Pengetahuan

Cara Basmi Rayap Tradisional Paling Ampuh

Rayap menjadi salah satu hama yang sangat meresahkan. Mungkin anda juga setuju dengan pernyataan yang satu ini. Makanan utama dari rayap adalah kayu. Rayap ini mempunyai rantai hidup yang terus berputar. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa rantai kehidupan rayap tidak pernah berhenti ataupun putus dengan mudah. Ratu rayap akan selalu memproduksi telur rayap baru. Rayap merupakan hewan yang selalu berkoloni sehingga sangat wajar jika rayap ditemukan dengan jumlah yang banyak.

Keberadaan rayap ini bisa ditemukan dengan mudah di beberapa kayu yang rapuh. Ketika ada kayu yang rapuh maka di biasanya terdapat rayap didalamnya. Rayap ini memakan kayu tersebut hingga membuatnya menjadi keropos. Keberadaan dari rayap ini memang sangat meresahkan sehingga banyak yang mulai memikirkan bagaimana cara untuk membasminya. Membasmi rayap ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana dan juga ada yang menggunakan obat – obatan kimia.

Ulasan kali ini akan membahas mengenai cara membasmi rayap dengan cara tradisional. Menggunakan cara tersebut diharapkan proses pembasmian rayap juga lebih aman. Bagi anda yang mengalami kesulitan ketika ingin membasmi hama satu ini maka bisa memanfaatkan jasa pembasmi yang ada. Jasa basmi rayap belakangan ini juga banyak dimanfaatkan mengingat membasmi rayap bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebelum anda menggunakan jasa tersebut, anda juga bisa memanfaatkan cara membasmi rayap dengan cara yang lebih tradisional.

Cara tradisional yang pertama adalah jangan pelit ventilasi. Sebuah rumah akan lebih baik jika pemenuhan udara di dalamnya tercukupi dengan baik. Buatlah ventilasi dengan jumlah yang banyak sehingga cahaya di dalam ruangan juga bisa tercukupi dengan baik. Bagi anda yang mempunyai banyak perabotan berbahan kayu, alangkah baiknya jika memperbanyak ventilasi. Dengan mempunyai banyak ventilasi maka perabotan bisa lebih awet. Jika perabotan kayu sudah terlanjur dimakan rayap maka langkah yang harus anda lakukan adalah menjemur perabotan tersebut. Mendapatkan sinar matahari mampu membuat rayap pergi.

Cara ke dua yang bisa anda lakukan adalah dengan menjemur perabotan berbahan kayu. Seperti yang sudah disinggung di cara pertama. Cara kedua yang paling ampuh mengusir hama rayap adalah dengan menjemurnya. Menjemur perabotan berbahan kayu ini mampu membuat rayap pergi meninggalkan perabotan tersebut. Jemurlah perabotan tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga perabotan berbahan kayu di rumah anda bisa lebih awet.

Cara tradisonal yang ke tiga adalah memanfaatkan air cucian beras. Air cucian beras sering dimanfaatkan sebagai cara mengusir hama rayap yang paling ampuh. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengumpulkan air bekas cucian beras ke dalam satu wadah. Semprotkan ari bekas cucian tersebut pada perabotan kayu yang ada. Jika anda melakukan hal ini secara rutin dan bertahap maka bisa membuat rayap hilang. Sudah banyak yang menggunakan cara ketiga ini untuk bisa membasmi rayap dengan lebih mudah.

Cara ke empat yang masih tradisional adalah menggunakan kapur barus. Kapur barus mungkin sudah sangat familiar untuk mengusir hama. Keberadaan dari kapur barus ini mampu membuat rayap hilang dengan cepat. Cukup dengan menggoreskan kapur barus tersebut pada tempat yang terdapat rayapnya. Kapur barus sangat ampuh untuk membuat rayap meninggalkan perabotan kayu yang ada di rumah anda. Mencari kapur barus juga sangat mudah, banyak toko yang menjual kapur barus untuk mengusir serangga.

Cara kelima yang bisa anda lakukan adalah membersihkan kayu kering. Tahukah anda keberadaan dari kayu kering di rumah anda mampu mengundang rayap untuk datang. Kayu kering yang ada di halaman rumah anda, belakang rumah anda, atau di beberapa lingkungan di rumah anda harus mulai diperhatikan. Sebisa mungkin bersihkanlah kayu kering yang ada di rumah anda dan jangan sampai membuat kayu tersebut tertumpuk. Jika kayu kering tersebut dibiarkan ditumpukan maka rayap akan datang dan memakan kayu – kayu tersebut. Bahkan rayap akan melakukan perkembangan dengan sangat cepat sehingga muncul koloni – koloni rayap yang baru. Hal tersebut membuat perabotan kayu yang ada di rumah anda menjadi terancam. Kini anda harus mulai memperhatikan beberapa hal yang bisa membuat rayap muncul. Ada banyak hal kecil yang melatarbelakangi rayap untuk muncul yang tidak disadari oleh semua orang.

Itulah beberapa cara tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi hama. Membasmi hama memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Tidak mudah memutus rantai penyebaran rayap itulah yang membuat orang harus melakukan beberapa cara agar rayap bisa benar – benar hilang. Selain beberapa cara di atas, masih ada banyak cara tradisinonal lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk mengusir para rayap ini.

Sebelum memanfaatkan cara menggunakan bahan kimia, alangkah baiknya jika mencoba menggunakan cara tradisional tersebut. Ada banyak cara mudah yang bisa mulai anda lakukan demi membasmi para rayap tersebut. Mengingat cara yang anda inginkan merupakan cara yang alami maka anda perlu melakukannya secara rutin. Melakukan cara – cara di atas secara bertahap mampu membuat rayap segera pergi.