Automotif

Bayar Pajak Mobil Online

 

Zaman digital telah banyak memberikan manfaat kepada kita semua. Apalagi di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini, penggunaan teknologi telah membantu kehidupan kita sehari-hari. Saat pemerintah memberlakukan PSBB atau yang merupakan kepanjangan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar, teknologi juga membantu banyak pekerja. Terutama mereka yang diharuskan untuk bekerja dari rumah.

Salah satu manfaat teknologi modern sekarang adalah proses pembayaran online. Sistem pembayaran online juga mengubah tatanan masyarakat di Indonesia. Kini kita sudah terbiasa dengan pembayaran online dengan menggunakan aplikasi, internet, atau bahkan menggunakan pulsa. Bahkan kini beberapa instansi pemerintah pun memberikan peluang untuk melakukan pembayaran surat penting menggunakan sistem online.

SAMSAT Online merupakan fitur pembayaran yang memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Fitur ini disambut baik oleh masyarakat karena memberikan kemudahan dan juga kecepatan. Kini bayar pajak kendaraan tidak perlu lagi melakukan antri yang cukup panjang dan melelahkan. Hanya dengan aplikasi yang dibuat oleh pemerintah, kini kita bisa membayar kendaraan di mana saja dan kapan saja. Hanya saja, fitur ini masih memiliki kelemahan. Maklum, aplikasi buatan pemerintah memang kadang tidak bisa diandalkan sepenuhnya.

Bagi Anda yang akan membayar pajak kendaraan bermotor menggunakan SAMSAT Online, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

– Surat penting seperti STNK dan KTP asli serta alamat email yang aktif

– Aplikasi SAMSAT Online Nasional harus sudah terinstall di handphone

Dua faktor tersebut harus dipersiapkan agar proses pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan dengan cepat. Tapi perlu diingat bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor ini hanya bisa dilakukan untuk bayar pajak tahunan. Jika Anda harus ganti plat nomor, maka tidak bisa menggunakan aplikasi SAMSAT Online karena Anda harus datang ke samsat langsung untuk melakukan pengecekan nomor rangka kendaraan bermotor.

Cara Membayar Pajak Kendaraan dengan SAMSAT Online Nasional

Pertama, Anda harus membuka aplikasi SAMSAT Online di smartphone. Lalu pilih menu pendaftaran untuk membayar pajak. Dalam menu tersebut akan muncul pemberitahuan bahwa stiker pengesahan dan TBPKP/SKPD akan dikirim ke alamat sesuai yang tertera pada STNK. Jadi pastikan alamat Anda sesuai dengan apa yang tertera di STNK. Lalu klik setuju.

Setelahnya, akan muncul sebuah formulir yang harus diisi sesuai dengan yang tertera pada dokumen resmi, yakni STNK dan juga KTP. Isi nomor polisi, 5 digit terakhir nomer rangka kendaraan bermotor, NIK, nomer HP dan juga email yang aktif pada handphone pengguna. Cek ulang data pada formulir tersebut sebelum menekan tombol lanjutkan. Sistem akan bekerja dalam waktu yang singkat.

Jika data sesuai, maka akan muncul informasi yang lengkap mengenai kendaraan dan juga besaran nilai pajak yang harus dibayarkan. Jika sudah sesuai, pilih tombol setuju untuk mendapatkan kode bayar. Nah, kode bayar inilah yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran secara online melalui ATM. Proses pembayaran juga bisa dilakukan dengan layanan e-banking bank yang digunakan.

Perlu diketahui bahwa kode untuk pembayaran tersebut hanya aktif untuk jangka waktu 2 jam saja. Jika dalam 2 jam Anda tidak melakukan pembayaran, maka proses harus diulang dari awal. Lakukan pembayaran segera mungkin agar proses bisa segera ditindaklanjuti. Setelah dilakukan pembayaran, SAMSAT akan mengirimkan E-TBPKP yang berlaku selama 30 hari saja. E-TBPKP digunakan untuk mendapatkan TBPKP dan SKPD asli di Samsat. Ingat, 30 hari saja ya!

Jika lebih dari 30 hari Anda tidak datang ke Samsat untuk mendapatkan TBPKP/SKPD yang asli, maka urusan bisa lebih panjang. Sejauh ini, belum kita ketahui apa yang harus dilakukan jika Anda telat menukarkan E-TBPKP dengan surat yang asli. Jadi jangan sia-siakan waktu Anda agar proses pembayaran online bisa segera diselesaikan. Sebagai pemilik kendaraan bermotor, kita harus mematuhi peraturan lalu lintas dan membayar pajak kendaraan tahunan dengan tepat waktu.

Untuk pecinta otomotif, pembayaran pajak kendaraan harus dilakukan secara rutin agar tetap nyaman saat berkendara di jalan raya. Dengan demikian kita juga membantu negara dalam pengumpulan pajak yang juga digunakan untuk kepentingan bersama. Nah, bagi Anda pecinta otomotif, kunjungi Wiring Forums yang memberikan informasi up to date tentang kendaraan bermotor, khususnya roda empat.

Wiring Forums merupakan tempat terbaik untuk mendapatkan informasi bermanfaat tentang teknologi dan semua hal yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Kunjungi situs tersebut untuk mendapatkan berbagai pengetahuan baru yang berguna dalam melakukan modifikasi atau sekedar mencari tips untuk merawat kendaraan kesayangan. Itulah informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara membayar pajak kendaraan bermotor secara online. Sebarkan informasi ini agar kita tetap bisa membayar pajak meski sedang berjuang melawan pandemic Corona.