Home Decor

Cara Membuat Kolam Renang Mini Di Dalam Ruangan

Cara membuat kolam renang mini terlihat sangat sederhana. Meskipun begitu, penerapannya mungkin tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika direncanakan peletakannya di dalam sebuah ruangan.

Kolam renang indoor merupakan sebuah bentuk inovasi di era modern. Pemilihannya dilandasi oleh keinginan pemilik rumah untuk memilikinya tanpa harus keluar rumah. Karena cukup digunakan untuk berendam layaknya di bathub.

Keberadaannya cukup membuat rumah serasa semakin modern. Pemiliknya juga bisa merasakan kenyamanan dan ketenangan. Tidak salah jika sebagian orang ingin membangunnya di dalam ruangan rumah.

Pertanyaannya ialah bagaimana cara membuat kolam renang mini indoor yang baik? Di sini, kami akan tunjukkan langkah sederhananya. Tapi sebelumnya, mari simak kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Renang Mini Indoor

Membangun kolam renang di dalam rumah nampak menarik. Sebagian orang berkeinginan untuk memilikinya. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa pembangunan kolam ini memiliki kelebihan dan kekurangannya seperti di bawah ini.

  1. 1. Kelebihan Kolam Renang Indoor

Salah satu kelebihan meletakkan kolam di dalam ruangan ialah terbebas dari masalah cuaca. Anda bisa memanfaatkannya sekehendak hati. Tentunya tanpa terkendala masalah seperti sedang hujan.

Selain itu, Anda juga tidak akan dipusingkan dengan masalah pengambilan akar pepohonan. Karena Anda sebenarnya telah memiliki area yang tinggal dibuat cekungan untuk kolam.

Kelebihan lainnya ialah memberikan kesan private. Kapanpun Anda merasa ingin berendam atau berenang, Anda bisa melakukannya. Tentunya, Anda tidak perlu malu atau berhati-hati seperti merasa ada orang luar yang melihatnya.

Untuk pembuatannya sendiri, waktunya lebih fleksibel. Alasannya ialah areanya terlindung sehingga membuat pekerjaan teru berjalan. Makanya, proses pembangunannya akan rampung sesuai jadwal.

  1. 2. Kekurangan Kolam Renang Indoor

Dibalik kelebihan di atas, tersimpan kekurangan yang memang menjadi kendala utama bagi sebagian pembangun. Salah satunya ialah kesulitan untuk menentukan lokasinya.

Meskipun dikatakan sebagai kolam renang mini, bukan berarti areanya benar-benar kecil. Faktanya, Anda butuh area cukup luas untuk kelengkapan kolam seperti wadah dan instalasi pipanya. Dan idealnya, tidak semua area dalam rumah bisa digunakan.

Kemudian, biayanya juga akan lebih mahal. Anda butuh material yang kuat untuk menahan bak agar tidak mengalami rembes. Biayanya semakin mahal jika dibuat di bagian lantai atas dari sebuah rumah.

Setidaknya, Anda butuh mengecor berbagai tempat. Dan tentunya, materialnya harus dipertimbangkan sekuat mungkin untuk menahan tekanan airnya. Material lebih kuat dan cukup banyak akan membuat biayanya semakin besar.

Begitupun jika harus mengeduk area. Lokasi yang menyulitkan untuk pengedukan dengan alat pastinya akan memungkinkan pembangun harus melakukannya secara manual. Kalau tetap menggunakan alat, sudah pasti biayanya akan bertambah.

Cara Membangun Kolam Renang Mini di Dalam Rumah

Secara umum, membuat kolam renang mini di dalam ruangan butuh perencanaan sangat matang. Mulai dari desain, ukuran, sampai biayanya. Terkhusus untuk permodelannya, Anda bisa mengintip desain kolam renang minimalis di berbagai sumber.

Setelah memperoleh idenya, Anda bisa memanfaatkan jasa tukang. Jasa tukang ini akan bekerja dengan berbekal desain kolam yang Anda ajukan. Lantas, tukang akan memulainya dengan membuat kolam seperti mengeduk tanah terlebih dahulu.

Jika kolam akan diletakkan di lantai atas, tentunya tukang tidak memerlukan pengedukan tanah. Tetapi cukup membuat sebuah konstruksi. Misalnya apakah dibuat di atas lantai, atau dibenamkan di lantai dengan asumsi menciptakan cekungan dengan proses pengecoran.

Setelah terbentuk sebuah pola, tukang akan meletakkan berbagai rangkaian besi yang nantinya dijadikan sebagai penguat konstruksi. Yakni dicor dengan berbagai perhitungan yang dikuasainya.

Di sisi lain, tukang akan mempersiapkan area yang digunakan untuk menempatkan pipa penyedotan/pengisian air ke dalam bak. Baru kemudian ditutup dengan berbagai lapisan campuran semen dan pasir.

Yang tidak kalah penting, tukang juga akan melekatkan lapisan khusus pada setiap dinding kolam. Lapisan ini bisa berupa keramik ataupun vinyl. Tujuannya untuk menciptakan kesan halus dan bersih pada setiap dinding ataupun alas kolam.

Proses pembuatan kolam selesai. Tukang bisa menyelesaikannya dengan mengatur instalasi pipa untuk pembuangan/pengisian air. Tidak lupa, tukang juga mengatur kelistrikan untuk menjalankan fungsi pompa air.

Banyak sekali hal yang akan dikerjakan meskipun bangunannya minimalis. Dan, Anda bisa mempercayakan pekerjaan ini pada jasa pembuatan kolam yang terpercaya. Karena penyedia jasa inilah yang mampu bekerja professional dan mampu mewujudkan keinginan sesuai harapan.

Itulah yang bisa disampaikan tentang cara membuat kolam renang mini. Jika Anda menginginkannya, pertimbangkan secara matang mengenai peletakan, desain dan biayanya. Lantas, hubungi jasa pembuatnya agar keinginan tersebut segera terwujud.