Keputihan biasanya terjadi sebelum menstruasi, tetapi akan lebih sering terjadi pada wanita yang sedang hamil dan kondisi ini cukup normal. Namun, jika sudah berbau dan berwarna lain, bisa jadi ada masalah dengan kandungan sehingga Anda perlu cara mengatasi keputihan saat hamil.

Obat Tradisional untuk Atasi Keputihan

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan keputihan berlebih dan tidak normal. Beberapa di antaranya adalah adanya gangguan kehamilan, infeksi jamur, atau infeksi bakteri.

Jika Anda mengalami keputihan berlebih dan warna serta baunya berbeda dari biasanya, segera hubungi dokter untuk konsultasi. Namun sebelumnya,  Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan bahan-bahan alami atau obat tradisional berikut.

  1. Daun Sirih: air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk membasuh/mencuci area kewanitaan.
  2. Daun Jambu Biji: air rebusan daun jambu biji yang disaring hingga menyisakan airnya saja juga bisa digunakan untuk membasuh area kewanitaan.
  3. Yoghurt: bisa dikonsumsi sebagai obat dalam yang bekerja menekan bakteri jahat dengan bakteri baik.

Nah, itulah cara mengatasi keputihan saat hamil secara tradisional. Anda bisa melakukan cara-cara tersebut dengan mandiri. Namun, jika keputihan semakin parah, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut jika diperlukan.