Salah satu masalah yang sering ditemui oleh para pengguna Wa adalah notifikasi WhatsApp tidak berbunyi. Kendala tersebut pada dasarnya bisa saja terjadi dengan beragam penyebab. Jika Anda pun mengalaminya, jangan khawatir karena dapat diatas dengan mudah.

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Berbunyi

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi masalah notifikasi Wa yang tidak berbunyi, pahami penyebabnya terlebih dahulu. Usahakan agar Anda cari tahu alasannya dan jangan mengambil tindakan terlebih dahulu. Berikut beberapa kemungkinan sebabnya.

1.     Aplikasi WhatsApp Error

Salah satu penyebab yang sering kali membuat notifikasi Wa tidak bekerja dengan baik adalah aplikasi WhatsApp error. Terjadinya masalah tersebut bisa dikarenakan beberapa faktor. Seperti kendala update dari versi Apk lama jadi baru juga sangat memengaruhinya.

Pasalnya, jika WhatsApp sudah memperbaharui aplikasinya namun Anda belum melakukan update tentu mengganggu sistem kerjanya. Selain itu, masalah lainnya adalah ruang penyimpanan sudah tidak kompatibel. Alhasil tak mampu bekerja dengan baik untuk aplikasi.

2.     Settingan Handphone

Mungkin penyebab yang paling ringan dan membuat WhatsApp tidak memiliki notifikasi adalah settingan handphone. Bisa jadi Anda lupa mengaktifkannya kembali setelah menonaktifkannya. Jadi, sebaiknya periksa terlebih dahulu pengaturan smartphone.

Jika Anda sudah melakukan pengecekan pada pengaturan dan ternyata semuanya aktif, maka penyebabnya karena faktor lain. Namun, masalah terbesarnya yang bisa menjadi sebabnya adalah kerusakan speaker handphone. Mau tak mau harus dilakukan servis.

3.     Terkena Sadap

Periksa HP dan Whatsapp kamu, jangan-jangan pasangan kamu yang telah menon-aktifkan notifikasi Whatsapp kamu. Entah itu karena iseng, atau untuk memata-matai kamu. Karena zaman sekarang banyak sekali aplikasi untuk social spy whatsapp, dan sangat mudah pemakaiannya.

 

Beberapa Cara Mengatasi Masalah Notifikasi WhatsApp Tidak Berbunyi, 100% Work!

Apabila notifikasi wahtaspp tidak berbunyi, ada baiknya agar Anda tidak langsung panik. Pasalnya, masalah seperti ini umumnya dapat diatasi dengan mudah tanpa harus membawanya ke tempat servis. Berikut beberapa cara mengatasinya.

1.     Update Aplikasi WhatsApp ke Versi Terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab notifikasi Wa tidak bunyi adalah penggunaan aplikasi WhatsApp versi lama. Tentu hal ini sangat memengaruhi kinerja sistemnya. Dengan begitu, solusinya adalah melalukan update aplikasi.

Pasalnya, WhatsApp pun terus melakukan pembaruan terhadap aplikasinya, sehingga Anda pun harus update. Jika tidak maka akibatnya adalah menggangu kinerja sistemnya termasuk notifikasi. Oleh karena itu, disarankan agar mengaktifkan fitur update WhatsApp otomatis.

2.     Atur Setting Handphone

Jika Anda merasa bahwa WhatsApp yang digunakan adalah versi terbaru namun notifikasi masih tidak berbunyi, cobalah buka pengaturan. Bisa jadi dikarenakan Setting dering smartphone tak aktif. Apabila benar, solusinya mudah saja yaitu mengaktifkan kembali.

Tapi apabila kasusnya hanya terjadi pada notifikasi Chat WhatsApp saja, cobalah agar memeriksa penyimapan ruangan. Sebab, ketidaktersediaan ruang dapat mengganggu kinerja aplikasi. Jadi, segeralah mengosongkannya atau menghapus yang dirasa tak penting.

3.     Restart Handphone atau Uninstall WhatsApp

Apabila kedua cara diatas tidak juga membuat notifikasi aktif, maka cobalah untuk uninstall aplikasinya. Namun, sebelum Anda menghapus WhatsApp Restart smartphone terlebih dahulu. Pasalnya, bisa jadi dengan cara ini semuanya kembali normal dan masalah teratasi.

Tapi jika setelah di Restart tidak juga mengatasi masalah, maka jalan terakhirnya adalah uninstall aplikasi. Sebelum menghapusnya, pastikan bahwa Anda telah backup semua data bersifat penting di Wa. Lalu hapus seperti biasa kemudian instal serta Login akun kembali.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara mengatasi masalah notifikasi WhatsApp tidak berbunyi. Dengan metode diatas, tentu Anda dapat mengatasi kendala tersebut secara mudah. Jadi, tak perlu panik lalu membawa smartphone ke tempat servis terdekat.