Kamu pernah saat bermain GTA V tiba-tiba keluar sendiri? Jangan panik dulu, kamu bisa menemukan cara mengatasi GTA V stopped working dalam artikel ini.

Cara mengatasi GTA V stopped working sangatlah mudah. Jika kamu sudah tau langkah-langkah yang tepat maka kamu sudah tidak perlu khawatir lagi. Permainan Grand Theft Auto V merupakan permainan video yang mengambil latar belakang tempat di dunia nyata yaitu negara bagian San Andreas, Amerika Serikat. Permainan ini memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia karena fitur dan interface yang cukup menarik dan misi-misi yang menantang. Kamu bisa bermain GTA V secara offline ataupun online untuk bertemu permain lain dari berbagai negara.

Penyebab GTA V Stopped Working

Pernah ga sih ketika sedang asyik bermain game tetapi tiba-tiba keluar sendiri dan muncul pemberitahuan Grand Theft Auto V has stopped working? Pasti sangat kesal bukan. Karena kamu telah bersusah payah menyelesaikan misi tetapi gagal karena kesalahan teknis. Pihak developer Rockstar North telah melakukan pengembangan dan perbaikan terus menerus agar game menjadi lebih user friendly. Tetapi kegagalan seperti stopped working tetap masih bisa terjadi pada beberapa perangkat. Namun sebelum kamu mengetahui cara mengatasi GTA V stopped working sebaiknya kamu tahu beberapa penyebab GTA V stopped working agar bisa dihindari. Beberapa penyebab permainan GTA V stopped working yaitu:

  1. Permasalahan Perangkat

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu untuk bisa mengobati dengan baik maka perlu diketahui penyebab masalah yang terjadi. Agar tindakan yang kamu lakukan menjadi tepat, kamu harus mencari tahu penyebab GTA V tiba-tiba keluar sendiri dan muncul pemberitahuan stopped working. Salah satu penyebabnya mungkin karena permasalahan pada perangkat yang digunakan. Jika kamu menggunakan GTA V di smartphone dan mengalami stopped working, maka ada beberapa kemungkinan salah satunya adalah memori hp yang sudah terlalu penuh yang menyebabkan permainan terganggu. Selain itu ketika kondisi hp yang terlalu panas juga otomatis melakukan pengaturan penghematan salah satunya adalah menghentikan permainan GTA V yang tengah berlangsung. Namun jika kamu pengguna PC/laptop penyebab yang bisa terjadi adalah karena spek yang tidak memadai. Sehingga kamu perlu melakukan pengecekan terhadap spesifikasi laptop dan memastikan bahwa perangkatmu bisa dengan lancar digunakan untuk bermain game GTA V.

  1. Virus

Permasalahan lain yang bisa menyebabkan GTA V stopped working adalah adanya virus. Virus tersebut bisa saja ada di perangkat PC/laptop maupun virus di dalam game. Sehingga kamu perlu melakukan pengecekan apakah ada virus di dalam PC atau di dalam game. Bisa saja terjadi OS perangkatmu terkena virus yang cukup bandel dan menyebabkan perangkat tidak bisa bekerja secara maksimal.

  1. Permasalahan Pada Permainan GTA V

Penyebab lainnya adalah pada game GTA V. Jika beberapa cara sebelumnya telah dilakukan tetapi permasalahan GTA V stopped working tidak terselesaikan maka cobalah untuk melakukan update pada permainan GTA V. Biasanya pada update aplikasi akan ada fitur tambahan yang memanjakkan penggunanya dan mengatasi permasalahan pada versi aplikasi sebelumnya. Sehingga agar permainan game bisa berjalan tanpa masalah, maka sebaiknya kamu rajin-rajin melakukan update pada aplikasi GTA V agar tidak terjadi stopped working yang menjengkelkan.

Cara Mengatasi GTA V Stopped Working

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya stopped working ketika bermain GTA V. Kamu bisa melakukan tindakan troubleshoot dengan tepat. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika GTA V has stopped working:

  1. Disable Antivirus

Jika kamu menggunakan GTA V versi original maka tidak perlu khawatir karena antivirus tidak akan berpengaruh. Tetapi jika versi GTA V yang kamu gunakan adalah bajakan, maka bisa jadi dianggap sebagai virus pada perangkat PC/laptop. Untuk itu kamu perlu melakukan disable antivirus untuk mengatasi GTA V has stopped working.

  1. Install Ulang Social Club

Cara lain untuk mengatasi stopped working pada GTA V yaitu dengan melakukan install ulang social club. Kamu bisa mendownload social clun GTA V di internet dengan gratis. Kemudian copy dan paste hasil downloadan pada folder permainan GTA V. Lalu install ulang social club sebelum memulai permainan GTA V.

  1. Hapus Folder

Cara ampuh untuk mengatasi GTA V stopped working adalah dengan menghapus folder “EZFRD64.dll”. Caranya adalah dengan membuka explorer pada perangkat laptop, lalu menuju direktori C:\\Windows\USB Vibration\7906 maka anda akan menemukan folder tersebut dan tinggal dihapus saja.

  1. Ganti VGA

Untuk bisa menghindari GTA V has stopped working, kamu bisa mengganti VGA dengan VGA yang sudah menggunakan direct X/DX 11 atau 12. VGA atau Video Graphic Array adalah perangkat yang cukup penting pada sebuah PC/laptop. Hal ini karena VGA berfungsi mengolah data grafis yang kemudian di tampilkan pada layar monitor. Sehingga bagi gamers, perangkat laptop yang memiliki VGA mumpuni akan lebih menunjang aktivitas gaming dengan lancar dan interface yang baik.

Setelah mengetahui cara mengatasi GTA V stopped working, maka kamu tidak perlu lagi khawatir atau kesal jika tiba-tiba hang atau keluar sendiri. Kamu bisa menikmati permainan, mengunjungi five bar yang terkendal pada game GTA V atau berbisnis di bar.