahnya.

  • Konsumsi air putih.

Banyak sekali orang yang tidak minum air putih dengan porsi yang benar. Minumlah air putih sekitar 2 – 3 liter setiap harinya. Sesuaikan juga dengan aktivitas harianmu.

  • Olahraga teratur.

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar, pastikan kamu berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga setiap hari di pagi hari sebelum beraktivitas.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara mengobati penyakit ginjal pada anak. Selamat mencoba!