Indonesia yang terletak di daerah dengan iklim tropis memiliki berbagai jenis tanaman yang tumbuh dengan mudah. Tanaman atau pohon di Indonesia mampu menghasilkan buah yang sangat lezat dan menjadi salah satu komoditas ekspor yang menjanjikan. Salah satunya adalah mangga. Buah yang memiliki rasa asam hingga manis dengan tekstur yang lembut dan berwarna kuning – orange menjadi salah satu favorit masyarakat. Banyak orang yang membudidayakan mangga agar bisa memanen mangga setiap musimnya. Bagaimana caranya?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membudidayakan mangga adalah dengan menanam dua pohon sehingga proses penyerbukan silang dapat terjadi dengan baik. Selain itu, jarak antar setiap pohon harus tetap diatur sedemikian rupa sehingga setiap pohon mendapatkan nutrisi dari tanah serta ruang yang cukup untuk tumbuh. Untuk membantu pertumbuhan mangga menjadi lebih baik, ada baiknya untuk menaburkan pupuk yang mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi seperti pupuk dolomit.

Selain itu, pemangkasan pada ranting pohon juga menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Hal ini dikarenakan pemangkasan bisa memperbanyak jumlah ranting, meningkatkan produktivitas, dan memunculkan tunas generatif dan vegetatif. Selain itu, perlu adanya pelilitan pada pohon ini untuk mencegah nutrisi turun ke akar. Sehingga, hasil fotosintesis dari daun akan menuju buah. Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas buah mangga yang dihasilkan.