Uncategorized

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Teh? Yuk Simak Penjelasannya Berikut!

Setelah ibu melahirkan, maka ibunda harus memenuhi nutrisi untuk menjaga kualitas asi yang baik. Karena asi merupakan sumber utama makanan bayi. Maka dari itu, ada beberapa pantangan untuk ibu yang sedang menyusui. Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan adalah bolehkah ibu menyusui minum teh? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ulasan detailnya!

Apakah Ibu Menyusui Diperbolehkan Mengonsumsi Teh?

Menurut beberapa tenaga medis yang sudah melakukan riset, ibu menyusui dapat mengonsumsi makanan dan minuman apa pun selama tidak melebihi batas. Maka dari itu, konsumsi teh bagi ibu menyusui masih bisa dilakukan selama tidak berlebihan dan diimbangi dengan nutrisi lainnya. Sebaiknya, ibu menyusui membatasi jumlah konsumsi per harinya.

Pembatasan konsumsi teh berkaitan erat dengan kandungan kafein di dalam teh. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menyebabkan penurunan produksi asi. Dianjurkan untuk mengonsumsi minuman teh hanya satu cangkir dalam sehari. Namun jika bayi mengalami perubahan kondisi seperti rewel, akan lebih baik jika menghentikan konsumsi teh.

Kafein dalam jumlah yang tinggi di dalam tubuh akan mengakibatkan berbagai kondisi penurunan kesehatan. Dampak buruk yang akan muncul adalah insomnia, meningkatkan risiko terjadinya anemia, hingga meningkatkan detak jantuk. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki riwayat darah tinggi.

Asupan kafein yang terkandung di dalam teh disarankan untuk dikonsumsi seminimal mungkin. Akan lebih baik ketika minum teh berkafein dilakukan setelah menyusui. Hal ini untuk menghindari kafein tidak masuk ke dalam asi. Sehingga akan aman untuk bayi yang baru saja lahir.

Sebenarnya, ibu dapat mulai mengonsumsi lebih banyak teh jika bayi berusia sekitar enam bulan. Jenis teh yang bisa dikonsumsi pun sebaiknya teh herbal yang tidak mengandung kafein. Beberapa teh herbal bahkan aman untuk diminum ketika ibu menyusui. Bahkan dapat membantu beberapa masalah saat menyusui.

Manfaat Teh Herbal Bagi Kesehatan

Selain kandungan kafein, ada juga beberapa kandungan lainnya yang mampu memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Hal tersebut bisa memberi manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan. Salah satu dampak positif yang bisa anda dapatkan adalah meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan Polifenol Katekin dalam teh memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Sehingga sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi dapat berlangsung dengan baik.  Jika anda masih bertanya tanya bolehkah ibu menyusui minum teh? Tentu saja boleh, asalkan teh yang dipilih adalah teh herbal yang bebas kafein.

Itulah beberapa penjelasan mengenai boleh tidaknya ibu yang sedang menyusui mengonsumsi teh. Sejauh ini, memang tidak ada dampak buruk yang dapat muncul jika mengonsumsinya dengan tepat dan tidak berlebihan. Namun ibu menyusui harus juga mengimbangi nutrisi yang dibutuhkan selama memberi asi pada bayi.