Teknologi

Cara Membersihkan AC Sendiri Dengan Langkah Mudah

 

Sebagai negara dengan iklim tropis, tentu AC menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam mendinginkan suhu ruangan. Hal tersebut terbukti efektif membuat suhu ruangan menjadi sesuai dengan keinginan. Namun, penggunaan AC di ruangan tentu akan membuat AC mudah kotor. Untuk itu, kamu harus tahu mengenai cara membersihkan AC.

Pada dasarnya, membersihkan AC harus dilakukan secara rutin, salah satunya adalah dengan memanggil Service ac jogja, jika kamu tinggal di jogja dan sekitarnya. Hal tersebut karena AC harus terus siap sedia untuk digunakan. Untuk itu, sangatlah penting untuk kamu memahami cara membersihkan AC. Artikel ini akan membantu kamu untuk mempelajari cara mudah membersihkan AC yang kotor.

Cara mudah membersihkan sendiri AC yang kotor

Pada dasarnya seluruh alat elektronik saat ini sudah didesain memudahkan para penggunanya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba mempelajari cara membersihkan AC. Selain hemat biaya, kamu juga bisa mengisi waktu luang di hari libur dengan kegiatan yang berguna. Kamu juga akan lebih percaya diri jika menghadapi kondisi darurat ketika AC kotor.

Langkah-langkah pembersihan AC

Untuk membersihkan AC tentunya ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Hal tersebut harus kamu lakukan agar tidak ada bagian yang terlewatkan serta membuat pekerjaanmu menjadi jauh lebih mudah dibandingkan dengan mencoba tanpa adanya panduan yang rinci. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  1.     Buka bagian cover AC menggunakan bantuan obeng. Jika kamu merasa kesulitan, cobalah untuk memindahkan AC ke tempat yang jauh lebih mudah untuk dijangkau.
  2.     Setelah bagian cover AC sudah terbuka, kamu akan disuguhkan dengan filter AC. Pada bagian ini periksalah apakah kondisi filter masih utuh dan tanpa ada kerusakan. Apabila ada kerusakan, sebaiknya gantikan filter dengan yang baru.
  3.     Apabila kondisi filter masih layak pakai, cobalah untuk membersihkan lebih dahulu filter tersebut dari debu yang menempel. Kamu bisa menggunakan sapu kecil, sikat gigi, maupun kuas yang bisa menjangkau kisi-kisi pada filter.
  4.     Jika kamu mampu melepaskan filter, rendam saja pada larutan air pembersih maupun menggunakan sabun cuci biasa.
  5.     Ketika proses perendaman dilakukan, kamu juga bisa menyikatnya secara perlahan agar kotoran dan jamur bisa lebih mudah hilang.
  6.     Keringkan filter AC dan pasang kembali sesuai dengan posisinya masing-masing.
  7.     Bagian lain yang harus kamu bersihkan adalah pada cover. Kamu bisa menggunakan sapu kecil, sikat gigi, maupun kuas.
  8.     Nyalakan kembali AC dan rasakan kesegarannya kembali.

Alasan membersihkan AC

Jika kamu masih ragu untuk membersihkan AC, mungkin kamu belum menemukan alasan yang tepat untuk membersihkannya. Untuk itu, inilah alasan yang tepat untuk membersihkan AC:

  1.     Pada dasarnya, AC sangat riskan untuk tertempel debu ketika digunakan setiap hari. AC tentu menggunakan udara disekitar untuk diputar dan dialirkan kembali bersama freon. Untuk itu, debu di sekitar ruangan akan sangat mudah menempel pada AC.
  2.     Selain debu, jamur dan kuman akan sangat mungkin hidup dalam AC. Hal tersebut karena AC cukup jarang terjangkau manusia dan bisa membuat makhluk hidup tersebut bisa hidup dengan baik.
  3.     AC yang sudah tertutup debu juga bisa memberatkan kinerja AC. Hal tersebut karena beban kerja dari AC akan bertambah dan membuat proses pendinginan tidak bekerja dengan maksimal. Salah satu akibatnya adalah kamu tidak bisa merasakan proses pendinginan dengan baik dan kamu tidak bisa merasakan kesegaran dari AC meskipun masih terasa sedikit dingin.
  4.     AC yang bekerja sangat ekstra nantinya juga akan membuat tagihan listrik bertambah. Apabila tagihan listrik cukup tinggi dan suhu yang dikeluarkan tidak sesuai dengan harapan, tentu kamu akan merasa kerugian dan membuat AC sangat tidak efisien untuk digunakan.

Kapan AC harus dibersihkan?

Untuk membersihkan AC, sebaiknya kamu melakukannya secara rutin. Periode pembersihan tersebut bisa dilakukan dalam periode satu bulan sekali. Selain itu, kamu juga bisa membersihkannya dalam waktu dekat. Tentunya pastikan bahwa AC tetap bersih dan bisa selalu bekerja sebagaimana mestinya. Kamu bisa memeriksanya ketika akhir pekan atau ketika masih ada waktu luang.

Kesimpulan

Pada dasarnya, AC sangat rentan untuk kotor. Hal tersebut karena AC selalu bekerja mengalirkan udara setiap hari sehingga rawan tertempel debu. Selain itu, AC juga sangat rawan tertempel jamur dan kuman yang bisa membuat AC tidak segar seperti awal mula ketika pertama kali dibeli.

Untuk bisa membersihkan AC, kamu bisa memulainya dengan membuka bagian cover dari AC. Selain itu, kamu juga harus memeriksa apakah filter AC masih bisa bekerja dengan baik dan benar. Bersihkan dengan perlahan lalu cuci filter dan cover jika memungkinkan. Pasang kembali seluruh komponen dengan baik dan benar agar tidak terjadi permasalahan di masa mendatang.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai cara membersihkan AC yang baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk bisa membersihkan AC sendiri di rumah secara maksimal. Pastikan kamu mengikuti seluruh langkah pembersihan agar tidak terjadi permasalahan yang merepotkanmu. Untuk itu, berhati-hatilah dalam melakukannya.