Kesehatan

Beragam Manfaat Dari Daun Sukun

Setiap tumbuhan pasti memiliki bagian-bagian yang namanya daun, batang, bunga, akar, dan juga buah jika tumbuhan tersebut memanglah tanaman buah. Tanpa terkecuali buah sukun. Selain buahnya yang kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi, sukun juga termasuk kaya akan manfaat pada daunnya. Daun sukun pada umumnya dapat dijadikan sebagai obat. Namun di samping itu, ternyata daunnya pun dapat dikonsumsi.

1) Daun Pada Buah Sukun

Pernahkah anda memperhatikan daun pada tumbuhan pohon sukun? Tumbuhan yang tumbuh menjulang tinggi ini memiliki buah yang hampir mirip dengan nangka, namun ukurannya lebih kecil ya guys. Dapat diukur kira-kira sekitar 10-20 cm saja. Selain itu, buah sukun memiliki daun pada pohonnya.

Daun buah sukun jika kita melihat secara sekilas mirip dengan daun pohon pepaya. Memiliki jari-jari, hanya saja bedanya daun buah sukun terlihat lebih tebal serta mengkilap. Tentu saja daunnya tidaklah lemas seperti daun pada pohon pepaya. Tumbuh pada pohon berbatang kayu menjadikan tulang daunnya pun ikut kokoh.

2) Beragam Manfaat Pada Daun Buah Sukun

Selain memiliki manfaat pada buahnya, sukun juga kaya akan manfaat pada daunnya. Daun buah sukun yang kaya manfaat ini bisa digunakan sebagai obat penyakit. Apa sajakah itu? Pertama, jika anda sedang sakit gigi, cobalah gunakan daun sukun. Daun sukun yang kaya akan antioksidan dapat meminimalisir jumlah bakteri di dalam gigi.

Kedua, manfaat dari daun sukun yakni untuk menyembuhkan luka. Jika sering kali anda menggunakan obat alami berupa tumbukan kunyit, cobalah kali ini gunakan daun sukun. Daun Sukun kaya akan antioksidan sehingga sangat ampuh untuk atasi luka setelah pencabutan gigi, contohnya. Selain utu kandungan anti peradangannya juga ampuh.

Manfaat lainnya yang dapat anda rasakan dari daun sukun yakni mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penurunan kadar kolesterol dalam tubuh ini mampu membuat tubuh anda sehat secara menyeluruh dari berbagai penyakit, terutama penyakit jantung. Maka tidak heran jika daun ini sangat berkhasiat.