Pendidikan

Kisaran Biaya Pengacara Perceraian di Jakarta

Jumlah perceraian di berbagai daerah di Indonesia membuat jasa pengacara sangat dibutuhkan. Apa alasannya? Ada banyak alasan yang menguatkan realita ini, salah satunya masih awam hukum. Selain itu, terlalu sibuk sehingga tidak mau susah payah untuk mengurus perceraiannya sendiri.

Setelah memutuskan untuk meminta bantuan pengacara dalam kasus perceraiannya, maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan yang diperoleh seperti mendapatkan nasihat hukum dan juga mencarikan atau menempuh jalan keluar terbaik. Jika memang perceraian adalah keputusan terbaik maka akan segera didaftarkan di Pengadilan Agama.

Ada banyak penyedia jasa pengacara perceraian di Indonesia, terutama Jakarta. Salah satunya adalah Cumming Family Attorney. Lalu berapa kisaran biaya pengacara perceraian di Jakarta? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini. Namun, sebelumnya akan diuraikan mengenai tugas profesi tersebut.

Ketahui Tugas Pengacara Perceraian

  1. Mengidentifikasi Masalah yang Dihadapi Klien-nya

Tugas pengacara perceraian yang pertama adalah mengidentifikasi masalah yang dihadapi klien-nya. Saat mengidentifikasi masalah, pengacara perceraian akan bertanya kepada klien-nya mengenai kronologi kasus yang sedang dihadapi.

Jika klien sudah menceritakan semua kronologis-nya, maka pengacara perceraian akan memberikan masukan mengenai permasalahan tersebut. Apabila tidak ditemukan jalan keluar terbaik berarti akan memformulasikan gugatan.

  1. Mendaftarkan Gugatan Perceraian di Pengadilan Agama

Pengacara perceraian juga bertugas untuk mendaftarkan gugatan di Pengadilan Agama. Sebelum mendaftarkan gugatan, pengacara akan meminta klien-nya untuk mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Adapun persyaratan yang dibutuhkan adalah Akta Perkawinan/buku nikah, KTP, KK, akta kelahiran anak dan sebagainya

Setelah semua berkas tersebut siap, pengacara perceraian sudah bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian kasus perceraian. Tidak hanya itu saja, pengacara perceraian juga sudah bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di persidangan. Serta merancang strategi apa yang akan digunakan untuk memenangi perkara tersebut.

  1. Mendampingi Klien Saat Sidang

Setelah gugatan perceraian didaftarkan di Pengadilan Agama maka akan terbit jadwal persidangannya. Saat sidang mediasi pengacara perceraian akan mendampingi klien hingga selesai. Pengacara perceraian akan memberikan arahan kepada klien mengenai apa saja yang harus dijelaskan kepada hakim.

Ketika memasuki sidang pemeriksaan saksi, klien akan menghadirkan satu atau beberapa orang. Sebelum memasuki ruang sidang,  pengacara perceraian memberikan penjelasan kepada-nya mengenai apa saja yang diketahuinya. Pengacara memastikan saksi menceritakan semuanya secara jujur, tegas dan jelas.

  1. Menguasai Masalah Hukum Kekeluargaan dan Kebendaan

Pada umumnya, tugas pengacara perceraian sama dengan pengacara lainnya. Akan tetapi, lebih memfokuskan diri pada pelayanan kepada masalah hukum kekeluargaan seperti perceraian. Pengacara dalam kasus ini dituntut harus menguasai hukum perceraian yang berlaku di Indonesia.

Pengacara perceraian juga diharuskan menguasai hukum kebendaan. Hukum kebendaan ini akan berguna jika klien ingin mengajukan gugatan harta gono gini. Lalu berapakah biaya pengacara perceraian di Jakarta? Mari mencari tahu bersama.

Biaya Pengacara Perceraian di Jakarta

Berapa biaya ketika menggunakan jasa pengacara perceraian di Jakarta? Mengutip dari artikel di salah satu media online menyebutkan jika kisaran biaya yang harus dikeluarkan antara Rp 10 hingga Rp 60 juta rupiah. Nominal tersebut sudah mencakup semua proses yang harus dilalui, mulai dari pendaftaran hingga terbitnya akta cerai.

Pengacara perceraian juga akan membebankan biaya tambahan kepada klien sebesar Rp 25 juta. Uang tersebut akan diminta ketika klien memutuskan untuk melanjutkan kasusnya hingga di tingkat banding di Pengadilan Tinggi. Jika dilanjutkan pada tingkat kasasi di Mahkamah Agung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 15 juta rupiah.

Kenapa demikian? Karena proses persidangan di tingkat pertama relatif kompleks sehingga tarifnya menjadi lebih mahal jika dibandingkan tingkat banding dan kasasi.  Sebenarnya di Jakarta tidak ada standar baku harga jasa pengacara perceraian. Akan tetapi, pihak pengacara dan klien biasanya melakukan negosiasi untuk menentukan biayanya.

Tips Memilih Pengacara Perceraian Terbaik

  1. Memilih Pengacara Perceraian yang Tidak Emosional

Tips pertama yaitu memilih pengacara perceraian yang tidak emosional karena sangat merugikan. Pilihlah pengacara yang bisa mengendalikan emosinya ketika menangani kasus serta mau mengikuti dan sepaham. Tujuannya supaya memberikan hasil terbaik tentang penyelesaian masalah hukum keluarga.

  1. Jangan Terburu-buru

Ketika mencari pengacara untuk membantu mengurusi permasalahan rumah tangga sebaiknya dilakukan dengan cermat santai dan bijaksana. Jangan terburu-buru atau tergesa-gesa dalam melakukan pencarian. Hal ini ditakutkan muncul rasa putus asa yang disebabkan kurang siap menerima perceraian. Maka dari itu, pilihlah pengacara perceraian terbaik di Cumming Family Attorney.

Nah itulah kisaran biaya pengacara perceraian di Jakarta beserta tugasnya. Diharapkan uraian di atas bisa membantu Anda dalam memilih pengacara perceraian terbaik. Serta menyanggupi nominal biaya yang dikeluarkan jika menggunakan jasanya.