Home Decor

Bumbu Dapur yang Wajib Ada Di Rumah dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Apa saja bumbu dapur yang wajib ada di rumah? Apakah seluruhnya memiliki manfaat untuk kesehatan? Seluruh jawaban pertanyaan tersebut akan diulas di sini.

Bumbu dapur adalah kunci dari masakan yang akan didapat. Bumbu dapur yang digunakan dalam setiap masakan berbeda-beda. Untuk itu menyediakan setiap bahan tersebut penting untuk dilakukan. Namun, dari semua bumbu dapur yang ada, mana bumbu dapur yang wajib ada di rumah? Kemudian perhatikan apakah seluruh bumbu tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan.

Walaupun banyak digunakan sebagai bumbu masakan, banyak bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Karena adanya tambahan nilai, maka semakin baik untuk menyimpan beberapa bumbu dapur tertentu di rumah. Mulai penasaran dengan bumbu dapur yang harus tersedia di rumah? Anda akan menemukan informasi lengkapnya, di sini.

Bumbu Dapur Untuk Kesehatan

Pada masa lalu, bumbu dapur dipercaya dapat dijadikan obat-obatan tradisional. Bahkan hingga kini, banyak bumbu yang dapat dimanfaatkan untuk obat bagi kesehatan. Racikan dibuat secara turun menurun hingga di zaman ini pun, bumbu dapur masih dimanfaatkan untuk dijadikan obat tertentu. Sebut saja diantaranya bumbu dapur yang dimanfaatkan sebagai obat batuk atau sekedar dijadikan obat kumur.

Tidak perlu merogoh uang yang besar, karena untuk mendapatkan bumbu tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Anda pun tidak perlu membelinya di supermarket, karena di pasar tradisional pun tersedia bumbu dapur yang berkualitas dan siap digunakan. Lantas, apa saja bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan? Ini jawabannya.

  1. Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang banyak digunakan untuk pewarna alami. Kunyit dimanfaatkan untuk membuat gulai, opor hingga masakan lainnya. Uniknya, Kunyit memiliki antioksidan tinggi. Di mana, dapat dimanfaatkan sebagai anti radang. Tidak heran, jika campuran kunyit dan telur ayam kampung dapat digunakan untuk peradangan pada lambung.

  1. Bawang Putih

Siapa diantara anda yang tidak memiliki Bawang Putih di rumah? Bawang Putih adalah bumbu utama yang harus tersedia di rumah. Bawang Putih memiliki kandungan antioksidan sama seperti Kunyit. Namun penggunaannya berbeda, di mana Bawang Putih dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah dan kolestrol hingga meredakan sakit gigi.

  1. Buah Pala

Buah Pala adalah bumbu yang dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap. Bumbu yang disimpan dalam waktu lama pun dapat dimanfaatkan untuk mencegah sel kanker, mencegah osteoporosi, menjaga sirkulasi darah hingga menjaga kecantikan kulit. Karenanya, buah pala menjadi rempah-rempah yang diekspor dengan harga tinggi.

  1. Lada Hitam

Umumnya lada dimanfaatkan untuk memberikan rasa pedas pada makanan. Namun ternyata penggunaannya memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, lada hitam dapat dimanfaatkan untuk penyerapan nutrisi, seperti kalsium dan selenium. Karenanya, tubuh dapat menerima asupan dengan maksimal.

  1. Serai

Masakan Indonesia, sangat identik dengan rempah-rempah. Salah satu rempah yang banyak dimanfaatkan dalam masakan adalah serai. Serai dipercaya mengandung aroma yang menyegarkan. Karenanya, serai dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Di sisi lain, serai juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada tubuh.

  1. Cabai

Indonesia sangat identik dengan bumbu dapur yang satu ini. Cabai adalah bumbu yang dapat menghangatkan tubuh karena rasa pedasnya saat dikonsumsi. Rupanya cabai memiliki manfaat lain untuk kesehatan, yaitu menjaga kesehatan pembuluh darah. Anda yang tertarik untuk mengonsumsinya, dapat menemukannya dalam berbagai bentuk, seperti segar ataupun bubuk.

  1. Bawang Merah

Jika Bawang Putih tersedia hal yang sama berlaku untuk Bawang Merah. Bawang Merah memiliki peran penting untuk memberikan aroma pada masakan. Namun lebih dari itu, bawang merah memiliki kandungan antioksidan dan fosfor. Seluruhnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kualitas makanan tetap terjaga.

  1. Garam

Hampir seluruh rumah di Indonesia memiliki bumbu dapur yang satu ini. Garam digunakan untuk memberikan rasa pada masakan. Namun mengonsumsinya dengan ukuran tepat, garam dapat mengatur proses keseimbangan cairan didalam tubuh. Tapi sebelumnya, disarankan untuk memilih garam dengan yodium dan berstandar untuk dapat dikonsumsi.

  1. Kemiri

Satu lagi bumbu dapur yang wajib ada di rumah adalah Kemiri. Walaupun tidak banyak digunakan, Kemiri memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Sebut saja kemiri dimanfaatkan sebagai media pelebatan rambut. Kemiri pun dapat digunakan untuk melepaskan lelah atau pegal, jika dijadikan bubuk dan dicampurkan dengan air.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk yang banyak digunakan untuk masakan. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Karenanya, jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai imun tubuh. Untuk anda yang mengalami batuk atau sedang menjaga kesehatan kulit, jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam meredakannya.

  1. Kayu Manis

Terakhir, siapkanlah kayu manis di dapur anda, khususnya untuk yang memiliki diabetes. Karena kayu manis dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Untuk mengonsumsinya, campurkan bubuk kayu manis dengan air hangat. Namun ingat, batasan konsumsi kayu manis adalah 2 sendok teh dalam setiap harinya.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap bumbu dapur yang wajib ada di rumah, sebaiknya gunakan cara memasak selain menggoreng. Masih mencari apalagi bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan? anda dapat menemukan list lainnya di ceklist.id.