Uncategorized

Cara Diet Ibu Hamil 6 Bulan

Kehamilan akan terasa lebih nyaman dan stabil saat sudah berumur enam bulan. Saat hamil, berat badan akan naik dengan signifikan. Meski begitu, ibu hamil tetap dapat menjaga berat badannya agar tetap ideal dengan cara diet ibu hamil 6 bulan berikut ini.

  1. Mengonsumsi makanan nabati

Mengonsumsi makanan nabati adalah salah satu cara diet yang aman bagi ibu hamil enam bulan. Hal ini sangat penting karena di usia enam bulan, janin akan membutuhkan banyak protein untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya di dalam kandungan.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati, ibu hamil akan membantu janin untuk memenuhi kebutuhannya. Protein nabati lebih disarankan untuk dikonsumsi dibanding protein hewani karena sifatnya yang lebih mudah dicerna tubuh. Dengan begitu, kadar kolesterol ibu hamil tetap terjaga.

  1. Mengonsumsi sayuran

Sayuran merupakan bahan makanan yang mengandung serat, vitamin, dan mineral. Atas alasan inilah sayuran selalu dijadikan sebagai menu diet bahkan pada ibu hamil sekalipun. Dengan mengonsumsi sayuran, ibu hamil tidak hanya dapat menjaga berat badan agar tetap normal, tetapi juga membantu sang janin untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Meski begitu, ada beberapa jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Setidaknya, ada dua puluh tiga jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil yang di antaranya adalah sayuran yang biasa dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari seperti terong, kubis mentah, selada mentah, dan tauge mentah.

  1. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan cara diet ibu hamil 6 bulan yang tidak boleh dilewatkan. Aktivitas olahraga yang dimaksud bukan aktivitas yang berat. Aktivitas olahraga yang ringan pun cukup asal dilakukan secara rutin untuk membuang lemak yang berlebih.

  1. Tetap beraktivitas

Masa kehamilan mengharuskan ibu untuk membawa beban kandungan yang berat.Oleh karena itu, wajar saja jika ibu hamil merasa enggan untuk banyak bergerak. Meski begitu, ibu hamil tetap disarankan untuk menjalani aktivitas seperti biasanya selama aktivitas tersebut tidak terlalu berat agar tubuhnya tetap bugar.