Rasa sakit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari capek, migrain, hingga stress. Dari sekian banyak sebab, tak heran orang mulai berpikir dua kali untuk mengkonsumsi obat generik. Akhirnya, solusi dengan menggunakan essential oil pun bermunculan. Cara pengobatan dari rumah ini pun hadir dengan bahan essential oil yang bervariasi. Berikut ulasannya.

5 Essential Oil untuk Sakit Kepala

  1. Lavender

Minyak esensial dari bahan lavender umumnya dikenal karena aromanya yang sangat wangi. Meski demikian, kandungan minyaknya justru memiliki kemampuan mengobati berbagai rasa sakit. Seperti migrain dan sakit kepala yang umumnya dipicu oleh stres, depresi, atau kecemasan. Bahkan, tidak jarang lavender juga dapat membuat tidur lelap.

  1. Peppermint

Kandungan mentol yang memberi sensasi segar adalah nilai utama dari minyak peppermint. Dalam bidang kesehatan, mentol memberi efek relaksasi dan pengurangan rasa sakit. Jadi, tidak heran jika suatu studi di 2015 pun menemukan hasil fantastis akan peppermint yang membantu meredakan serta mengurangi rasa tidak nyaman karena sakit migrain dan kepala.

  1. Rosemary

Masih dengan tanaman yang memiliki aroma segar, rosemary menjadi pilihan minyak esensial yang efektif untuk sakit kepala. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya efek analgesik untuk menghilangkan rasa sakit. Begitu juga dengan adanya sifat anti peradangan yang efektif meredakan otot tegang penyebab migrain dan sakit kepala.

Selain fungsi tersebut, tidak heran jika rosemary sendiri juga dikenal mampu meningkatkan sirkulasi darah hingga mengurangi stres. Dalam prakteknya, semua efek tersebut akan meringankan rasa pusing. Bahkan dalam pengaplikasiannya, rosemary juga dapat menjadi teman untuk mengurangi insomnia dan membuat tidur lebih lelap.

  1. Chamomile

Minyak yang diekstrak dari bunga cantik ini juga memiliki kandungan yang dapat merelaksasi otot dan tubuh. Bau yang segar pun akhirnya menjadi relaksan yang efektif mengurangi kepala tegang. Rasa cemas hingga masalah insomnia pun dapat dikurangi. Alhasil, Anda pun akan terhindar dari sakit kepala atau migrain.

  1. Citrus

Minyak esensial dengan bahan bersifat citrus seperti jeruk pun memiliki berbagai manfaat kesehatan. Dalam praktiknya, minyak atsiri ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi rasa cemas, dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan begitu sudah jelas bahwa minyak esensial ini bisa menjadi solusi melawan sakit kepala yang efektif.

Tips Menggunakan Essential Oil Young Living untuk Sakit Kepala

Meski dikenal aman dan baik untuk tubuh, namun ada beberapa hal yang harus dicamkan. Penggunaan minyak esensial untuk anak kecil lebih muda dari 18 bulan lebih baik dihindari. Mengingat beberapa minyak memiliki sifat panas. Selain itu, minyak chamomile juga tidak baik untuk ibu hamil karena dapat berefek langsung pada tumbuh kembang janin.

Penggunaannya sendiri cukup beragam. Anda dapat menggunakan berbagai macam jenis EO setidaknya dengan tiga cara yang berbeda, menghirupnya dengan bantuan diffuser, dicampur dan dioles, hingga menggunakan teknik raindrop. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Anda hanya perlu menggunakan beberapa tetes minyak di mesin diffuser. Kemudian gunakan setidaknya 1 jam 3x per harinya. Anda juga bisa mencampur minyak dengan air dan dioleskan di bagian badan yang bermasalah. Sedangkan raindrop adalah teknik pijat di bagian tulang belakang. Teteskan minyak secukupnya dan secara berkala.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda camkan jika ingin menggunakan EO untuk mengatasi rasa sakit di kepala. Bahan EO yang tersedia di SenseYourDay mencakup Citrus, chamomile rosemary, peppermint, dan lavender. Penggunaannya pun mudah, bisa dengan bantuan mesin uap diffuser, digosok secara langsung, atau gunakan teknik raindrop. Selamat mencoba!