Uncategorized

Apakah Kista Berbahaya Ketika Hamil Dan Membahayakan Janinnya

Terkadang ibu yang sedang hamil merasa ketakutan ketika ia mengalami penyakit kista. Apalagi hal itu terjadi ketika beliau mengalami kehamilan yang pertama. Dimana kelahiran jabang bayi sangat diimpikan. Biasanya kista yang muncul ketika hamil itu disebut dengan kista ovarium. Lantas apakah kista berbahaya bagi ibu hamil? Apakah nanti juga berpengaruh terhadapa kesehatan ibu dan bayinya? Beberapa pertanyaan pun muncul dari para ibu yang saat itu sedang hamil dan mengalami kista.

Dalam masa kehamilan memang korpus luteum mampu menghasilkan hormon. Dimana hormone tersebut nantinya bakalan memberikan asupan nutrisi pada janinnya. Bahkan memberikan dukungan juga pada lapisan rahim sampai dengan plasenta. Dari beberapa kasus yang ada ternyata korpus luteum ini menumpuk cairan jadi berkembanglah kista korpus luteum. Kista ketika hamil ini konon terbentuk sebelum pembuahan bahkan tetap ada dalam ovarium selama masa kehamilan. Kista ovarium pun bisa terdeteksi saat anda melakukan pemeriksaan USG.

Kabar baiknya dari sebuah pertanyaan apakah kista berbahaya bagi ibu hami ini ternyata sudah tersedia jawabannya. Sebagian besar kista yang ada pada ibu hamil ternyata tidak membahayakan janinnya. Ketika dokter mendeteksi jika ibu hamil mengalami kista maka sang dokter pun nantinya bakalan melakukan pemantauan terhadap perkembangan kista. Hal ini dilakukan supaya nantinya dokter bisa segera mengambil tindakan medis yang dibutuhkan. Apalagi tidak semua jenis kista hamil menimbulkan suatu masalah pada kehamilan.

Apabila operasi pengangkatan kista ini dilakukan saat awal usia kehamilan ternyata bisa menimbukan keguguran. Jika ukuran dari kista ovarium ini kecil dan tidak berbahaya. Tentu saja anda sebagai ibu hamil hanya perlu memeriksakan diri secara rutin ke dokter kandungan. Pastinya hal ini dilakukan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Biasanya penyakit kista yang ada pada ibu hamil ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan ketika sudah masuk pada usia kehamilan trimester kedua.

Bahkan ada pula sejumlah kasus dimana kista tersebut masih saja tumbuh selama kehamilan bahkan rasa nyeri pun bakalan dirasakan. Kista ketika hamil bisa hilang dengan sendirinya dikarenakan pecah. Pecahnya kista dengan ukuran kecil ini uniknya tidak akan menunjukkan sebuah gejala. Jadi bagi siapapun anda ibu hamil yang mengalami penyakit kista tentu saja tidak perlu merasa khawatir lagi. Dimana konsisi tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kondisi janin yang berada dalam kandungannya.