Teknologi

Beberapa Cara Mengembalikan Chat Wa yang Terhapus Sebelum di Backup

Saat ini, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jika dahulu, kebanyakan orang menggunakan layanan SMS atau telepon pulsa untuk berkomunikasi jarak jauh, saat ini banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk berkomunikasi dengan menggunakan jaringan internet.

Beberapa aplikasi tersebut biasanya dijalankan dengan menggunakan telepon pintar atau smartphone. Aplikasi tersebut bisa diunduh dari aplikasi Google Play Store dan Apple Store. Hal ini bergantung pada jenis perangkat pintar yang digunakan.

Salah satu jenis aplikasi yang memudahkan komunikasi jarak jauh adalah WhatsApp atau WA. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan nomor kontak dari pengguna lain dan memudahkan komunikasi.

WhatsApp memungkinkan beberapa pengguna untuk terlibat dalam satu panggilan suara ataupun panggilan video. Hal ini berarti ada banyak akun WhatsApp yang terlibat dalam satu komunikasi di waktu yang sama.

Selain itu, WhatsApp juga memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan gambar, video, maupun suara secara mudah. Beberapa file tersebut bisa diambil dari penyimpanan file ataupun dari pengambilan langsung dengan menggunakan fitur yang ada di WhatsApp. Hal ini bergantung dari keinginan para penggunanya sendiri.

WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah Status yang berisi beberapa postingan dari pengguna. Status tersebut dapat berupa tulisan, gambar, maupun video. Pengguna lain yang terdaftar dalam kontak dapat melihat status tersebut.

Banyaknya fitur yang disediakan oleh WhatsApp membuat banyak orang senang menggunakan aplikasi yang memiliki warna hijau di logonya ini. Beberapa orang mungkin menggunakan WhatsApp di ponsel pintar dan juga menggunakan WhatsApp di PC mereka. Hal ini memudahkan mereka untuk mengaktifkan WA dengan PC mereka.

Salah satu hal yang sering menjadi masalah bagi pengguna WA adalah tentang riwayat chat yang terhapus. Ada beberapa penyebab yang sering menyebabkan riwayat chat menjadi terhapus. Salah satunya adalah ponsel yang mengalami hard reset. Sehingga, pengguna harus mengunduh kembali aplikasi WA dari Playstore.

Apabila sebelumnya file tersebut telah diback up dengan menggunakan fitur backup pada Google Drive, maka pengguna bisa merestore kembali atau mengembalikan kembali chat tersebut ketika akan menggunakan WA. Akan tetapi, seringkali riwayat chat tersebut belum sempat dibackup dengan menggunakan Google Drive. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Langkah Mudah Memulihkan Riwayat Chat WA yang Terhapus

Riawat chat yang ada di WA merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga. Biasanya, beberapa riwayat chat tersebut memiliki informasi yang penting. Oleh karena itu, ketika riwayat chat tersebut terhapus, tentu pengguna akan kehilangan informasi yang penting. Ada beberapa cara yang bisa digunakan. Bagi para pengguna yang kehilangan riwayat chat sebelum sempat melakukan proses backup, mereka bisa melakukan beberapa cara ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan fitur chat history di WA. Pertama, pengguna bisa membuka aplikasi WA. Setelah itu, pengguna bisa memilih menu dengan ikon berupa tiga titik vertikal. Setelah itu, pengguna bisa memilih menu Settings.

Pada menu Settings, pengguna bisa menemukan beberapa macam menu pengaturan lain. Dalam kasus ini, pengguna bisa memilih menu Chats. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan menu lain. Pengguna bisa memilih menu Chat History.

Untuk memulihkan riwayat chat yang belum terbackup di Google Drive, pengguna bisa memilih menu Export Chat. Kemudian, pengguna bisa memilih riwayat chat dengan kontak mana yang akan dipilih. Setelah memilih kontak, pengguna akan diberikan pilihan untuk memilih apakah pemulihan dilakukan dengan media atau tidak. Jika pengguna memilih pemulihan dengan media, maka file yang akan dieskport lebih besar dibandingkan pemulihan tanpa media.

Setelah selesai, pengguna bisa menyimpan riwayat chat yang telah dieskpor tersebut ke dalam beberapa pilihan penyimpanan. Pengguna bisa menyimpan chat tersebut ke dalam Drive dengan memilih pilihan Save to Drive. Pilihan lain adalah dengan mengirimkan file yang dihasilkan melalui email. File yang dihasilkan dari proses backup akan disimpan ke dalam bentuk txt.

Cara ini merupakan cara yang bisa digunakan jika pengguna kehilangan chat yang terhapus sebelum proses backup. Akan tetapi, akan lebih baik jika pengguna melakukan proses backup secara rutin baik dalam frekuensi harian, mingguan, atau bulanan. Sehingga, riwayat chat yang tersimpan akan lebih aman.

Menggunakan Lebih dari Satu Aplikasi WA dalam sebuah Smartphone

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang selalu berusaha untuk menjaga privasi dari para penggunanya. Oleh karena itu, WA hanya bisa digunakan oleh nomor telepon aktif pada sebuah perangkat ponsel pintar. Selain itu, dalam satu perangkat ponsel pintar hanya boleh ada satu aplikasi WA saja yang tersedia.

Akan tetapi, seringkali pengguna membutuhkan lebih dari satu akun WA dalam sebuah ponsel pintar. Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna bisa menggunakan aplikasi Whatsapp mod. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi WA yang dikembangkan oleh developer ketiga atau pengembang selain pengembang resmi WA. Sehingga, ada beberapa fitur yang ditambahkan atau dikurangi dari WA tipe mod. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna bisa masuk ke dalam dua WA dalam sebuah smartphone.