Tradisi tugas Ibukota Kebudayaan Eropa tahun 2012 di Maribor sebenarnya dicirikan oleh ledakan konsisten usaha, yang dikarang oleh Boris Vezjak. Setelah desas-desus dan juga keteduhan, dan dengan tidak adanya infrastruktur komersial baru apa pun, daerah perkotaan telah mengetahui arahnya.

Selama beberapa bulan terakhir ini, titik balik yang ditunggu-tunggu telah tiba di sana untuk Ibukota Masyarakat Eropa di Maribor. Saat perusahaan kami benar-benar terjamin. Tentu bukan hanya karena pada tahun 2012 ada sekitar 5.000 perayaan di daerah perkotaan di sepanjang Drava, bersama dengan keinginan besar dan kemeriahan tentang kesempatan luar biasa yang telah sedikit mengkhawatirkan Slovenia. Selain itu, seperti yang mereka informasikan kepada perusahaan kami, hal-hal seperti itu pasti tidak akan terulang selama beberapa tahun. Tidak, momen penting terakhir tidak terkait dengan peluang yang ditawarkan oleh gelar Kota Gaya Hidup Utama Eropa atau bahkan untuk menguji kemampuan kita, namun dengan dua hasil tak terhindarkan yang para ahli kami pertaruhkan untuk harapkan sepanjang waktu: warisan sosial pekerjaan setelah hasilnya sendiri, dan juga keuangan akhir serta keharmonisan pekerjaan lainnya, yang seharusnya menggambarkan kredibilitasnya sendiri.

Hampir apa pun yang saat ini telah ditunjukkan tentang pengaruh jangka panjang proyek: untuk Ibukota Masyarakat Eropa Maribor, sebenarnya tidak akan ada. Inilah yang kita semua curigai dengan khawatir, bahkan orang yang bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan tidak mengambil risiko untuk menjamin apa pun dalam hal ini. Hal ini menunjukkan bahwa dalam hal ini, kegagalan usaha saat ini ditetapkan sebelumnya: tidak ada fasilitas tubuh baru yang benar-benar dibangun, sesuatu yang juga dokumen utama kelanjutan program setelah tahun 2012 dilaksanakan tentu saja tidak berlaku. .

Berbeda dengan klaim nubuatan yang tidak didukung pemalsuan dan juga media yang cenderung panegiristik yang perlu didengarkan oleh perusahaan kami selama 2 tahun sampai tingkat yang berlebihan, kebenarannya jauh lebih keras. Berasal dari kebangkitan kembali perasaan yang meyakinkan dan juga “gelombang” budaya di sana tetap sedikit yang berharga: sebagai lawan dari ledakan, tim kami telah mengalami kegagalan terus-menerus dari proyek dan hasilnya. Gaya hidup budaya setelah itu tampaknya jauh lebih miskin dan berakhir; itu telah digerogoti karena resesi dan, karena itu, banyak musisi berusaha lebih keras daripada sebelumnya hanya untuk bertahan hidup. Ramalan direktur program, yang pada awalnya meyakinkan tidak ada yang lebih rendah dari definisi ulang budaya, telah jatuh bahkan lebih pendek dari fakta. Sederhananya: setelah tugas Ibukota Gaya Hidup Internasional, budaya sebenarnya dimaksudkan untuk mengalami perubahan total, dan tentu saja tidak seperti yang sebenarnya terjadi sebelumnya.

Namun demikian, evaluasi akhir dari Komisi Internasional telah benar-benar mengungkapkan bahwa pekerjaan Masyarakat Kota Prinsipal Internasional pasti tidak akan memiliki efek tertentu pada bidang tambahan di kota, bahwa struktur sosial belum ditingkatkan di Maribor atau beberapa wilayah perkotaan mitranya, dan bahwa efek jangka panjangnya sebenarnya akan sangat kecil. Bahwa kota itu pasti akan berhasil “mendefinisikan kembali” gaya hidup, apa pun maksudnya yang diharapkan, sebenarnya hanyalah permainan yang lemah dengan istilah yang ditargetkan pada yang naif.

Serta bersama dengan guratgarut kekosongan efek abadi terjadi momen menentukan lainnya: tinjauan keuangan. Liputan media yang terlalu dibesar-besarkan dan juga berkepala bengkak, di mana banyak penulis memainkan tugas yang memalukan, dengan mudah tidak dapat lagi menyelamatkan mereka yang bertanggung jawab: angka-angka tersebut mengungkapkan bahwa ada beberapa pelanggaran dalam penggunaan uang itu. Seiring berjalannya waktu, pendapat dari beberapa vokalis kritis tentang “Kota Utama Internasional Nepotisme” sebenarnya telah terbukti benar, bahkan dilebih-lebihkan. Pengkajian keuangan ternyata menemukan beberapa pelanggaran dalam bagaimana pengaturan penulis dan fungsi dikonfirmasi, bersama dengan unit administrasi yang tidak mencukupi dan pengaturan perjanjian yang berlaku surut.

Beberapa sebenarnya hanya mengabaikan (dalam satu situasi untuk pekerjaan yang dilakukan dengan nilai pasar lebih dari 40.000 orang Eropa), dan sebenarnya ada fragmentasi yang melanggar hukum dari pembelian bernilai rendah. Baik orang yang bertanggung jawab, pengawas yang menangani dan juga kepala dewan negara, sebenarnya didenda karena pelanggaran.

Proyek ini mempertahankan tampilan efektivitas dan prestise hingga November 2012. Kata-kata “lonjakan masyarakat” yang sering diulang-ulang sebenarnya bukan hanya hasutan spontan, tetapi juga menjadi salah satu slogan resmi utama. Namun demikian, fungsi utama dalam foto publik umum dari pemantauan Funds of Lifestyle sebenarnya kemungkinan besar berpartisipasi karena aksi demonstrasi yang berkembang di Maribor musim gugur lalu. Memang ada volatilitas, tapi itu mengabaikan aktivitas sosial. Melainkan, meletus pada orang-orang yang harus turun ke jalan bersama dengan kebutuhan mereka. Berhasil, karena pengelolaan kawasan yang tidak etis, yang sebenarnya juga mulai mengambil dompet individu, benar-benar kehabisan energi, dengan walikota sebagai kontrolnya sendiri.