Uncategorized

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa ? Yuk Intip Penjelasan Mengenai Manfaatnya Disini

Sebagian besar orang menganggap puasa disaat hamil bisa membahayakan ibu dan bayi di dalam kandungan. Namun anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar, sebab ternyata terdapat beragam manfaat yang bisa didapatkan untuk ibu hamil. Banyak yang bertanya bolehkah ibu hamil berpuasa di bulan Ramadhan, sebenarnya hukum puasa bagi ibu hamil tidak wajib namun masih tetap diperbolehkan. Berikut akan diulas manfaat melakukan puasa bagi ibu hamil.

Berbagai Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil

  1. Ibu Hamil Akan Terhindar dari Kelebihan Berat Badan

Sebagian besar ibu hamil seringkali merasakan lapar lebih cepat dibandingkan dengan orang biasa pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan nutrisi ibu hamil menjadi dua kali lipat. Kebutuhan nutrisi disini diperuntukkan untuk tubuh si ibu serta janin yang ada di dalam perutnya. Peristiwa seperti ini akan meningkatkan resiko untuk mengalami kenaikan berat badan yang berlebih.

Menurut seorang dokter dari Lenox Hill Hospital, New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa puasa bisa membantu untuk mengontrol berat badan. Hal ini dikarenakan disaat berpuasa, ibu hamil akan makan di waktu sore dan malam hari saja. Bagi sebagian orang yang menanyakan bolehkah ibu hamil berpuasa, manfaat satu ini bisa menjadi jawaban yang tepat. Karena dengan berpuasa mampu membantu ibu hamil untuk mengontrol berat badannya.

  1. Mampu Memperbaiki Kerusakan di Dalam Tubuh serta Metabolismenya

Berdasarkan laman Health24 menjelaskan bahwa salah satu manfaat puasa untuk ibu hamil yaitu mampu memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Disaat ibu hamil sedang berpuasa, berbagai sel di dalam tubuh akan membersihkan beragam kotorannya. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan ibu hamil, karena dapat memperlancar proses metabolisme tubuh sebaik mungkin.

  1. Mampu Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Puasa memiliki kekuatan untuk mengurangi resiko penyakit diabetes bagi ibu hamil. Kadar gula darah dan insulin yang merupakan pemicu penyakit diabetes dapat diturunkan dengan stabil. Hal ini dikarenakan disaat puasa, ibu hamil tidak mengkonsumsi apapun selama seharian penuh. Sehingga kadar gula darah serta insulin di dalam tubuh tersebut tidak bertambah akibat asupan makanan yang berlebih.

  1. Ibu Hamil Tidak Mengalami Morning Sickness

Selama ibu hamil menjalankan ibadah puasa, ia akan makan secara teratur setiap hari yakni saat sahur serta buka puasa. Hal tersebut tentunya dapat membantu ibu hamil terhindar dari morning sickness terutama pada awal kehamilan. Gejala morning sickness sendiri yaitu mual mual hingga muntah. Bagi sebagian yang menanyakan mengenai bolehkah ibu hamil berpuasa, tentunya manfaat yang keempat ini bisa menjadi salah satu solusi tepat bagi ibu hamil.

Dengan memperhatikan beberapa manfaat berpuasa bagi ibu hamil diatas, dapat disimpulkan bahwa tidak selamanya puasa bisa menyebabkan resiko berbahaya bagi ibu hamil dan janin di dalamnya. Bahkan dengan berpuasa pula bisa menjaga kesehatan jantung ibu hamil, sehingga bisa membantu mengurangi beragam penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan penyakit jantung.