Home Decor

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas

 

Ada banyak sekali manfaat dari botol plastik. Yang semula digunakan sebagai wadah minuman kemasan dijual, setelah digunakan sebagai wadah minum, berhubung tidak dapat digunakan lagi, maka banyak orang yang menjadikannya sebagai karya. Tidak hanya sebagai karya saja, bahkan memiliki harga yang bernilai jual.

Nah! Maka dari itu, salah satu pemanfaatan dari botol plastik bekas adalah dengan menjadikannya sebagai celengan. Yups! Siapa sih yang tidak kenal dengan alat penyimpanan uang tradhisional ini? Anda dapat memanfaatkannya sebagai metode penghematan. Maka, berikut ini beberapa bahan dan cara pembuatan celengan.

1) Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat celengan dari botol bekas, sebenarnya anda cukup siapkan saja beberapa alat dan bahan yang diperlukan. Tentunya bahan utama yang diperlukan adalah botol plastik bekas. Setelah itu anda siapkan barang-barang lain berupa lem, gunting, pensil, spidol hitam permanen, cat hitam, kertas karton.

2) Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara membuat celengan dari botol plastik bekas sebenarnya tergolong sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menentukan model celengan untuk langkah pertama, kemudian tentukan ukurannya. Pastikan ukuran celengan botol plastik yang paling besar dapat mencapai botol air 3 liter, sedangkan berukuran sedang anda dapat gunakan hang ukuran 1,5 liter.

Langkah pembuatan anda dapat mencuci botol plastik bekasnya dulu sampai bersih. Kemudian anda dapat melakukan pembuatan lubang memanjang ukuran sedang. Anda dapat menggunakan karton sebagai media pembuatan bentuk yang simetris dan akan ditempelkan pada botol.

Setelah itu, anda juga bisa gunakan kertas kado untuk lapisan yang mengelilingi lingkaran botol guys. Gunakan cat hitam atau spidol hitam permanen untuk membuat mata hewan tiruan jika anda menginginkan bentuk hewan. Dengan begitu, celengan dari botol plastik pun sudah jadi dan siap untuk digunakan guys.

Bagaimana? Sangat mudah sekali kan membuat celengan dari botol plastik bekas? So, daripada botol plastiknya dibuang nganggur dan jadi sampah permanen selama berjuta-juta tahun, mending dijadiin karya berbentuk celengan aja!