Uncategorized

Bayi 1 Bulan Susah Tidur

 

Deskripsi

Mendiagnosa bahkan menghilangkan kebiasaan bayi susah tidur bisa menjadi hal yang sangat sulit. Siklus tidur dan bangun mereka sangta berbeda dengan orang dewasa dan bahkan ada perbedaan antara bayi baru lahir dengan balita.

Artikel

Kenali Infant Sleep Disturbance (ISD)

ISD adalah istilah asing untuk gangguan tidur pada bayi. Para orang tua menyebut keadaan ini saat bayi bangun rutin pada malam hari.

Ritme Sirkadian/ waktu biologis tidur pada bayi belum terbentuk secara baik mengakibatkan bayi susah tidur. Untuk kondisi seperti ini, bayi perlu dilatih agar disiplin tidur di waktu yang seharusnya.

Penyebab Bayi Susah Tidur

Beberapa penyebab bayi susah tidur karena masalah lingkungan yang terlalu berisik dan kondisi tubuh yang kurang mendukung. Orang tua dapat mempertimbangkan dengan kondisi real yang terjadi pada bayi Anda.

Kekurangan Vitamin. Vitamin b6 dapat membantu dalam produksi serotonin dan melatonin yaitu hormon yang berfungsi agar tidur seseorang lebih nyenyak

Masalah pernapasan. Sulit bernapas dengan kecepatan yang cukup bisa jadi menjadi alasan bayi susah tidur. Selalu amati bayi Anda dan konsultasikan dengan dokter spesialis jika mengkhawatirkan.

Alergi makanan. Bahan makanan tertentu bisa menjadi penyebab iritasi atau sakit perut. Periksakan dengan dokter dan coret makanan itu dari daftar makanan yang harus dikonsumsi oleh bayi.

Penyakit. Saat bayi sedang mengalami sejumlah penyakit dan muncul gejala seperti demam, perut kembung atau pilek dapat membuat bayi susah tidur.

Membentuk Pola Tidur Untuk Bayi

Bayi berumur 40 hari pertama belum bisa membedakan siang dan malam hari. Sebagai orang tua harus bisa menciptakan kebiasaan tidur yang baik.

  • Alih-alih menjaga bayi untuk tetap terjaga di siang hari agar mudah tidur pada malam hari, hal itu malah membuatnya rewel karena kelelahan. Biarkan si kecil tidur siang dan tetap atur jam tidurnya.
  • Bantu membedakan waktu siang dan malam. Ciptakan aktivitas pada siang hari seperti bermain, membersian rumah, menghidupkan TV, biarkan ruangan terbuka terang. Saat malam hari redupkan lampu, ciptakan kondisi rumah yang tenang, dan kurangi frekuensi bermain bayi.
  • Bentuk rutinitas sebelum tidur seperti menempatkan di kasur, menyusu sambil memposisikan tubuh bayi ke samping, mengganti dengan baju tidur, meredupkan lampu kamar, dan mengurangi kebisingan di dalam rumah.
  • Kenali tanda bayi mengantuk, seperti kucek mata, rewel, dan tidak semangat bermain.

Itu tadi beberapa informasi alasan bayi susah tidur. setelah mengetahui beberapa faktanya, ibu tinggal menerapkan langkah-langkah solutif di atas.