Bahasa Arab adalah bahasa yang secara resmi digunakan di negara – negara yang ada di Timur Tengah dan Afrika Utara seperti Mesir. Secara umum, bahasa Arab dapat dibedakan menjadi dua yaitu bahasa Arab dialek dan bahasa Arab formal. Bahasa Arab dialek memiliki susunan kata yang tidak baku dan umum digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Sedangkan bahasa Arab formal memiliki kata dan susunan kalimat yang baku. Biasanya, bahasa Arab formal digunakan dalam acara resmi seperti sekolah, kuliah, dan acara kenegaraan. Selain itu, buku – buku yang beredar juga menggunakan bahasa Arab formal.

Bahasa Arab juga merupakan bahasa yang ada di dalam kitab suci umat muslim yaitu Al Qur’an. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika seorang muslim mau belajar bahasa Arab. Sehingga, pemahaman terhadap Islam yang ada dalam Al Qur’an maupun Al Hadits dapat lebih baik. Selain itu, ia juga mampu menyampaikannya kepada orang lain.

Jika kamu ingin belajar di negara – negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Yaman, UEA, dll, kamu harus mulai belajar bahasa Arab. Hal ini dikarenakan kehidupanmu serta sistem pembelajaran akan didominasi dengan bahasa Arab. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu mulai belajar bahasa Arab.

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling unik dan susah untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan ada banyak subyek yang ada dalam bahasa Arab. Selain itu, kata benda dalam bahasa Arab juga dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Tata bahasa Arab juga sangat dipengaruhi oleh subyek, waktu terjadinya peristiwa, serta beberapa hal lain. Oleh karena itu, belajar bahasa Arab tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Agar lebih mudah dalam belajar bahasa Arab, kamu bisa mengikuti beberapa program bahasa Arab. Salah satunya adalah program kursus bahasa Arab yang ada di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar yang ada di Pare. Mengapa harus belajar bahasa Arab di lembaga tersebut? Berikut ini alasannya.

Alasan Belajar Bahasa Arab di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar di Pare

Pixabay.com

Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar merupakan sebuah lembaga yang secara khusus berfokus pada pembelajaran bahasa Arab. Biasanya, orang – orang menyebutkan lembaga kursus bahasa Arab ini dengan sebutan Kampung Arab. Lokasi lembaga kursus bahasa Arab ini ada di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Pendirian Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar adalah sebagai salah satu bentuk untuk mewujudkan pendidikan bahasa Arab agar umat muslim lebih mampu untuk memahami agama Islam dengan baik. Selain itu, Kampung Arab Al Azhar juga menjadi wadah bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke negara – negara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi dan sehari – hari.

Mengapa harus belajar di Kampung Bahasa Arab Al Azhar yang ada di Pare? Ada beberapa alasan yang membuat para siswa belajar di lembaga kursus bahasa Arab ini. Salah satu yang menjadi alasan untuk belajar bahasa Arab di Kampung Arab Al Azhar adalah program yang disediakan.

Ada beberapa program yang disediakan seperti Fulltime, Tamyiz, Al Miftah, Manhaji, Timur Tengah, Tahfidz serta Bahasa. Program Fulltime disediakan bagi para siswa yang ingin belajar bahasa Arab secara penuh. Mereka bisa belajar bahasa Arab dimulai dari tingkat dasar sampai tingkat yang tinggi. Sehingga, para siswa bisa menguasai bahasa Arab baik tertulis maupun lisan. Beberapa materi yang diajarkan adalah muhadatsah, mufrodhat, qowaid istima’, dll. Sementera salah satu contoh metode pembelajaran adalah stucy club.

Program lain yang ditawarkan di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar adalah Tamyiz. Program ini memungkinkan siswa untuk belajar cara membaca kitab kuning dan menerjemahkan kitab suci Al Qur’an. Materi yang diajarkan adalah kaidah dasar nahwu sorof. Sedangkan metode yang digunakan adalah melalui lagu.

Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar juga menyediakan program Al Miftah. Program ini memungkinkan siswa untuk belajar kitab kuning dengan beberapa materi seperti maddah Al Ula, Astaniyah, Tsalitsah, dan Robi’ah. Sedangkan, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Al Miftah dari Pondok Pesantren Sidogiri.

Program lain yang ditawarkan adalah Manhaji. Para siswa memungkinkan untuk belajar nahwu shorof dengan metode filosofi. Akan tetapi, untuk dapat mengikuti program Manhaji, siswa harus mampu dan memiliki kemampuan yang cukup dalam bahasa Arab dasar.

Program Timur Tengah diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di negara Timur Tengah. Program ini berisi beberapa kelas persiapan serta tips untuk mengikuti ujian di Timur Tengah. Para siswa harus memiliki kemampuan Bahasa Arab yang baik.

Program Tahfidzh dan Bahasa diperuntukkan bagi siswa yang ingin menghafalkan Al Qur’an serta belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris. Sehingga, siswa akan mempunyai kemampuan sebagai seorang muslim dan juga fasih dalam bahasa Inggris.

Pendaftaran Program di Kampung Arab Al Azhar

Pixabay.com

Untuk dapat belajar di Kampung Arab Al Azhar, para calon siswa dapat mendaftarkan dirinya sesuai dengan alur pendaftaran yang ada di website alazharpare. Ada beberapa syarat serta detail dari setiap program yang dapat dilihat di website tersebut.