Uncategorized

Cara Menghilangkan Cantengan di Jempol Kaki Paling Ampuh

Cantengan jempol kaki disebabkan saat bagian sudut jempol kaki ada kuku yang tumbuh dan menusuk kulit. Meski cantengan bukan kondisi yang sangat serius, namun jempol kaki yang cantengan harus segera diatasi. Cara menghilangkan cantengan di jempol kaki ini bertujuan supaya tidak menimbulkan infeksi dan munculnya jamur.

Cantengan di jempol kaki akan membuat jempol kaki terasa sakit, kemerahan, dan bengkak. Maka Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan  perawatan mandiri yang sangat sederhana di rumah. Namun, perlu diingat bahwa perawatan ini disarankan untuk kasus cantengan jempol kaki yang ringan dan belum terlalu parah.

Berikut Beberapa Cara Penyembuhan Cantengan di Jempol Kaki

Penyebab cantengan jempol kaki bisa didahului oleh trauma atau luka. Hal ini bisa jadi tempat masuk infeksi jamur atau bakteri. Salah satu obat cantengan yang tradisional adalah jahe. Jahe memang mempunyai sifat antibakterial. Tapi, sampai saat ini belum ada standar pengobatan cantengan dengan jahe yang akurat.

Ada beberapa cara menghilangkan cantengan di jempol kaki. Bila mengalami tanda gejala paronikia, cobalah merendam kaki ke dalam air hangat suam-suam kuku sebanyak 3-2 kali sehari. Hal ini akan membantu mengurangi pembengkakan pada jempol kaki dan rasa sakitnya berkurang di sekitar jempol .

Jika tetap terasa sakit, bisa juga menggunakan cara lain, yaitu menggunakan obat oles untuk mengobati kuku jempol yang cantengan. Obat oles mengandung antibiotik dan antiradang untuk meminimalisir infeksi dan peradangan. Tapi, jika menggunakan obat oles tersebut tidak membuat kuku jempol cantengan kunjung membaik, Anda bisa mengonsumsi obat antibiotik penghilang rasa nyeri dan sakit yang dianjurkan oleh dokter.

Bila tak kunjung sembuh setelah melakukan cara menghilangkan cantengan di jempol kaki, segera dibawalah ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Kondisi tersebut hanya bisa diobati dengan pemberian antibiotik yang hanya bisa ditebus dengan resep dokter.

Pada kasus yang lebih parah, cantengan mungkin hanya bisa disembuhkan dengan operasi pengangkatan sebagian kuku yang menancap pada kulit. Sebelum kondisi yang semakin parah ini terjadi, sebaiknya segera lakukan perawatan yang tepat supaya cantengan bisa sembuh tanpa operasi.