Kurma adalah salah satu buah yang menjadi favorit di Indonesia. Tak hanya dimakan begitu saja, namun buah kurma juga banyak diolah menjadi sajian nikmat lainnya. Banyaknya jenis kurma yang dijual membuat orang sering salah pilih. Anda bisa mengikuti cara membedakan kurma berikut ini dan tak lagi salah memilih.

5 Cara Sederhana Membedakan Kurma Berkualitas

  1. Kenali Kurma Dari Rasa manis

Salah satu faktor yang menentukan kualitas kurma adalah dari rasa manisnya. Kurma asli dengan kualitas terbaik biasanya mempunyai rasa manis yang cukup dan tidak berlebihan. Sehingga perbedaan rasa manis ini bisa anda jadikan patokan saat akan membeli kurma. Rasa manis dari kurma tidak akan membuat enek saat dimakan.

Berbeda dengan kurma yang tidak asli atau berkualitas lebih rendah. Kurma jenis ini biasanya akan identik dengan rasa manis yang berlebihan. Hal ini karena kurma jenis ini akan cenderung menggunakan pemanis buatan sehingga rasa manis yang dirasakan saat mencobanya cenderung membuat enek atau terasa berlebihan.

  1. Rasa Manis dan Semut

Sesuai dengan pepatah, ada gula ada semut. Maka perumpamaan ini juga cocok digunakan sebagai cara membedakan kurma asli dan tidak. Kandungan gula asli dan alami yang terdapat dalam kurma berkualitas tinggi akan cenderung tidak berlebihan. Hal ini karena rasa manis tidak diberi tambahan. Sehingga manis tersebut tidak akan mengundang semut mendekat.

Namun berbeda dengan kurma yang tidak asli dan berkualitas rendah. Kurma jenis ini yang menggunakan pemanis buatan akan mengundang banyak semut berkerumun bila kemasan dibuka. Kurma asli tak akan dikerubungi semut walaupun anda letakkan sembarangan, sedangkan kurma yang tidak asli akan cenderung banyak semut walaupun disimpan rapat.

  1. Trik Marketing Kurma Tanpa Biji

Belakangan ini banyak oknum yang menjual kurma tanpa biji. Dengan bahasa promosi bahwa kurma tanpa biji lebih nikmat karena bisa makan kurma tanpa terganggu biji. Namun hal ini tidaklah benar. Kurma asli akan tetap mempunyai biji di dalamnya. Walaupun perkembangan teknologi sudah canggih namun kurma tidak bisa disamakan dengan semangka.

Produk semangka yang tanpa biji memang sudah banyak dijual dipasaran. Hal ini juga yang menjadikan masyarakat banyak yang percaya bahwa kurma tanpa biji benar benar ada. Kurma yang dijual tanpa biji akan diragukan keasliannya. Dan anda jangan lagi tertipu dengan trik merketing ini ya. Selalu berhati hati dengan menggunakan cara membedakan kurma satu ini.

  1. Rasa Manis Dari Dalam dan Luar Kurma

Rasa manis kurma asli biasanya akan didapat saat dimakan. Kurma asli cenderung mempunyai rasa manis dibagian dalamnya saja. Namun bila anda rasakan sekilas bagian kulit luarnya tidak akan terasa manis. Namun bila anda merasakan kulit luar kurma terasa manis juga, maka anda harus berhati hati kalau kurma tersebut bukan yang asli.

  1. Tidak Berserat

Cara membedakan kurma asli dan tidak berikutnya adalah dari seratnya. Kurma asli dengan kualitas terbaik biasanya tidak memiliki serat. Sehingga bila anda menemukan dan mencoba kurma yang mempunyai serat saat diamakan, maka anda patut mencurigainya. Tips diatas bisa anda jadikan cara sederhana dalam berbelanja kurma.

Bila anda ingin grosis kurma yang terbaik dan tidak salah pilih maka ini bisa jadi pilihan. Kurma dengan kualitas terjamin dan premiun bisa anda dapatkan di Pasarkurma.com. Pilihan banyak jenis kurma bisa anda pilih disini. Cara pembeliannya pun mudah, anda bisa mengunjungi website resmi Pasarkurma.com, dan dapatkan penawaran menariknya.