Teknologi

Yuk Simak 8 Cara Berbicara di Depan Kamera Bagi Pemula

Berbicara di depan kamera mungkin menjadi tantangan bagi beberapa orang. Pasalnya saat berbicara akan kagok dan tidak luwes atau mati gaya. Nah agar anda tidak lagi kagok saat berbicara di depan kamera, anda harus sering sering untuk melakukan latihan agar mulai terbiasa. Dengan terbiasa melakukan latihan di depan kamera, maka anda pun tidak lagi mati gaya saat pengambilan gambar. Yuk simak ulasan selengkapnya cara berbicara di depan kamera berikut.

Tips Agar Lancar Berbicara di Depan Kamera

Pixabay.com

1 Mulai Menerima Kekurangan Anda

Apabila anda benar benar baru belajar berbicara di depan kamera, sudah bisa dipastikan jika anda akan melakukan kesalahan. Sebagai pemula, anda harus terima jika sering melakukan kesalahan saat mengambil beberapa video. Modal awal agar lancar berbicara di depan kamera adalah mengusai bahan dan jangan takut untuk dinilai orang lain.

Ketakutan dinilai orang lain inilah yang akan membuat anda sering melakukan kesalahan dan tidak cukup percaya diri untuk berbicara di depan kamera. Sehingga saat rekaman anda harus mengulang rekaman selama beberapa kali. Meskipun pada mulannya anda akan terlihat kaku, namun lama kelamaan anda akan menguasai teknik berbicara di depan kamera dan tidak akan terlalu banyak kesalahan.

  1. Jangan Takut Untuk Dinilai

Bagi beberapa orang yang tidak memiliki rasa percaya diri, tentu takut terhadap penilaian orang terkait video yang diunggahnya adalah hal wajar. Hal ini merupakan perasaan wajar yang akan dialami oleh beberapa orang. Cara berbicara di depan kamera ini memerlukan tingkat kepercayan diri yang tinggi untuk berbicara di depan kamera.

Anda harus lebih sering mengabaikan bagaimana komentar orang lain terhadap diri anda. Namun bukan berarti anda tidak memedulikan komentar kritik yang masuk untuk mengevaluasi cara berbicara anda. Yang paling penting untuk diingat adalah sebagus apapun video yang anda buat, tetap akan ada orang yang tidak suka akan video yang anda unggah. Oleh karenanya jangan takut atas penilaian orang lain dan mulailah berlatih untuk berbicara di depan kamera.

  1. Berlatih di Depan Cermin

Sebelum anda memulai berbicara di depan kamera, ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu untuk berbicara di depan cermin. Melakukan latihan berbicara di depan cermin akan membuat anda tahu bagaimana ekspresi wajah anda saat sedang berbicara. Anda juga akan mengetahui bagaimana ekspresi tubuh anda hingga bahasa tubuh yang anda gunakan selama berbicara.

Dengan mengetahui ekspresi tubuh dan raut muka anda di depan cermin maka, anda akan lebih mudah untuk melakuan evaluasi terhadap cara berbicara di depan kamera nantinya. Anda jadi bisa menilai apa yang harus ditambahkan atau bagaimana anda baiknya berkespresi saat mengutarakan pendapat. Anda pun tidak akan terlihat kaku dan terlihat sangat luwes saat berbicara di depan cermin terlebih dahulu.

  1. Membuat Script

Agar lebih memudahkan anda saat berbicara di depan kamera, anda harus membuat perencanaan yang matang. Salah satunya adalah membuat script yang akan membuat anda tahu apa saja poin poin yang akan anda bicarakan saat di depan kamera nanti. Dengan perencaan yang matang maka video pun akan terlihat lebih terstuktur.

Anda bisa membuat script yang akan memudahkan anda saat berbicara. Sehingga anda hanya tinggal membaca script sehingga aan terlihat lebih prfesional. Namun ada baiknya anda harus bergantian untuk melihat script dan menghadap ke arah kamera langsung. Hal ini untuk membuat penonton seolah olah sedang diajak berbicara oleh orang di depan kamera tersebut.

  1. Berbicara Tentang Sesuatu yang Anda Kuasai

Cara berbicara di depan kamera yang paling efektif adalah membicarakan hal hal yang anda kuasai. Saat seseorang terbata bata berbicara di depan kamera, bisa dipastikan jika mereka tidak cukup percaya diri untuk menguasai tema yang akan dibahas. Oleh karenanya mereka akan sulit untuk menyampaikan pendapatnya di depan kamera. Dengan memahami materi yang akan disampaikan, maka anda akan tahu alurnya dan tidak perlu membaca script berulang ulang.

  1. Menggunakan Bahasa Sehari Hari

Agar lebih memudahkan anda untuk berbicara di depan kamera, maka anda bisa menggunakan bahasa sehari hari. Selain bertujuan untuk memudahkan, menggunakan bahasa sehari hari juga akan membuat penonton untuk lebih mudah memhami dan mengerti maksud yang hendak disampaikan. Dengan menggunakan bahasa sehari hari, anda akan lebih mudah untuk menyampaikan poin poin yang ingin anda sampaikan.

Apalagi di era digital seperti ini banyak sekali anak muda millennial yang akan memilih tontonan yang mudah dimengerti. Anda juga harus lebih menguasai diri anda untuk berbicara di depan umum dan menjadi diri anda sendiri, sebagai cara berbicara di depan kamera yang ampuh untuk dilakukan. Anda harus menciptakan gaya khas dari diri anda sendiri, sehingga mudah dikenal oleh publik pada umumnya.

  1. Melatih Body Language dan Tone Suara

Penting untuk diingat saat anda berbicara di depan kamera, anda harus memperhatikan bahasa tubuh yang anda gunakan. Terlalu banyak gaya dan tingkah akan membuat penonton pusing untuk melihat video anda. Sampaikan poin poin secukupnya sehingga bahasa tubuh tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu membuat penonton ilfeel saat menonton video anda.

Selain bahasa tubuh, anda juga harus memperhatikan nada berbicara saat proses pembuatan video. Nada bicara yang pas akan membuat penonton setia dan tidak sabar untuk menunggu video video anda selanjuntya. Berlatihlah untuk menguasai rendah tingginya suara sehingga membuat video terdengar menarik dan tidak monoton.

  1. Melakukan Pemanasan

Pixabay.com

Sebelum anda hendak berbicara di depan kamera, ada baiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh agar terasa lebih rileks dan tidak grogi saat berhadapan di depan kamera. Cara berbicara di depan kamera bisa dilakukan dengan melakukan senam wajah atau sekedar menarik nafas dan membuangnya. Anda pun bisa mengambil video dengan lancar tanpa kik kuk di depan kamera.

Berbicara di depan kamera memang bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan untuk semua orang. Anda bisa melakukan tips diatas untuk memudahkan melatih berbicara di depan kamera tanpa khawatir grogi. Untuk menghasilkan video dengan kualitas yang bagus, anda bisa menggunakan canon camera manual yang akan membantu anda untuk mengambil gambar yang bagus dan membuat penonton terhibur.