Resep

Cara Membuat Bubur Ayam yang Enak dan Bikin Nagih

Bagi anda yang saat ini sedang belajar masak atau sedang mencari inovasi masakan lain yang hangat-hangat maka membuat bubur ayam menjadi salah satu rekomendasinya. Kita ketahui bersama kalau bubur ayam merupakan salah satu makanan yang enak dan nikmat ketika disajikan masih hangat atau panas.

Bubur ayam akan semakin menggugah selera kalau anda sajikan dengan berbagai bahan tambahan lain seperti daun bawang, bawang goreng, kedelai goreng, seledri dan kerupuk. Tentu bahan-bahan ini sangat menambah kenikmatan saat dimakan bersama bubur ayam.

Cara membuat bubur ayam ini sangat mudah dan sederhana sehingga bisa anda coba sendiri di rumah. Bubur ayam ini selain digunakan untuk makanan di pagi hari, juga bisa dihidangkan ketika malam hari. Banyak orang suka mengkonsumsi bubur ayam karena makanan ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut, sehingga sangat bersahabat sekali dengan kondisi perut anda.

Manfaat Mengkonsumsi Bubur Ayam

Pixabay.com

Pecinta bubur ayam tidak hanya di Indonesia saja, banyak sekali negara-negara di Asia yang suka dengan makanan bubur. Selain populer digunakan untuk menu sarapan, bubur ini dikenal memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan. Olahan nasi yang menjadi bubur ini memang memiliki cita rasa yang khas. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat mengkonsumsi bubur.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Makanan bubur ini memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama sistem pencernaan. Nutrisi yang terkandung dalam bubur ini memang sangat baik untuk mengoptimalkan organ dalam dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Sebagai sumber energi

Bubur ayam memang menjadi salah satu menu makanan sehat untuk pagi hari. Dimana dengan makanan ini mampu meningkatkan sumber energi yang baik untuk tubuh. Kita ketahui bersama kalau setelah bangun tidur tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan sistem organ pada tubuh. Tentu dnegan menyantap bubur ayam yang masih hangat bisa memberikan kebutuhan energi sehingga tubuh bisa bekerja secara efisien.

  1. Mendetoks racun

Selain enak disantap di pagi hari, bubur ini juga bisa untuk mendetoks tubuh melalui kelenjar keringat. Ketika bubur masih panas maka bisa membantu anda untuk menghangatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Nah, keringat yang keluar ini sebenarnya racun-racun yang sudah terdetoks.

  1. Rendah kalori

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet maka mengkonsumsi bubur ayam adalah pilihan yang tepat. Mengkonsumsi bubur bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan. Nah, agar kebutuhan nutrisinya pas anda bisa tambahkan suwiran ayam, daging, dan telur.

Cara Membuat Bubur Ayam Sederhana yang Enak

Pixabay.com

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi bubur. Kali ini akan dijelaskan mengenai cara membuat bubur ayam yang mudah dan nikmat. Penasaran? Silahkan simak penjelasannya berikut ini:

Resep membuat bubur ini memang sangat mudah dan sederhana, sehingga bisa anda praktekkan untuk para pemula dan bahkan belum pernah membuat bubur ayam. Untuk itu anda bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Menyiapkan bahan -bahan utama
  • Menyiapkan beras yang sudah dicuci dengan bersih
  • 2 gelas air biasa
  • 2 gelas kaldu ayam
  • 3 lembar daun salam
  • Daging ayam tanpa tulang
  • 1 batang daun seledri yang diiris-iris dengan kecil-kecil
  • 1 batang daun bawang yang juga diiris dengan kecil-kecil
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 1 butir telur yang sudah direbus kemudian dibelah dua
  • Garam secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Sambal
  1. Langkah-langkah membuat bubur ayam yang nikmat

Setelah anda menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur ayam maka selanjutnya anda perlu ikuti beberapa langkah untuk mengolahnya dengan benar. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan rebus beras dengan menggunakan air kaldu ayam dan air biasa. Setelah itu masukkan daun salam, tambahkan garam dan kaldu secukupnya. Silahkan aduk-aduk campuran tersebut secara merata hingga matang sampai menjadi lembut sekitar 30 menit.
  • Silahkan sisihkan beras yang sudah matang
  • Silahkan bumbui daging ayam ini dengan garam dan goreng hingga matang. Setelah itu silahkan iris daging ayam secara tipis-tipis atau disuir-suir kecil.
  • Langkah selanjutnya silahkan letakkan bubur ayam pada sebuah mangkok dan taburkanlah daging ayam, bawang goreng, seledri, daun bawang, hingga telur.
  • Untuk menambah cita rasa yang nikmat silahkan tambahkan kecap manis atau kecap asin pada atasnya. Kalau anda ingin merasakan cita rasa pedas maka bisa menambahkan sambal.
  • Kali ini bubur ayam dengan bumbu sederhana siap untuk disajikan.

Kalau anda terbiasa untuk makan makanan bubur organik maka salah satu orang yang sayang dengan kesehatan. Terlebih saat ini sudah banyak sekali makanan-makanan yang disajikan secara instan. Tentu makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang pastinya tidak baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Kalau anda ingin yang terbaik anda bisa mencoba resep bubur ayam sederhana yang nikmat dan lezat, aman tanpa bahan pengawet.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi bubur ayam. Selain itu dengan adanya resep cara membuat bubur ayam tersebut bisa anda praktekkan di rumah. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.