Sudah menjadi kabar umum, bahwa lebah mampu menghasilkan madu yang berasal dari nektar bunga ataupun tumbuhan lainnya. Namun apakah anda tahu, lebah juga mampu menciptakan propolis. Telah tersohor hingga ratusan tahun lamanya, propolis memang diklaim ampuh atasi berbagai masalah kesehatan. Lalu sebenarnya propolis obat apa? Berikut ulasannya.

Apa Itu Propolis?

Sebagaimana yang telah dijelaskan, bahwa lebah mampu menghasilkan getah atau zat resin yang berasal dari berbagai pohon guna membuat sarangnya yang dinamakan sebagai propolis. Dalam kehidupan manusia, banyak yang memanfaatkannya sebagai salah satu obat guna mengatasi berbagai penyakit berkat adanya senyawa antioksidan yang sangat melimpah.

Perlu anda ketahui, jika propolis merupakan salah satu obat herbal yang telah dipercaya dari tahun 350 SM. Bahkan tidak sedikit pula masyarakat Yunani kuno memanfaatkannya guna mengatasi obat bisul dan abses. Di beberapa negara lainnya juga menggunakannya sebagai penangkal infeksi dan membantu proses penyembuhan saat luka.

Hal ini tidak lain karena propolis mengandung lebih dari 300 senyawa kimia, dimana senyawa yang paling banyak bernama polifenol. Berperan sebagai antioksidan, polifenol ampuh untuk mengatasi kerusakan sel serta penyakit yang terdapat di dalam tubuh. Tak hanya polifenol semata, terdapat senyawa lainnya yang berperan penting yakni flavonoid.

Namun di setiap negara, komposisi propolis berbeda karena ditentukan oleh lokasi dan jenis pohon yang digunakan oleh lebah. Hal inilah yang membuat para ahli kesehatan kebingungan menentukan propolis obat apa. Pasalnya, di setiap daerah propolis yang dihasilkan terkadang memiliki manfaat serta kegunaan yang berbeda satu sama lain.

Bila dilihat dari fisiknya, propolis memiliki tekstur yang lebih keras. Namun ketika dipanaskan, propolis akan menjadi lebih lengket. Getah lebah madu ini pun memiliki warna yang sangat beragam dan berbeda di tiap tiap negaranya, mulai dari kuning, merah, hingga coklat tua. Menariknya lagi, propolis pula memiliki daya tarik berupa aroma yang sangat harum.

Penyakit yang Mampu Diobati oleh Propolis

Propolis Obat Apa

Dikenal sebagai salah satu obat herbal tersohor hingga penjuru dunia, propolis memang ampuh mengobati segala jenis penyakit baik itu ringan maupun keras. Getah lebah madu ini dipercaya mampu mengatasi peradangan dan luka yang ada di dalam mulut. Hal ini berdasarkan dalam sebuah penelitian yang berhasil menunjukkan jika berkumur dengan propolis maka hal semacam ini bisa diatasi.

Lazimnya, keadaan seperti ini disebabkan efek samping dari obat kanker atau gigi palsu. Tatkala ada peradangan dan pembengkakan pada mulut, maka propolis akan menunjukkan kemampuannya dengan meminimalisir sel yang alami kerusakan. Bukan sekedar berkat senyawa polifenol semata, hal ini pun diatasi oleh senyawa khusus bernama pinocembrin.

Dimana senyawa tersebut merupakan flavonoid khusus antijamur. Tak hanya itu saja dengan adanya sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dimiliki propolis juga mampu mempercepat penyembuhan luka di dalam mulut. Hal ini bisa dilakukan karena propolis dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Tak ayal jika banyak yang mempercayainya untuk obati penyakit ini.

Bahkan dalam salah satu studi menemukan jika propolis dapat membantu orang yang alami luka bakar atau luka melepuh (cold sore) sembuh lebih cepat dengan menumbuhkan sel baru. Bila terdapat salep yang mengandung propolis sebanyak 3 persen, seperti Herstat atau Coldsore-FX, maka bisa membantu guna mempercepat penyembuhan luka akibat herpes genital.

Herpes genital sendiri merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 atau HSV-2. Hebatnya lagi, jika anda mengoleskan propolis topikal selama tiga kali sehari mampu menyembuhkan luka dingin lebih cepat daripada tanpa pengobatan. Selain bisa mengurangi jumlah virus herpes, krim propolis pula mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit di kemudian hari.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan jika Propolis mampu mengobati penyakit keras sejenis kanker. Hal ini tidak lain karena sifat antikanker dalam senyawanya. Getah lebah madu nantinya bekerja dengan cara mencegah sel kanker berkembang biak, mengurangi kemungkinan sel akan menjadi kanker, dan memblokir jalur sel kanker saling memberi sinyal.

Masih bingung propolis obat apa? Tenang, dalam sebuah studi menyarankan jika propolis bisa digunakan sebagai terapi komplementer untuk segala jenis penyakit. Tidak berhenti begitu saja, dalam sebuah studi penelitian lainnya menjumpai bahwa dengan mengonsumsi propolis asli Tiongkok bisa digunakan sebagai terapi pelengkap yang bermanfaat untuk mengobati penyakit kanker payudara.

Tidak sedikit orang pula memanfaatkan getah lebah madu ini untuk mengobati sariawan, dengan cara meneteskannya di bibir yang terdapat sariawan setiap hari selama 6 hingga 13 bulan. Menariknya lagi, dalam sebuah penelitian lagi menunjukkan jika propolis seringkali digunakan sebagai obat untuk penderita demam berdarah serta penyakit diabetes.

Pasalnya, orang yang mengkonsumsi propolis bisa meningkatkan kontrol gula darah dan tidak mempengaruhi tingkat insulin. Tak hanya dikonsumsi, penderita diabetes pula bisa mengoleskan propolis ke luka pada kaki atau yang lainnya yang disebabkan oleh diabetes. Dengan begitu, luka tersebut bisa sembuh lebih cepat dari yang diperkirakan.

Penyakit lainnya yang bisa diatasi oleh obat dari getah lebah madu ini ialah infeksi saluran pencernaan. Lazimnya, keadaan seperti ini mampu menyebabkan bisul akibat adanya bakteri bernama Helicobacter pylori. Infeksi yang terjadi di usus karena adanya parasit pun bisa disembuhkan oleh propolis. Hal ini bisa terjadi berkat adanya senyawa yang mampu hilangkan parasit.

Hebatnya, propolis hijau yang berasal dari Brasil mampu membantu mengurangi rasa gatal, mengelupas, dan kemerahan pada kulit. Kondisi semacam ini lazimnya terjadi pada seorang siswa yang kerap kali melakukan aktivitas di luar ruangan, misalnya olahraga. Tidak sedikit pula orang percaya bahwa propolis mampu atasi pembengkakan pada vagina.

Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan, bahwa dengan menerapkan larutan propolis sebanyak 5 persen pada vagina selama 7 hari maka pembengkakan akan berkurang. Bila anda masih menanyakan propolis obat apa? Jangan khawatir, berkat adanya ratusan senyawa di dalamnya ampuh untuk tangani beragam masalah kesehatan misalnya saja pada saluran pernapasan.

Kehebatan yang dimiliki obat getah lebah madu ini memang tidak dapat diragukan lagi. Apalagi kini anda bisa mendapatkannya dengan sangat mudah, karena telah tersebar hingga penjuru nusantara. Meski masih banyak penelitian yang belum bisa memastikan khasiat propolis, namun hal ini tidak menjadi masalah besar sebab obat ini telah dipercaya hingga ratusan tahun lamanya.