Kesehatan

Bayi Tidak Merangkak Tapi Ngesot Akibat Cerebral Palsy

Bayi tidak merangkak tapi ngesot kerap kali membuat orang tua merasa cemas. Karena pada umumnya, bayi yang normal akan melalui fase merangkak dalam tumbuh kembangnya.

Saat bayi Anda tidak merangkak tapi malah ngesot, tentunya akan memunculkan banyak pertanyaan dibenak Anda. Apakah tumbuh kembang bayi Anda normal ataukah abnormal?

Ngesot adalah kondisi yang tidak biasa pada bayi. Yakni bergerak menggunakan perut atau pantat. Karena normalnya, bayi akan merangkak menggunakan tangan dan lututnya.

Pada banyak kasus, ngesot pada bayi memang tidak berbahaya. Namun, kondisi ini juga patut dicurigai akan adanya gejala cerebral palsy pada bayi Anda.

Cerebral palsy merupakan kelainan saraf otak. Dampaknya, pergerakan dan sistem koordinasi pada tubuh bisa terganggu. Nah, bayi yang terkena cerebral palsy biasanya mengalami kesulitan merangkak. Alhasil, membuat tumbuh kembangnya terhambat.

Itulah sebabnya, bayi tidak merangkak tapi ngesot perlu dicurigai terkena cerebral palsy. Tujuannya, untuk mengantisipasi adanya gangguan yang lebih parah. Jadi, segera konsultasikan ke dokter jika bayi Anda mengalami kondisi ini.