Uncategorized

Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi

 

Deskripsi

Semua bayi dilahirkan dengan kekebalan terhadap penyakit. Masuk angin pada bayi terjadi akibat mereka terserang virus atau bakteri karena sistem kekebalan baru mereka matang sepenuhnya.

Artikel

Mengobati Masuk Angin di Rumah

Beberapa ibu sigap untuk menenangkan bayi yang rewel atau masih ada yang bingung untuk cara mengatasinya. Perawatan di rumah untuk masuk angin pada bayi dapat membantu mereka merasa nyaman. Yang bisa Anda lakukan seperti :

  • Berikan banyak cairan, anak bayi tidak dianjurkan mengonsumsi selain ASI seperti air putih, susu formula, atau jus. Karena pencernaan bayi belum seperuhya terbiasa dengan kandungan fruktosa pada jus, akibatnya perut bayi menjadi kembung.
  • Sedot lendir hidung menggunakan alat penyedot khusus.
  • Lembapkan udara dengan humidifier. Tanyakan kepada dokter Anda apakah mereka merekomendasikan jenis kabut hangat atau dingin. Jauhkan Humidifier hangat dari anak-anak karena dapat menimbulkan risiko terbakar.
  • Masuk angin pada bayi biasanya disertai perut kembung, coba pijat perut dengan lembut searah jarum jam sambil diolesi minyak telon.

Tips Pencegahan

Menyusui bayi Anda dapat membantu meningkatkan kekebalannya. Pemberian ASI dalam jumlah kecil yang ditambah dengan susu formula protein terhidrolisis parsial untuk bayi dapat membantu. Hal ini terutama berlaku untuk kolostrum yang kaya antibodi, jenis ASI pertama yang Anda hasilkan saat bayi Anda lahir.

Anda tidak dapat menjaga bayi Anda di lingkungan yang tertutup rapat. Tetapi Anda dapat membantu menghindari paparan beberapa kuman:

  • Sering-seringlah mencuci tangan dan minta pengunjung melakukan hal yang sama.
  • Hindari kontak dengan orang yang sakit, dan seka permukaan yang telah disentuh oleh orang yang batuk atau bersin.
  • Minta orang yang bersentuhan dengan bayi Anda untuk batuk atau bersin ke siku, bukan ke tangan.
  • Jika memungkinkan, batasi kontak antara bayi Anda dengan anak yang lebih besar.

Cara rumahan di atas dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama. Segera hubungi dokter jika dalam 3 hari masuk angin pada bayi tidak kunjung sembuh atau bayi menimbulkan gejala mengkhawatirkan pada hari pertama masuk angin.