Uncategorized

4 Referensi Ekonomi Kreatif Yang Bisa Jadi Inspirasimu

 

Industri kreatif saat ini menjadi salah satu tonggak perekonomian yang tak bisa disepelekan begitu saja. Pasalnya, kini sektor perekonomian ditunjang oleh ekonomi kreatif yang banyak dijalankan oleh anak muda zaman sekarang. Sehingga tak heran jika kini banyak anak muda yang tertarik menjalani dunia perdagangan karena tak lagi menjadi momok yang menakutkan.

Berdasarkan data yang tersedia, sektor industri kreatif juga memberikan sumbangsih yang nyata karena mampu menyerap banyak tenaga kerja. Sehingga dapat meningkatkan produk domestic bruto yang siap membantu peningkatan ekonomi. Lalu, kira-kira apa saja jenis industri kreatif yang bisa menjadi solusi masa depan anak muda? Berikut referensinya.

Perikalanan

Jenis industri kreatif pertama yang menjadi tonggak ekonomi masa kini adalah perikalanan. Sektor ini bisa dibilang memberikan sumbangsih besar karena segala macam hal selalu berhubungan dengan perikalanan. Terlebih dengan adanya iklan digital yang membuat periklanan semakin menyedot perhatian besar.

Contoh sektor periklanan yang banyak digunakan dalam kehidupan seperti desain kantor, mall, ruko, atau pun rumah, serta jenis bangunan lainnya. Selain itu, kini anda juga bisa memulai menjalankan perikalanan secara digital melalui blog, atau pun youtobe.

Arsitektur

Jenis ekonomi kreatif selanjutnya yang juga memberikan sumbangsih nyata adalah bagian arsitektur. Jenis ini memiliki lingkup yang luas meliputi desain bangunan dan ruangan untuk segala kebutuhan mulai dari desain kantor, mall, ruko, atau pun bangunan lainnya.

Pasar Barang Seni

Industri kreatif tak bisa terlepas juga dari adanya pasar barang seni. Biasanya di pasar ini anda akan mendapatkan dengan mudah berbagai kerajinan tangan layaknya gantungan tas, gelas, kipas angin, serta adanya tambahan barang-barang lain yang telah dihias sedemikian rupa oleh pelaku seni.

Design

Pesatnya teknologi informasi membuat design menjadi sektor perekonomian yang tak bisa dilepaskan. Pasalnya, kini segala hal tak akan bisa dilepaskan dari yang namanya design. Design memiliki peran yang nyata pada segala produk mulai dari produk makanan, hingga produk ruahan semuanya telah menggunakan design dan logo.

Industri kreatif memang tak bisa dilepaskan dari sektor perekonomian masa kini. Khususnya yang banyak dijalankan oleh anak muda yang mulai menyukai beberapa sektor ekonomi kreatif dan mulai mengembangkannya. Kira-kira apa lagi ya contoh dari industri kreatif yang menyumbangkan peran besarnya pada peningkatan ekonomi masa kini?