Selama pandemi, untuk aktivitas trading maupun investasi saham memang mengalami perkembangan yang signifikan. Banyaknya investor yang berasal dari milenial mulai mencoba peruntungan di bursa.

Dan jika kamu merupakan salah satu yang tertarik untuk berinvestasi saham, pelajari terlebih dahulu istilah-istilah yang ada. Salah satunya yaitu KSEI.

Pengertian KSEI

Menurut situs lingkar berita, KSEI atau yang merupakan kepanjangan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia adalah sebuah lembaga penyimpanan dan penyelesaian pasar modal di Indonesia.

Tugas KSEI sendiri seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1995 yaitu menyediakan jasa kustodian dan penitipan efek sesuai dengan aturanĀ  yang berlaku dengan efisien.

KSEI atau PT KSEI didirikan tanggal 23 Desember 1997 yang merupakan bagian dari Self Regulatory Organization.

Adapun organisasi tersebut akan bertanggung jawab dalam penerapan aturan pada dunia pasar modal. Setelah KSEI beroperasi satu tahun maka tugas barunya menjadi LPP atau Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian Pasar Modal.

KSEI bersama dengan Bursa Efek Indonesia dan Lembaga Kliring dan Penjaminan menjadi organisasi pasar modal yang mandiri di Indonesia.

Kemudian di tahun 2012, KSEI juga membuat aturan khusus bagi pemilik sekuritas dengan menyediakan SID atau Single Investor Identification.

Dengan adanya SID ini maka akan memudahkan proses identifikasi bagi investor serta bisa dijadikan landasan untuk mengembangkan pasar modal lainnya. Diantaranya yaitu fasilitas Akses atau Acuan Kepemilikan Sekuritas.

Cara Kerja KSEI

Bagi yang ingin memahami cara kerja KSEI tentunya yang harus kamu pahami dulu yaitu tentang alur pengelolaan saham.

Untuk lebih jelasnya bisa disimak ulasan dibawah ini :

  • Membuat rekening efek. Saat kamu mendaftar ke broker atau pialang, maka broker juga akan membukakan rekening efek agar kamu bisa mulai melakukan investasi.
  • Membuka sub rekening dan RDN. Agar kamu bisa melakukan transaksi pertama maka kamu juga membutuhkan RDN atau Rekening Data Nasabah. Kemudian kamu juga akan mendapatkan sub rekening dan SID di KSEI. Pada setiap nasabah juga mempunyai SID dan RDN yang tidak bisa digunakan orang lain.
  • Kepemilikan dana dan saham.Kemudian untuk hal-hal yang berkaitan dengan kepemilikan dan dana transaksi maka dimutasikan melalui RDN pribadi investor. Kemudian untuk kepemilikan saham serta efek lainnya akan tersimpan di sub rekening. Sub rekening ini merupakan milik pribadi investor serta tidak ada kaitannya sama sekali dengan broker. Jadi seandainya terjadi sesuatu hal yang tak kamu inginkan misalnya saat broker tiba-tiba bangkrut maka saham yang sudah kamu beli tidak hilang.

Jadi setelah kamu memahami cara kerja KSEI, maka bisa disimpulkan bahwa dengan KSEI maka saham dan efek lainnya yang sudah kamu beli akan aman hingga saat kamu menjualnya suatu saat.

Manfaat KSEI Untuk Investor

Untuk manfaat KSEI bagi kamu sebagai nasabah diantaranya yaitu :

  • Bisa memeriksa secara real time terkait dengan data kepemilikan efek dalam sub rekening KSEI miliki mu. Selain itu juga bisa memeriksa mutasinya 30 hari terakhir.
  • Dengan KSEI maka akan memudahkan kamu saat melakukan konsolidasi laporan seluruh portofolio yang dimiliki.
  • Memberikan rasa aman untuk para investor saat akan membuka sub rekening efek
  • Memberikan transparansi. Hal ini dikarenakan untuk semua informasi yang terdapat di pasar modal bisa diakses sehingga transparansinya juga terjaga.

Jadi sebelum kamu benar-benar terjun di dunia saham,sebaiknya pahami dulu semua komponen yang ada pada investasi saham yang salah satunya yaitu KSEI.