Bagi seorang wanita, wajah merupakan bagian tubuh yang banyak mendapatkan perhatian jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Untuk merawat kecantikan wajah, mereka tak segan untuk memanfaatkan produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran. Meskipun demikian, tidak semua wanita dapat mengatasi permasalahan pada wajah yang mereka miliki. Masalah yang kerap dialami pada wajah meliputi kulit kering, kusam, berjerawat dan timbulnya flek hitam pada wajah. Flek hitam sendiri dapat terjadi akibat penggunaan kosmetik, faktor genetik, terkena paparan sinar matahari dan bekas jerawat. Untuk menghilangkan flek hitam di wajah, kita dapat mengandalkan bahan-bahan alami yang tentunya tidak menimbulkan efek samping.

Lidah buaya menjadi bahan alami yang dapat kita gunakan ketika akan menghilangkan flek hitam. Dengan kandungan polisakarida yang dimiliki oleh lidah buaya, bahan alami ini dapat merangsang timbulnya sel kulit yang baru. Polisakarida juga efektif dalam menghilangkan noda atau flek hitam. Cara memanfaatkan lidah buaya adalah dengan mencucinya hingga bersih kemudian ambil gelnya. Oleskan gel lidah buaya pada bagian wajah yang memiliki flek hitam. Agar gel lidah buaya bekerja dengan efektif, gel tersebut sebaiknya dibiarkan selama 20 menit. Bilas hingga bersih dan gunakan secara teratur hingga flek hitam dapat hilang secara sempurna.

Bahan alami lainnya yang dapat kita gunakan dalam menangkal flek hitam adalah kunyit. Selain digunakan sebagai bahan masakan, kunyit mampu mengatasi masalah kerusakan pada kulit wajah. Kunyit bahkan dapat mengurangi proses pigmentasi kulit. Yang paling penting, kunyit mampu menghilangkan noda hitam pada wajah secara alami. Untuk memanfaatkan bahan alami ini, proses penggunaannya sangat mudah. Kita hanya cukup mencampurkan susu, perasan air jeruk dan bubuk kunyit. Aduk ketiga bahan tersebut secara merata dan oleskan pada wajah. Biarkan beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air hangat. Kita juga dapat menggunakan madu sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek hitam. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan madu pada wajah secara merata. Gunakan secara rutin hingga flek hitam hilang secara keseluruhan.