Teknologi

Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Ketika Anda membuka suatu situs, tentu Anda sering melihat banyaknya iklan-iklan bertebaran di sekitar layar Anda. Ya, iklan masih menjadi salah satu sumber pemasukan bagi para pengelola situs yang paling diandakan, baik itu situs personal, komunitas, forum-forum, maupun milik media. Maka, tak heran jika saat membuka sebuah situs gratis, Anda akan melihat iklan pop-up di laptop Anda.

Sayangnya, beberapa pengelola situs banyak yang memasang iklannya dengan jumlah yang banyak dan hampir selalu mengganggu aktivitas pengunjung situs, terutama situs-situs yang menggunakan iklan pop-up pada laptop. Tentunya, hal ini akan sangat mengganggu, apalagi jika pengunjung situs ingin buru-buru dan membutuhkan kelancaran untuk menjelajah internet.

Iklan yang muncul pada sebuah situs bukan hanya menyebalkan secara kehadirannya, melainkan juga bisa menyebabkan lambatnya sistem, bahkan menciderai komputer. Mulanya memang iklan yang terus menerus datang hanya terlihat seperti gangguan biasa yang sama sekali tidak membahayakan pengguna. Namun, rupanya iklan dapat menjadi gangguan terhadap perangkat lunak Anda.

Iklan tersebut bukan tidak mungkin disusupkan virus yang bisa merusak data pada laptop Anda. Banyak yang menanam virus khusus ke dalam registrasi Anda yang pada gilirannya dapat digunakan untuk mengakses komputer Anda tanpa sepengetahuan Anda dan melihat data detail pribadi. Hal ini seringkali diabaikan dan kurang diperhatikan oleh banyak pemilik PC.

4 Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul di Laptop

Meski cukup berbahayaa, belum ada perangkat PC yang kebal terhadap pop-up. Artinya, kemunculannya tidak bisa dihindarkan oleh Anda, terlepas dari tindakan pencegahan yang diambil. Namun, ada beberapa tindakan yang bisa diambil untuk membatasi paparannya mengenai keamanan pada jaringan laptop Anda, meski tidak juga menghilangkan sepenuhnya. Berikut ini cara menghilangkan iklan di laptop:

  1. Gunakan extension

Jika Anda menggunakan web browser Google Chrome, Anda akan mendapatkan sejumlah fitur menarik, termasuk extension adblock yang bisa digunakan untuk memblokir atau menghilangkan iklan-iklan dari situs internet yang masuk begitu saja. Caranya mudah, Anda hanya perlu mencari kata kunci ‘adblock’ pada Google Apps Store, kemudian setelah terbuka, Anda tinggal klik ‘add to Chrome’.

Nantinya, fitur ini akan terpasang pada Chrome dan secara otomatis menyala. Jadi tidak perlu cara khusus untuk menjalankannya. Secara otomatis, iklan-iklan yang akan terblokir dan tidak bisa muncul pada laptop Anda. Namun, perlu diketahui, bahwa extension adblock ini dapat membebani PC Anda. Artinya, beberapa situs justru tidak bisa terbuka dan meminta Anda mematikan adblock terlebih dulu.

  1. Uninstall software penyebab virus

Tidak jarang beberapa iklan daatang dari virus bernama pop-up ads. Inilah yang sebetulnya lebih mengganggu daripada iklan-iklan yang biasa muncul. Sebab, yang sejenis ini bukan hanya muncul pada browser Anda, melainkan juga muncul langsung pada laptop Anda. Masalah seperti ini sebetulnya bisa diatasi. Cara termudah untuk menghilangkannya adalah dengan memasang antivirus.

Namun, jika Anda tidak ingin terganggu sama sekali dan khawatir virus masih ada atau dapat merusak file Anda yang lainnya, maka Anda bisa melakukan uninstall software penyebab virus. Anda hanya perlu menuju ke Control Panel, pilih opsi uninstall program. Di sana, Anda akan menemui banyak software yang ada di laptop Anda. Biasanya akan ketahuan software mana yang menyebabkan virus.

  1. Gunakan fitur reader view pada laptop

Meski ini bukan cara menghilangkan iklan di laptop yang umum digunakan, namun Anda bisa memanfaatkan fitur yang cukup membantu ini. Fitur bernama reader view ini membuat tampilan halaman situs berubah sedikit tetapi jadi lebih nyaman dibaca. Anda bisa memperbesar tulisan, bahkan menata spasi. Lebih menguntungkannya lagi, Anda bisa menghilangkan iklan pada situs.

Namun, perlu diketahui, fitur ini bekerja seperti adblocker. Artinya, tidak semua situs bisa dibuka jika Anda mengaktifkan fitur ini. Beberapa situs tidak bisa dijadikan reader view seperti demikian. Biasanya situs yang tidak bisa dibuka menggunakan reader view adalah situs yang tidak memiliki artikel atau tidak difokuskan untuk situs bacaan, seperti Youtube, Facebook, dan lain sebagainya.

  1. Berlangganan situs

Cara tanpa ribet untuk menghilangkan iklan  adalah dengan berlangganan situs gratis yang biasa Anda buka. Iklan muncul pada situs gratis guna membiayai dan merawat situs tersebut agar tetap ‘hidup’. Dengan memblokir iklan, secara otomatis pemasukan situs terblokir. Oleh karena ituu, Anda bisa berlangganan guna membantu kelangsungan situs, seperti menggunakan Youtube Premium.

Iklan yang muncul di laptop mungkin memang cukup sulit untuk dihindari, namun tidak ada salahnya mencoba cara di atas untuk meminimalisasi terjadinya hal tersebut. Kunjungi situs Best AREight untuk mempelajari banyak hal tentang banyak perangkat lainnya, termasuk laptop. Di situs ini, Anda bisa menemukan berbagai informasi menarik seputar elektronik dan teknologi terkini.