Teknologi

Cara Kompres Foto Untuk Syarat CPNS, Jangan Sampai Salah!

Selalu gagal dalam mengupload foto untuk lamaran CPNS? Mungkin ada kesalahan yang terjadi karena ukuran yang dibutuhkan tidak sesuai. Dalam persyaratan, ukuran foto yang dibutuhkan tidak boleh lebih dari 200Kb, untuk itu setiap peserta harus mengikutinya. Jika anda memiliki foto dengan ukuran yang lebih besar, maka dibutuhkan cara kompres foto untuk mengurangi ukuran. Sehingga foto dapat kembali diupload dan proses lamaran dapat dilanjutkan ke langkah selanjutnya.

Walaupun telah tersedia banyak cara yang dapat dimanfaatkan, tetap banyak peserta yang kesulitan. Pasalnya, cara yang dipilih tidak sesuai dengan hasil foto yang memiliki pengaturan tersendiri. Pada saat ini dibutuhkan download camera user manual untuk membantu. Namun lain halnya jika kamera yang digunakan bukan kamera tertentu dan tidak ada pengaturan tersendiri. Di mana, para peserta dapat mengikuti dua cara yang akan dijelaskan selanjutnya.

Cara Kompres Foto dengan Paint

Saat akan melakukan kompres foto di laptop atau komputer, anda dapat memanfaatkan paint yang merupakan bawaan microsoft. Langkah-langkahnya, dapat disesuaikan dibawah ini,

  1. Siapkan Aplikasi

Sama seperti akan menggunakan aplikasi lainnya, anda harus membuka laptop dan aplikasi. Namun pastikan bahwa aplikasi yang akan digunakan sudah terinstalasi. Tanpa terinstalasi dengan baik, proses selanjutnya tidak dapat dilanjutkan. Bila telah tersedia, anda dapat membukanya dan menemukan halaman baru untuk memulai kompresi foto.

 

  1. Pilih Foto

Langkah berikutnya adalah memilih foto yang akan dikompresi. Foto dapat dipilih melalui galeri yang tersedia di komputer. Anda juga dapat menggunakan foto yang tersedia di USB ataupun tempat lainnya, namun pastikan bahwa tempat penyimpanan tetap tersedia selama kompresi dilakukan. Tunggu beberapa saat, hingga akhirnya gambar yang diinginkan muncul.

 

  1. Resize

Setelah gambar atau foto muncul, anda harus memulai proses resize. Proses resize dapat dilakukan dengan menekan menu dan mencari tombol resize. Tekan menu resize dan proses pengubahan ukuran dapat dimulai. Pengguna bertugas untuk mengisikan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Isikan pula seluruh bagian formnya, seperti ukuran horizontal dan vertikalnya.

 

  1. Penyimpanan

Tidak selesai sampai di sana, anda perlu memperhatikan bagaimana hasil dari perubahan yang dilakukan. Pastikan bahwa gambar atau obyek wajah nampak jelas. Ketidakjelasan pada foto juga dapat menjadi penyebab foto tidak dapat diupload. Namun bila seluruhnya dinilai cukup baik, maka proses selanjutnya adalah menyimpan perubahan yang dilakukan.

 

  1. Pengecekan Kembali

Proses penyimpanan dapat dilakukan dengan menekan Save As. File dapat disimpan dengan nama berbeda dari nama file asli. Sehingga file asli dapat tersimpan dan dapat diubah kembali bila dibutuhkan. Kemudian periksa apakah hasil pengubahan telah beukuran sesuai dengan kebutuhan. Bila belum, ulangi kembali semua proses yang telah dijelaskan di atas.

Setelah semua proses di atas selesai, maka anda telah berhasil mendapatkan foto dengan ukuran 200kb sesuai persyaratan. Setelahnya, proses selanjutnya dapat dilakukan dan tidak akan gugur di persyaratan.

Cara Kompres Foto dengan Photoshop

Saat anda tidak memiliki paint untuk kompres foto, manfaatkanlah media lain. Media yang dimaksud adalah photoshop, namun ntuk menjalankannya dapat menyimak ulasan dibawah ini,

  1. Instalasi dan Mulai

Pertama mulailah aplikasi photoshop di laptop anda. Namun bila belum memilikinya, lakukan instalasi dan download terlebih dahulu. Download photoshop membutuhkan waktu lama, namun tidak perlu khawatir karena prosesnya dapat diselesaikan kurang dari 15 menit. Setelahnya aplikasi dapat dimanfaatkan untuk kompresi foto.

 

  1. Pilih Gambar

Selanjutnya pilih foto yang akan diubah ukurannya. Carilah foto dari data yang tersimpan, jika belum ada pindahkan terlebih dahulu file yang akan diubah. Kemudian buka file kembalii dan tekan menu save for web. Setelah menekan menu ini, anda akan dihantarkan dalam menu pop up window. Di sinilah terdapat beberapa pilihan yang harus diperhatikan.

 

  1. Kualitas Gambar

Ketiga hal yang harus diperhatikan adalah ukuran gambar, preset dan kualitas. Untuk kualitas pilihlah penyimpanan dengan JPG Medium. Kemudian atur ukuran menjadi 1500×720. Setelahnya simpan perubahan yang telah dilakukan. Ganti nama, agar tidak sesuai dengan nama file lama. Karena dengan nama yang sama, file asli dapat terhapus dan tidak dapat dimanfaatkan kembali.

 

  1. Periksa

Setelah disimpan, tugas anda berikutnya adalah memperhatikan apakah perubahan telah sesuai. Bila perubahan belum sesuai, ulangi kembali semua proses yang disampaikan di atas. Hingga akhirnya didapatkan foto dengan ukuran yang sesuai persyaratan lamaran CPNS. Bila sudah maksimal, kembalilah pada cara pertama yaitu memanfaatkan paint.

 

  1. Cara Lain

Sebenarnya anda dapat memanfaatkan cara lain, saat kedua aplikasi ini tidak tersedia. Cara yang dimaksud adalah memanfaatkan website, agar proses kompresi dapat lebih cepat dilakukan. Sayangnya, cara tersebut dinilai boros kuota, mengingat pengguna harus mendownload dan upload foto yang diinginkan, sebelum seluruh proses usai.

Anda dapat menentukan cara kompres foto mana yang sesuai dengan kebutuhan. namun disarankan untuk menggunakan paint, karena paint pasti telah tersedia di laptop. Jadi, pengguna tidak membutuhkan proses download dan instalasi kembali, terlebih proses yang dibutuhkan untuk melakukannya membutuhkan waktu panjang.