Pengetahuan

Banyak Digandrungi, Yuk Simak Cara Memilih Ikan Cupang

Cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat belakangan ini. Tak heran, tren memelihara cupang menjadi hits lantaran ikan tersebut memang terkenal akan warnanya yang cantik. Tak hanya itu saja, bahkan harga belinya yang ramah di kantong membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Namun, tak boleh sembarang membeli, kali ini akan dirangkum beberapa cara memilih ikan cupang yang terbaik. Simak selengkapnya.

Tak Perlu Terburu Buru, Kenali Cara Tepat Dalam Memilih Cupang

  1. Perhatikan Terlebih Dahulu Badannya

Pixabay.com

Seiring dengan banyaknya bermunculan jenis cupang hias, para pegiat koleksi ikan hias pun tertarik untuk membawa pulang jenis satu ini. Namun, sebelum anda terburu buru membawanya pulang, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara memilihnya yang tepat. Pertama, anda bisa melihat dulu bagaimana keadaan anggota tubuh dari cupang hias.

Jika dilihat dari posturnya, maka anda akan mengetahui apakah ikan tersebut memiliki bentuk yang bonsei, kuntet ataupun lonjong layaknya peluru. Selain itu, pilihlah yang bentuk tubuh yang tidak bengkok dan memiliki sisik yang rapi serta utut. Perhatikan pula bukaan insangnya, pastikan sama besar baik ketika membuka atau menutup. Terakhir, pilihlah jenis yang tidak memiliki tonjolan di tubuhnya.

  1. Lihat Bentuk Siripnya

Cara memilih ikan cupang selanjutnya adalah dengan memperhatikan siripnya. Anda pun bisa melihat apakah sirip renang atau pectoralnya seimbang dan sama besar. Kemudian, perhatikan pula sirip atas atau dorsalnya apakah dapat mengembang secara sempurna dan tidak layu. Selanjutnya, anda pun bisa memperhatikan sirip ekor atau caudal yang dimiliki oleh ikan satu ini.

Apabila tidak ada bagian yang sobek dan menguncup, maka anda pun bisa memilihnya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan sirip bawah atau analnya telah mengembang dengan baik dan menjuntai ke bawah atau tidak. Setelah itu, barulah anda bisa melihat bagian ventralnya sama panjang, tidak pendek sebelah dan sama besar hingga bagian cabangnya pun sama.

  1. Dengan Memperhatikan Kondisi Mentalnya

Mental ikan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan sebagai cara memilih ikan cupang. Hal tersebut dikarenakan ikan jenis satu ini memiliki sifat yakni temperamennya yang tinggi dan juga memiliki sifat teritorial. Untuk itu, ketika mereka dihadapkan antara satu dengan yang lain, maka ikan ini akan bertarung dan mengadu kekuatan hingga sampai ada yang kalah.

Untuk itu, anda pun bisa memilih ikan yang memiliki mental paling bagus diantara ikan cupang yang lain. Hal tersebut dikarenakan ketika ikan yang anda pilih memiliki mental yang bagus, maka anda pun akan lebih mudah untuk menikmati keindahan dari warna, bentuk dan juga jenis dari ikan satu ini. Tentu saja, anda pun tidak ingin untuk membeli ikan yang cepat mati dan tidak tahan lama.

  1. Kesehatan juga Menjadi Hal yang Perlu Diperhatikan

Ciri ciri dari ikan yang sehat adalah mampu untuk bergerak dengan lincah. Selain itu, biasanya juga akan memiliki warna yang cerah. Sedangkan untuk ekor atau sirip dari ikan yang sehat adalah selalu mengembangkan ekornya ketika berada di dekat ikan lain dan ekornya dapat berkibar dengan baik. Bagi anda yang ingin tahu cara memilih ikan cupang yang sehat lainnya, maka pastikan ikan tersebut tidak memiliki beludru maupun noda jamur di dalam badannya.

Anda pun bisa mencoba untuk menghindari memilih ikan yang lesu dan tidak bisa bergerak dengan bebas. Selain itu, apabila anda mendapati ikan jenis cupang yang memiliki sirip sirip yang menguncup dan berwarna pucat, maka pastikan untuk tidak memilihnya. Dan hindari pula untuk memilih ikan yang selalu berdiam diri di atas permukaan air atau berada di dasar akuarium. Hal ini dikarenakan ikan tersebut memiliki ciri khas yang tidak sehat.

  1. Dengan Memperhatikan Warnanya

Cupang hias memiliki banyak jenis dan warna yang bisa untuk anda pilih. Bagi anda yang menyukai ikan jenis ini dengan warna yang kombinasi, maka anda pun bisa memilih warna pada ekor dan sirip yang sempurna atau rapi. Tak hanya itu saja, apabila anda ingin memilih ikan cupang dengan warna dasar, maka pastikan untuk tidak ada warna lain dari ikan tersebut.

Sehingga hal ini akan membuat ikan cupang yang anda miliki memiliki warna yang cantik. Tak hanya itu saja, bila anda memilih ikan cupang yang mempunyai warna dasar, umumnya anda akan mendapatkan dasi yang senada dengan warna ikan tersebut. Biasanya, untuk ikan jenis cupang kategori warna dasar akan memiliki ciri khas tersendiri, yakni dasinya yang berwarna merah.

  1. Perhatikan Ekor yang Dimilikinya

Cara memilih ikan cupang berikutnya yakni dengan memperhatikan ekornya. Bagi anda yang ingin untuk memilih ikan yang memiliki ekor serit, maka pilihlah yang lebar dan serit yang tebal. Usahakan untuk tidak memilih ekor yang tipis. Pasalnya, dengan ekor yang tipis, maka hal tersebut akan memudahkan ikan untuk terkena berbagai macam penyakit. Sehingga nantinya akan bisa menyebabkan seritnya berubah menjadi keriting.

Selain itu, anda pun juga perlu untuk memperhatikan bentuk dari ekor serit sehingga rapi. Tak lupa perhatikan pula letak ekor dan badan ikan. Pastikan bahwa keduanya memiliki letak yang seimbang dan agak menjorok ke bagian atas. Karena cupang akan memiliki perkembangan ekor yang memanjang, pastikan anda bisa memilih ikan jenis half moon, dimana ikan tersebut memiliki bentuk ekor 180 derajat.

  1. Untuk Pemula, Pilihlah yang Memiliki Kualitas Biasa

Pixabay.com

Bagi anda yang pertama kali memelihara ikan ini, maka cara memilih ikan cupang yang tepat adalah memilih ikan yang memiliki kualitas biasa terlebih dahulu sebagai permulaan. Harga yang dijual untuk kualitas ini pun sangatlah terjangkau, yakni sekitar 5 hingga 10 ribu rupiah saja. Sehingga hal ini tidak akan membuat kantong anda menjadi jebol untuk ukuran pemula.

Terlepas dari kepopulerannya, ikan cupang tetaplah makhluk hidup yang harus dijaga dan juga dirawat. Untuk itu, di dalam memilihnya usahakan untuk memilih yang terbaik seperti yang telah diulas dalam situs FokusJabar. Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi menarik lainnya, maka anda bisa mengunjungi halaman fokusjabar.id. Hal ini dikarenakan anda akan mendapatkan berbagai macam informasi menarik yang dipaparkan pada situs ini.