Uncategorized

Apa Itu Burung Bangau Putih?

Bangau putih merupakan salah satu spesies dari bangau yang memiliki corak warna putih di hampir seluruh bagian tubuhnya. Bangau putih memiliki nama ilmiah yaitu Ciconia ciconia. Bangau putih memiliki habitat asli di benua Eropa. Oleh karena itu, kamu akan dengan mudah menemukan bangau putih ketika berkunjung di negara-negara Eropa. Bangau putih juga ditemukan di beberapa daerah di Timur Tengah maupun Afrika bagian selatan. Sama seperti bangau jenis lain, bangau putih juga lebih memilih untuk tinggal di tempat yang mempunyai suhu hangat. Mereka akan lebih menyukai untuk tinggal di area terbuka dan vegetasi rapat. Sehingga, banyak bangau putih yang dapat ditemukan di hutan, sabanda, dll.

Bangau putih memiliki ciri-ciri fisik yang spesifik. Salah satunya adalah warna putih yang mendominasi di bagian tubuhnya. Selain warna putih, bangau putih juga memiliki sayap dan bahu yang berwarna hitam. Selain itu, warna merah menjadi warna dominan di bagian paruh dan kaki burung. Hal inilah yang menjadikan bangau putih menjadi salah satu burung yang cantik. Ukuran sayap bangau putih cukup besar yaitu sekitar 2 m. Selain sayap, burung bangau juga memiliki ukuran tubuh yang cukup besar yaitu sekitar 80 – 115 cm. Berat badan bangau putih saat dewasa adalah sekitar 2.3 – 4.4 kg. Makanan bangan putih didominasi oleh beberapa jenis ikan, cacing, serangga, dan mamalia kecil. Bangau putih juga menjadi peakan ular, kadal, dll.

Perilaku bangau putih cukup unik. Umumnya, mereka akan melakukan terbang migrasi ke daerah yang lebih hangat di bulan Agustus hingga Sepember. Beberapa dari mereka cenderung terbang ke arah Afrika Selatan. Selain itu, bangau putih juga dikenal sebagai burung yang tidak dapat mengeluarkan suara. Ketiadaan syrinx menjadi penyebab tidak adanya suara bangau putih. Mereka akan membunyikan paruh sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi. Bangau putih merupakan salah satu spesies burung yang melakukan monogami. Bangau putih juga melakukan infantisida dengan membuang telur dari sarang dan juga memakan anaknya yang baru lahir.